alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPK Diultimatum Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Anies Baswedan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c62f64601cf15086c43fd/kpk-diultimatum-tindaklanjuti-laporan-dugaan-korupsi-anies-baswedan

KPK Diultimatum Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Anies Baswedan

KPK Diultimatum Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Anies Baswedan

Pelapor dugaan korupsi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yakni Direktur Goverment Againts Corruption and Discrimination Andar Mangatas Situmorang, mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Senin (7/10/2019) siang.

Andar mengatakan, kedatangannya untuk meminta kejelasan pelaporannya pada tiga tahun lalu, terkait kasus korupsi diduga dilakukan Anies Baswedan saat masih menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Saya sejak 2017 telah melaporkan dugaan korupsinya Anies Baswedan. Waktu dia masih Mendikbud dan diterima (laporannya ke KPK)," kata Andar di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Menurut Andar, sejak laporannya itu, ia mengklaim KPK tak pernah menyelidiki laporan dugaan korupsi tersebut.

Maka itu, Andar datang selain menanyakan kasus tersebut, juga mengultimatum kelima pimpinan KPK segera menindaklanjutkan pelaporan tersebut.

Kalau KPK tak memberi kejelasan, Andar mengancam melaporkan lima pemimpin KPK ke Bareskrim Polri.

"Ini saya minta. Saya ultimatum mereka apabila dalam bulan ini tidak diproses, maka kelima komisioner KPK akan saya pidanakan di Bareskrim KUHP,” ancamnya.

Ketika ditanya kenapa baru kembali datang untuk memeriksa tindaklanjut pelaporannya, Andar mengakui ingin memidanakan pimpinan KPK.

"Karena sebelum mereka diganti , saya mau pidanakan. Sudah itu saja," kata dia.

Untuk diketahui, Andar menduga Anies telah melakukan rasuah dana rombongan penulis, sastrawan, serta staf Indonesia ke Frankfurt Books Fair tahun 2015.

Dalam laporan Andar, Anies masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pada laporan yang diterima KPK, Kamis (9/3/2017), total dana rombongan Frankfurt Book Fair 14-18 Oktober 2015 yang diduga diselewengkan Anies mencapai Rp 146 miliar.

Sumber

KPK Diultimatum Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Anies Baswedan

Emangnya komisioner KPK tau apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smogal dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Goenawan Mohammad Klarifikasi Laporan Dugaan Korupsi Anies

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Komite Nasional untuk acara Pameran Buku Frankfurt atau Frankfurt Book Fair Goenawan Mohammad mengklarifikasi dugaan penyelewengan uang negara yang diduga dilakukan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Anies, seperti dilaporkan Direktur Government Against Corruption and Discrimination (GACD) Andar Situmorang ke KPK, diduga menyelewengkan dana setidaknya Rp146 miliar untuk pameran buku yang digelar pada 13-18 Oktober 2015.

Goenawan menyebut laporan GACD ke KPK tidak tepat sasaran. Seharusnya, kata Goenawan, dirinya lebih pantas dilaporkan karena kapasitasnya sebagai Ketua Komite.

"Saya adalah Ketua Komite Nasional untuk acara besar selama 2014-2015 di Frankfurt, Leipzig, Bologna dan London itu. Maka jika ada yang perlu dilaporkan ke KPK, itu adalah saya, bukan Anies Baswedan," Goenawan menulis akun Facebook miliknya, Jumat (10/3) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Bukan karena saya mau pasang badan buat Anies, yang bukan pilihan saya untuk pilkada kali ini. Tapi karena tak adil bagi dia," Goenawan melanjutkan.

Pendiri majalah Tempo itu juga menjelaskan, keputusan Indonesia untuk bersedia diminta menjadi "negeri kehormatan" atau tamu kehormatan ditandatangani bukan oleh Anies Baswedan, melainkan oleh Menteri sebelumnya, Mohammad Nuh.

"Juga besarnya anggaran disiapkan dan diajukan di masa Moh. Nuh. Anies melanjutkan agenda ini, dan saya senang bekerja bersama dia: saya memimpin tim profesional, dia aparat Kementerian."

Goenawan mengaitkan laporan dugaan korupsi Anies dengan Pilkada DKI Jakarta. Anies adalah calon gubernur DKI Jakarta yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Anies-Sandi diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera. Mereka bersaing dengan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

"Bahwa sampai ada orang melapor hal ini, tanpa menelaah kejadiannya lebih dulu, membuat saya sedih dengan pilkada ini. Siasat fitnah dan kabar bohong yang dulu diarahkan ke Capres Jokowi kini ditujukan ke Anies, dan sebelumnya ke Ahok, yang karena fitnah harus diproses di pengadilan," ujar Goenawan.

