alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kunjungi Wamena, Wiranto Ajak Rajut Kembali Persaudaraan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c71e2b41d304f071962e9/kunjungi-wamena-wiranto-ajak-rajut-kembali-persaudaraan

Kunjungi Wamena, Wiranto Ajak Rajut Kembali Persaudaraan

Kunjungi Wamena, Wiranto Ajak Rajut Kembali Persaudaraan

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, bersama Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, Panglima TNI, Kapolri dan beberapa Kepala Lembaga melakukan kunjungan ke pengungsian Wamena, Papua pascakerusuhan.

"Jadi saya bersama-sama teman-teman dari Jakarta datang kemari untuk melihat secara langsung, mendengar, dan bertemu para tokoh masyarakat, pimpinan daerah dan khususnya saudara sekalian yang mengungsi. Sebelumnya kami menghadap kepada Presiden, beliau memberikan salam hormat, salam tulus kepada saudara-saudara sekalian," kata Wiranto saat mengunjungi pengungsian di Wamena, Papua (8/10/2019).

"Kita tahu, di negeri yang kita cintai ini ada pepatah torang samua basudara, betul tidak? Kita semua bersaudara, dari mulai Aceh sampai dengan Papua kita terikat dalam satu saudara. Saudara sebagai satu bangsa, bangsa apa? Bangsa Indonesia. Pada kemerdekaan Indonesia 1945, kita sudah berikrar Satu Nusa Satu Bangsa, satu bahasa, satu kesatuan, satu pemerintahan," tambah Wiranto.

Baca Juga:

Wiranto pun menceritakan proses Papua dan Papua Barat menjadi bagian NKRI. Kemudian, tahun 1969 lewat satu proses di PBB saudara kita di Papua, Papua Barat waktu itu bernama Irian Barat menjadi satu bangsa, satu kesatuan, satu tanah air NKRI. Itu hasil panjang sebagai bangsa.

"Lalu kita sudah melakukan satu kehidupan yang harmonis yang damai, yang rukun, dan kemaren kita menghadapi musibah ada peyerangan ada kerusuhan. Baiklah, sebagai hamba Allah, hamba Tuhan kita tidak lagi menanam kebencian, kita kubur kebencian itu. Kita membangun kembali persaudaraan kita sebagai bangsa," jelasnya.

Wiranto mengungkapkan kepada masyarakat baik pendatang maupun asli Papua, untuk merajut kembali kebersamaan maupun persaudaraan.

"Kita datang kemari untuk apa? Untuk mengajak saudara sekalian baik teman-teman, saudara-saudara asli Papua maupun pendatang mari kembali merajut kebersamaan kita, merajut persaudaraan kita, membangun kerukunan membangun perdamaian," jelasnya.

"Kan itu indah kan? Seperti kemaren para pendatang dari Minang, dari Sulawesi Selatan, dari Madura barangkali ada, dari Jawa dari Gorontalo, dari Manado datang kemari, kita sekarang bersaudara. Ada yang jadi tukang ojek, ada yang buka ruko, ada yang jualan bahan makanan, semuanya indah, bersaudara," ujarnya.

Wiranto memastikan, pemerintah menjamin stabilitas keamanan di wilayah Papua. "Dengan jaminan keamanan. Artinya apa? Aparat kepolisian, TNI menjamin keamanan supaya tidak ada lagi penyerangan, tidak ada lagi yang brutal, tidak ada yang anarkis, tidak ada yang menodai kebersamaan kita sebagai satu bangsa. Tetapi ini juga perlu dukungan dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan saudara kita di Wamena," tegasnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...aan-1570530937

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kunjungi Wamena, Wiranto Ajak Rajut Kembali Persaudaraan Kunjungi Wamena, Wiranto Ajak Rajut Kembali Persaudaraan

- Kunjungi Wamena, Wiranto Ajak Rajut Kembali Persaudaraan Ingin Fokus Urusi Rakyat, Gerindra Tak Incar Badan Anggaran DPR

- Kunjungi Wamena, Wiranto Ajak Rajut Kembali Persaudaraan Pemanfaatan Lahan dan Jaga Ketinggian Muka Air Upaya Cegah Karhutla

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di