alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d24e7a727686b26314d31/wamena-kian-normal-sekolah-mulai-dibuka

Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka

Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka
Bupati Jayawijaya Jhon R Banua bersalaman dengan para pelajar diSMPN 1 Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (7/10/2019).
Sejak kerusuhan pada 23 September 2019 lalu di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, hampir semua sekolah diliburkan. Baru pada Senin (7/10)/2019, sekolah mulai dibuka meski kehadiran guru dan siswa masih minim.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jayawijaya, Bambang Budiandoyo, mengatakan dari hasil pantauan sedikitnya ada 10 yang terdampak kerusuhan. Pada tingkat SD ada empat sekolah, SMP tiga sekolah, dan SMA tiga sekolah dengan tingkat kehadiran baru mencapai 10-20 persen.

"Hari pertama sekolah ini difokuskan untuk pemulihan rasa trauma bagi guru dan siswa, belum pada kegiatan belajar mengajar," kata Bambang di Wamena, Senin (7/10).

Menurut data Dinas Pendidikan Jayawijaya, 25 dari 61 sekolah berbagai jenjang pendidikan di kabupaten tersebut, telah melaporkan dampak kerusuhan dengan berbagai jenis kerusakan di gedungnya.

"Ke-25 sekolah itu sudah menyampaikan bentuk kerusakan gedungnya dan telah dilaporkan ke bupati melalui Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan mereka berharap ditindaklanjuti untuk perbaikan," tuturnya..

Pada hari keenam pascakerusuhan, sejumlah sekolah di dalam kota rusak. Misalnya kaca, ruangan, dan kerusakan lainnya. Untuk membuat para guru dan murid kembali semangat bersekolah, Dinas Pendidikan Jayawijaya juga melibatkan Wahana Visi Indonesia (WVI) untuk melakukan trauma healing.

"Dinas Pendidikan juga mendapat bantuan dari WVI, yang membantu memberikan trauma healing siswa dan guru selama dua minggu," paparnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Wamena, Yosep Wibisono, mengatakan banyak orang tua siswa yang memilih keluar dari Wamena untuk menenangkan diri sejenak pascakerusuhan.

"Kami berinisiatif sendiri membersihkan sekolah meski dengan guru dan siswa yang ada, semua ini demi menghilangkan kesan rusuh ketika proses belajar-mengajar dimulai," kata Yosep.

Di SMA Negeri 1 Wamena kaca-kaca jendela ruang kelas, ruang guru, dan tata usaha yang hancur karena dilempari batu oleh massa. Papan nama sekolah dan pagar tak luput dari perusakan.

Terpisah; Kepala Sekolah SD YPPK Santo Yakobus Hone Lama, Efaim Yeuruan, mengatakan sekolahnya sudah dibuka tapi guru yang hadir baru tujuh orang dan hanya dua siswa yang datang dari 490 yang terdaftar di sana.

"Saya dengar siswa yang belum hadir hari ini karena orang tua mereka membawa pulang ke kampung masing-masing setelah kejadian," katanya.
Kerja bakti Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka
Para guru, masyarakat sekitar, dan aparat keamanan membersihkan puing-puingkerusakan di SMP YPPK Santo Thomas, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (4/10/2019).
Pada Jumat (4/10), pegawai Pemkab Jayawijaya bersama masyarakat dan TNI-Polri melakukan pembersihan sekolah yang rusak. Mereka bergerak dari wilayah Wouma masuk ke perkotaan hingga wilayah Hom-Hom.

Dari pembersihan di SMP YPPK Santo Thomas, berbagai elemen masyarakat turut membantu. Di sekolah ini ada satu ruangan yang terbakar sehingga dilakukan pembersihan, selain kaca-kaca yang pecah.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran guru dan siswa pada hari pertama sekolah walau jumlahnya belum normal seperti biasa.

"Saya harap dengan beberapa anak yang sudah masuk sekolah ini memberikan motivasi kepada teman-temannya yang mungkin saat kejadian ada mengungsi, mereka bisa melihat bahwa sekolah kita mulai dibuka," kata Banua.

Ia juga berharap para guru yang belum datang agar bisa kembali dan bagi siswa serta orang tua, pemerintah ingin agar semuanya tidak perlu khawatir karena keamanan telah dijamin.

"Tidak usah khawatir dengan isu-isu yang ada, tetapi kita lihat kondisi sekolah yang sudah buka, maka marilah kembali ke sekolah agar anak-anak bisa bersekolah kembali dengan baik," katanya.

Selain itu, Banua juga meminta agar seluruh aparat keamanan yang ada di daerah itu, tidak kendor dalam menjaga situasi keamanan. "Saya sudah berkoordinasi dengan kapolres, meminta agar keamanan tidak kendor dengan melakukan patroli maupun penempatan personel di titik-titik yang dianggap rawan," katanya.

Di sisi lain, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau seolah menjawab permintaan Banua. Saat ini, kata Paulus, ada dua kompi personel Brimob yang diperbantukan ke Wamena dan Polda Papua akan mengiri satu kompi lagi.

"Saya pikir sudah cukup banyak yang ada di Wamena. Kami akan tambahkan lagi. Itu kira- kira. Termasuk beberapa wilayah lainnya. Bukan apa-apa, hanya untuk menjaga dan memberikan pemahaman kepada masyarakat," kata Paulus.
Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...h-mulai-dibuka

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka Pemerintah diminta lindungi media arus utama

- Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka Kualitas udara terbaik dan terburuk di Indonesia (Rabu, 09/10/2019)

- Wamena kian normal, sekolah mulai dibuka 5 Poin dengan Singapura; investasi hingga kontrol udara

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di