Hal yang dialami oleh Anies saat ini, menurut Goenawan, merupakan bagian dari praktik kebencian terkait Pilkada. Ia khawatir praktik kebencian yang terus berlanjut akan merusak proses demokrasi di Indonesia.

"Jika fitnah dan kebencian diteruskan, apa lagi dengan mengobarkan sentimen agama dan etnis, sehabis ini kehidupan politik macam apa yang akan menyertai kita? Luka hati. Perpanjangan saling curiga. Dan kepercayaan yang rusak berat kepada proses demokrasi," kata Goenawan.

Sementara itu, Sandi yakin pasangannya tidak menyelewengkan dana. "Saya yakin mas Anies tidak bersalah. Dia (pernah jadi) ketua komite etik KPK," kata Sandi.

Sandi mendorong KPK menindaklanjuti laporan Andar Situmorang. Menurut Sandi, tindak lanjut sebaiknya dilakukan dengan cepat mumpung waktu pencoblosan masih lama, 19 April.

Proses hukum, kata sandi, bisa memperjelas status seorang yang masih diuga. Ia yakin dengan proses hukum di KPK akan membuktikan Anies bersih dari korupsi.

"Yang jelas dalam politik harus siap menghadapi hukum. Mungkin dipas-paskan waktunya, enggak boleh suudzon. Mungkin ini cara masyarakat memastikan pemimpinnya bersih," kata Sandi. (rdk)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20170310170629-20-199327/goenawan-mohammad-klarifikasi-laporan-dugaan-korupsi-anies




Yg ngelaporin jg orang goblok!!!! emoticon-anjing


Bosen cong cuma muter2 kaset rusak orang gak jelas emoticon-Gila



Hotman Paris Sindir Advokat Ijazah Palsu, Fakta Baru Andar Situmorang, Rekan Farhat Abbas Terungkap!

Perseteruan antara Hotman Paris Hutapea dengan Farhat Abbas dan Andar Situmorang belum menemukan titik akhir perdamaian.

Beberapa waktu lalu, Hotman Paris Hutapea sempat menyebut jika ada oknum advokat yang berijazah palsu.

Terkait akan hal itu, fakta baru Andar Situmorang pun akhirnya terungkap.

TRIBUNSTYLE.COM - Nama Andar Situmorang mulai menjadi sorotan semenjak berseteru dengan Hotman Paris Hutapea.


Ya, sebelum bekerjasama dengan Farhat Abbas untuk melaporkan Hotman Paris Hutapea atas dugaan penyebaran konten video asusila, Andar Situmorang menjadi sorotan saat menjadi kuasa hukum Pablo Benua.

Pasalnya Andar Situmorang berbicara di depan awak media dengan nada tinggi dan berusaha menjatuhkan tim kuasa hukum lawan, yang tak lain adalah Hotman Paris Hutapea.

Terlepas dari kasus ikan asin, Andar Situmorang juga tak segan-segan menuduh jika Hotman Paris telah memakai narkoba.

Tudingan Andar Situmorang itu masih berhubungan dengan dugaan penyebaran konten video asusila yang dilayangkan Farhat Abbas pada Hotman Paris.

Terkait akan hal itu, ternyata ada fakta baru mengenai sosok pengacara Andar Situmorang.

Rupanya nama Andar Situmorang tak tercatat sebagai salah satu anggota dari Perhimpunan Advokat Indonesia.

Hal ini diungkapkan Zul Armain Aziz, wakil ketua umum PERADI, seperti dikutip TribunStyle.com dari tayangan yang diunggah melalui kanal YouTube TRANS 7 pada Jumat (13/9/2019).

Zul Armain beri tanggapan atas keanggotaan Andar Situmorang ()

Dalam video itu, mulanya Zul Armain mengklarifikasi terkait permasalahan yang kini tengah menyeret sesama berprofesi pengacara Elza Syarief, Hotman Paris Hutapea dan Farhat Abbas.

Uniknya PERADI tak turut memanggil Andar Situmorang yang sebenarnya juga terlibat dalam perseteruan dengan Hotman Paris.

Rupanya, Andar Situmorang tak tercatat namanya sebagai anggota dari PERADI.

"Kalau saya cek di keanggotaan kita, beliau itu tidak tercatat sebagai anggota kita," kata Zul Armain.

"Saya sudah cek tadi, tidak ada,'' sambungnya.

Namun Zul Armain mengaku akan mencoba mengecek kembali.

Pasalnya ia tidak mengetahui apakah nama Andar Situmorang hanyalah nama aslinya atau bukan.

"Tapi kita mau lihat begini, saya mau cek benar, saya ngecek tadi itu kan Andar Situmorang, sebenarnya Andar siapa kan ada namanya itu," ucap Zul.

