alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d2d56a727685da4032cb9/para-pelajar-di-aceh-ikuti-simulasi-gempa-dan-tsunami

Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami

Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami
Para pelajar mengikuti simulasi bencana gempa dan tsunami di SMP Negeri 1 Baitussalam, Aceh Besar, Selasa (8/10/2019).
Sedikitnya 300 pelajar di Provinsi Aceh diajarkan pengetahuan menghadapi bencana gempa dan tsunami jika sewaktu-waktu terjadi. Simulasi dilakukan karena Aceh merupakan daerah rawan kedua bencana tersebut dan turut merusak bangunan sekolah.

Simulasi gempa dan tsunami digelar di SMP Negeri 1 Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, pada Selasa (8/10/2019). Saat tsunami meluluhlantakkan Aceh pada 26 Desember 2004, kawasan Baitussalam yang berada di tepi laut nyaris rata dengan tanah. Banyak korban jiwa melayang terempas tsunami di sana.

Simulasi bagi pelajar tersebut merupakan bagian dari program Pembinaan dan Simulasi Sekolah Aman Bencana Gempa dan Tsunami yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Selain di Baitussalam, simulasi rencananya juga digelar di SMP Negeri 11 Lamjabat, Kota Banda Aceh, pada Rabu (9/10). Lamjabat juga berada di pesisir laut.

Dalam simulasi di SMP Negeri 1 Baitussalam, siswa dan guru diarahkan untuk keluar ruangan kelas menuju area terbuka di halaman sekolah ketika gempa terjadi. Mereka pun disuruh berlari ke tempat yang tinggi ketika suara sirine pertanda tsunami berbunyi.

Tetapi, 10 menit setelah suara sirene, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa gempa tersebut tidak menyebabkan tsunami. Siswa dan guru kembali ke sekolah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBA, Bobby Syahputra, mengatakan simulasi ini digelar untuk mendukung sekolah aman bencana. Selain itu, simulasi juga menjadi ajang sosialisasi berbagai peraturan terkait penanggulangan dan pengurangan risiko bencana.

"Jadi masyarakat dan pihak sekolah paham mengenai kebijakan penanganan dan pengurangan risiko bencana yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, yang bertujuan untuk menyamakan persepsi kita bersama dalam melakukan penanganan dan pengurangan risiko bencana," kata Bobby kepada jurnalis.

Simulasi itu, sebut dia, agar makin memperkuat program sekolah aman bencana dan pemahaman pelajar terhadap bencana. Sekolah juga nantinya diharapkan membuat peta atau jalur evakuasi, penyusunan prosedur tetap kebencanaan, integrasi materi kebencanaan dalam kurikulum, penyediaan media pembelajaran kebencanaan, dan berinisiatif melaksanakan simulasi.

Sementara Kepala BPBA, Sunawardi, menuturkan Aceh merupakan daerah yang berada di antara tiga pertemuan lempeng tektonik dunia sehingga sangat rawan gempa bumi.

Ketika gempa bumi beberapa kali terjadi di Aceh, sebut Sunawardi, banyak bangunan sekolah yang ditemukan rusak dan hancur. Hal ini dianggap membahayakan bagi pelajar seandainya gempa terjadi ketika jam belajar. Itu sebabnya program sekolah aman bencana diharapkan bisa membuat pelajar paham apa yang harus dilakukan saat gempa.

"Aceh memerlukan suatu panduan penerapan sekolah aman dari bencana, panduan ini mengintegrasikan kebijakan yang telah dibuat kementerian atau lembaga yang punya kaitan dengan sekolah aman dari bencana," kata dia.

Menurut data BPBA, ketika peristiwa gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 8,9 dan tsunami melanda Aceh pada 2004 silam, sebanyak 1.151 sekolah rusak berat. Dari angka itu, sebanyak 914 SD, 155 SMP, 67 SMA, dan 15 SMK.

Saat gempa Magnitudo 6,2 melanda Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah pada 2013, 314 unit sekolah rusak dengan rincian 171 rusak berat, 136 rusak sedang, dan 7 rusak ringan. Berikutnya ketika gempa kekuatan Magnitudo 6,5 melanda Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen pada Desember 2016, 25 sekolah rusak.

"Berdasarkan data tersebut sangat banyak sekolah yang terkena dampak akibat bencana," kata Sunawardi.
Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...pa-dan-tsunami

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami Berkat dinasti politik, Wawan diduga keruk hingga Rp500 miliar

- Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober

- Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di