alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Buzzer Harus Ditertibkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d50a2018e0d137d3ece40/buzzer-harus-ditertibkan

Buzzer Harus Ditertibkan

Buzzer Harus Ditertibkan

Pemerintah harus menertibkan buzzer (pendengung) nakal yang memanipulasi fakta dan opini publik karena membahayakan persatuan dan kesatuan negara.

"Keberadaan buzzer, tidak hanya melulu jelek, tetapi tetap ada positif. Tapi bila buzzermemanipulasi opini publik, memanipulasi fakta, maka itu menjadi salah. Kalau itu terjadi tentu buzzer harus dihapuskan karena bukan hanya membahayakan negara, tetapi bisa memecah belah rakyat," kata pengamat Komunikasi Politik Hendri Satrio di Jakarta, Selasa (8/10), seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, keberadaan buzzer di era media sosial (medsos) tidak bisa dinafikan lagi. Sama juga seperti medsos, buzzer juga memiliki sisi positif dan negatif. Karena itu, sebagai orang yang hidup di Bumi Indonesia, buzzer juga harus memiliki etika dalam menyebarkan berita atau opini ke masyarakat. Pasalnya, konten yang disebar para buzzerini akan sangat mudah diserap masyarakat.

Hendri mengatakan, yang paling menakutkan bila kemudian buzzer-buzzer itu dianggap sebagai salah satu pendorong orang untuk membenci manusia Indonesia lainnya.

Hendri menilai, keberadaan buzzer ini harus dibedakan dibandingkan medsos. Medsos sisi positifnya sebenarnya lebih banyak dibandingkan mudharatnya. Paling kentara, dengan adanya medsos, setiap orang akhirnya bisa bebas berpendapat tanpa harus menunggu media konvensional seperti televisi, radio, dan surat kabar memuat pemikiran individu yang lain.

Selain itu, dengan medsos, orang bisa lebih eksis mengeluarkan pendapatnya. Tapi, menurut dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina ini, masalahnya adalah banyak orang yang justru bukan menyuarakan opini di medsos, tetapi hanya membaca opini orang lain. Dengan adanya opini orang lain di medsos, maka kemudian medsos dianggap sebagai wahana yang bisa mengatur opini orang lain.

Hendri melanjutkan, dengan opini orang lain dibaca, maka si individu itu bisa ikut-ikutan memiliki opini yang sama dan bisa menyuarakan opini yang sama dengan yang dibaca. Karena fenomena itu kemudian, dimanfaatkan orang-orang yang memanfaatkan medsos untuk kepentingannya dengan menggunakan buzzer.

Hendri menilai, sejauh pengamatannya, keberadaan buzzer ini sangat efektif untuk melakukan propaganda. Pasalnya, rata-rata para buzzer memiliki follower yang banyak. Itulah yang membuat buzzer sangat laris, tidak hanya di even politik, tetapi juga untuk mempromosikan sesuatu.

Sebenarnya, kata Hendri, keberadaan para buzzer ini mudah dikenali. Caranya mereka pasti menggiring opini yang sama, isu yang sama, meskipun caranya berbeda.

Untuk itu, ia mengimbau, di tengah kondisi negara yang ‘belum sembuh’ setelah menjalani proses demokrasi serta kondisi sosial politik akhir-akhir ini, para buzzer ini harus menggunakan hati nuraninya untuk ikut serta menjaga perdamaian dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme masih menjadi ancaman nyata bagi Indonesia.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Buzzer Harus DitertibkanBuzzer Harus DitertibkanBuzzer Harus Ditertibkan
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan kakekane.cell memberi reputasi
Huahahahaha....buzzernya lagi bikin trit!semoga cepet2 musnah !
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
fenomena buzzer kampri ingin hangusin piring makan buzzer cebi. mungkin karena yang kampri udah gak berpenghasilan.

gue yakin buzzer cebi juga akan menyerukan hal yang sama seandainya dibalik jadi pihak yang kalah di pemilu kemaren.
saling jegal demi duit receh.

shame on you buzzers, mulailah cari kerja yang halol ya coy. lebih terhormat pelacur jual selangkangan daripada kalian. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 3 lainnya memberi reputasi
ngebuzzer yg positif tuh gpp, puja puji pemerintah itu bagus apalagi kalau ditambahi bumbu-bumbu hoax yang membangun




- kaBINemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ntapzzz memberi reputasi
Buzzer Harus Ditertibkan

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hawk dan 2 lainnya memberi reputasi
semua saja... jika ada indikasi FITNAH...??? harus ditertibkan... emoticon-shakehand


Nggk peduli dari kalangan NASTAK/NASBUNG... emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Buzzer semua disini
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post kakekane.cell
Quote:


Le asu kui bujer ngomongke bujer emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Owalah si WOLF karo GIP SERIES... emoticon-Leh Uga



Bdw: si CROT JAMBAN,,, kok suwi timen gak tau weruh... emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
khadapy94 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Kulo sanes lho mas... emoticon-Takut


Semua KASKUSER pada baek semua sama saya,,, entah itu disini ataupun di RL emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wolfvenom88 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kakekane.cell
Quote:


Bercanda kok mas, kalau sampeyan emang baik sama warga BP. Hhhhh
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post kakekane.cell
Quote:



Yen teliti reti kok kang nganggo ID opo saiki emoticon-Big Grin


profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post kakekane.cell
Quote:


Iki HT kok sepi nemen emoticon-Big Grin


Buzzer Harus Ditertibkan


Buzzer Harus Ditertibkan
profile-picture
profile-picture
khadapy94 dan kakekane.cell memberi reputasi
Pada kena PHP lo semua Pe'a emoticon-Cool

Buzzer Harus Ditertibkan
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:



Si BAGONG karo KAUM.MILENIAL kae ndak...??? emoticon-Leh Uga


Quote:


Cewek ngndi kuwe... emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
khadapy94 dan jlamp memberi reputasi
Quote:


Ini sih bujur..
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
sampai kapanpun bajer akan selalu dibutuhkan, siapa yang gak mau kalau sehabis boker bajer peliharaan dengan sopannya mau cebokin, cuma bayar mereka 3 jt perbulan pantat akan senantiasa selalu bersih.
profile-picture
profile-picture
t017y dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Salah quote
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh khadapy94
Quote:


Kakak
Siapakah engkau
Baik sekali hati dan pikirannya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
setuju...buzzerr istana kayak abu janda,denny siregar dkk

Wajib di musnahkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ntapzzz dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaka88ciao
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di