Zul menegaskan kalau nama Andar Situmorang tak terdaftar sebagai anggota PERADI.

''Itu yang saya tidak bisa tahu, tapi kalau namanya Andar Situmorang enggak ada,'' terangnya.

Jika nantinya nama Andar SItumorang benar-benar tak ditemukan, Zul menerangkan bahwa mungkin saja lawan Hotman Paris itu tercatat sebagai anggota organisasi advokat yang lain.

"Organisasi advokat itu kan banyak, nah mungkin mereka tergabung di situ," pungkasnya.


Hotman Paris sindir Advokat berijazah palsu

Hotman Paris sindir oknum advokat berijazah palsu.

Hal ini terlihat dari unggahan Hotman Paris di akun Instagram pribadinya, @hotmanparisoffical, Senin (9/9/2019).

Dalam video unggahan tersebut, Hotman Paris tampak sedang berada di ruang kerja pribadinya.

Tumpukan buku-buku tebal yang diyakini adalah kitab undang-undang semakin membuktikan tentang dirinya yang diakui sebagai pengaca kondang yang mampu memenagkan kasus kelas kakap.

Hotman menyebut jika penampilan seseorang bisa mencerminkan sifat dari orang itu sendiri.

''Hallo, dari penampilan seseorang bisa ketahuan manusia apa dia,'' kata Hotman Paris.

Pengacara 36 miliar itu mengungkapkan meskipun dirinya sedikit nakal, namun Hotman paris mampu mengantarkan putra putrinya menjadi orang yang sukses.

''Hotman Paris sedikit nakal lihat nih masih remaja putri udah saya, Felicia kirim ke cambridge,''

Putra bungsu saya, dulu masih remaja, masih SMA, sudah saya kirim ke oxford sama ke cambridge,'' sambungnya.


Kemudian Hotman Paris kembali mengungkit seputar advokat yang telah menggunakan ijazah palsu.

''Berita kejutan, infotainment diberitakan mengenai adanya seorang oknum advokat yang memakai ijazah palsu,''

''ternyata ini saya sudah menemukan 3 putusan dari pengadilan negeri, pengadilan tinggi sampai ke Mahkamah Agung yang menghukum advokat tersebut delapan bulan penjara,''


''memakai ijazah palsu sarjana hukum dengan memakai nama universitas Jayabaya,'' beber Hotman Paris.

Tak segan-segan Hotman Paris juga menyebut jika tindakan pemalsuan ijazah advokat ini termasuk perbuatan memalukan.

''Dia memalsukan nama Universitas Jayabaya di ijazahnya agar begelar advokat ini sangat memalukan,'' pungkasnya.


Kendati Hotman Paris tak menyebut oknum advokat itu ditujukan pada siapa, namun publik pun bisa menyimpulkan jika tudingan itu untuk Andar Situmorang.

Pasalnya, beberapa waktu lalu rekan seprofesi Hotman Paris, Saut Rajaguguk mengungkap masalalu kelam Andar Situmorang.

Saut Rajaguguk menyebut jika Andar Situmorang diduga telah melakukan pemalsuan ijazah.

"Tahun 98 dia (Andar Situmorang) berperkara dengan seseorang lalu orang tersebut mencari siapa sebenarnya Andar ini.

"Lalu terbongkarlah semua bahwa dia menggunakan ijazah palsu yang diterbitkan dengan tanda kutip Universitas Jayabaya.

"Setelah dicek ke Kopertis bahwa nama tersebut, ijazah tersebut (atas nama Andar Situmorang) tidak pernah diterbitkan oleh universitas yang bersangkutan atau Kopertis.

"Dengan kata lain bahwa itu palsu," jelas Saut Rajaguguk, TribunStyle.com kutip dari kanal YouTube acara Infotainment RCTI.

"Dibawa ke Pengadilan terbukti bahwa dia menggunakan ijazah palsu di dalam menjalankan profesinya.

"Itu tahun 1998 di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, saya masih ingat persis perkaranya nomor 59.

"Jadi dihukum delapan bulan," sambungnya.(TribunStyle.com/Sulastri)

https://style.tribunnews.com/amp/2019/09/13/hotman-paris-sindir-advokat-ijazah-palsu-fakta-baru-andar-situmorang-rekan-farhat-abbas-terungkap



Cebong dungu binatang2 pengidap delusi akut pemuja kodok plonga plongo emoticon-Ngakak


KPK Diultimatum Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Anies Baswedan

Ini lebih urgent utk diselesaikan,,, curiga gak pernah selesai jangan2 ahok baswedan msh satu keluarga sama si novel nih! emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meoomiuu dan 3 lainnya memberi reputasi
Bawa massa, demo ke kpk
Masa kalah ama mahasiswa + stm
Ditunggu aja penjelasan dari KPK nantinya.


Quote:


Knapelu?
Kok mewek?
emoticon-Leh Uga
Kurang kerjaan :trapel
kasi jurus mayat. kelar ente
astajim....nunggulaporan kpk.
Hahaha,

KPK, BPK, Sumber Waras, Ahok, Baswedan...., jangan gak ada yang crot diantara kita....

emoticon-Traveller
KPK Diultimatum Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Anies Baswedan
Quote:


masalahnya dimana ya?
toh sepupunya
ato jgn2 lo g pernah fotoan sama sepupu lo
emoticon-Traveller
emang ada nyali kpk klo buat si anus ,,, emoticon-Goyang


Quote:


emang komisioner kpk tau apa soal kasus2 kpk?
emoticon-Leh Uga

KPK Diultimatum Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Anies Baswedan
https://mobile.twitter.com/el_kaezzar/status/1181481991209795584?p=v
Potensi Pemborosan 10M+ APBD DKI Ini saya cek sendiri dr APBD'19 sbg bhn ptimbangan APBD'20 yg skrg lg jalan. Potensi serupa dah ada sejak 2018. Masalah klasik, yt penggunaan #hotel utk kegiatan Pemprov DKI yg sgt keras diawasi di era 2012-2017.
Yg saya sorot dlm hal ini adalah SKPD Bakesbangpol. Terakhir di 2017, anggaran SKPD ini "cuma" sekitar 10M. Tapi pada 2018 dan 2019, pagu anggaran melonjak drastis mencapai 40M+ atau naik lebih dari 300%. Kenapa? Ya itu tadi, sekarang acara-acara dilaksanakan di hotel lagi
Ini contoh 1 kegiatan di 2017 dengan pagu anggaran tertinggi, yaitu sekitar 1.1M untuk Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Acaranya di mana? GOR Pemuda. Sewa tempat cuma 14 juta.
Ini acara yg sama, FPK juga, tapi di tahun 2019, sekarang pagu anggarannya mencapai 3.7 M, melonjak 3x lipat. Ada jg kegiatan lain Pemantapan Kader Bela Negara yg menelan pagu 6.5 M. Kita kupas tuntas satu-satu.
Ini rincian acara FPK 2019, sekarang dah ga ada ceritanya sewa GOR 14 juta, karena semua dah pindah ke hotel. Muncul anggaran sewa bus yg di era sebelumnya jg ga ada. Hotel 2 M Bus 450 juta. Jadi ga heran kan kenapa sekarang bisa mencapai 3.7 M dari sebelumnya "cuma" 1.1 M.
Sekarang kita lihat kegiatan lain, Pemantapan Kader Bela Negara yg anggarannya mencapai 6.5 M. Sesuai rincian, biaya sewa tempatnya dah mencapai 3.7 M, sewa bus hampir 900 juta. Artinya hampir 4 M untuk akomodasi.
Gimana acara Pemantapan Bela Negara tahun 2017? Anggarannya 200 juta. Tempatnya? GOR (lagi). Sewanya "cuma" 18 juta. Jauh ya dengan yg sekarang? Ga ada itu sewa bus segala. Biasanya sewa bus itu untuk acara luar kota, apalagi kalo memang menginap krn acaranya lebih dr 1 hari.
Itungan saya sejauh ini bisa lebih dr 10 M potensi pemborosannya. Itu baru itung biaya tempat/hotel, sewa bus ga dimasukin. Ini itungan kasar dari 10 kegiatan dengan anggaran terbesar. Masih ada puluhan lain. Bisa dicek di apbd.jakarta.go.id .
Ahok dari dulu dah wanti-wanti soal ini. Karena ini dianggapnya pemborosan. Saya sendiri ga anti acara di hotel, tp tolong, pilah-pilah acaranya, dan ga perlu sampe ke luar kota. Ayo kita hemat anggaran, @DKIJakarta sisir anggaran dong kaya dulu. Yg udah bagus pertahanin.
knp pada saat jd mentri g ada yg masalahin. apa jangan2 slogan gpp korupsi asal dukung jokowi emg benar adanya.
lanjutkan
Ini yg aneh dr sepak terjang KPK : Budi gunawan d jadikan tersangka gara2 rekening gendut 50 M . tuduhannya krn dia pejabat yg terima suap ....tp negara ga mengalami kerugian krn yg nyuap pihak swasta

Giliran si anies bikin perjalanan dgn dana jumbo 150 milyar lebih sama sekali ga d lirik. Pdhl dalam hal ini misalkqn ada mark up anggaran negara yg rugi .....emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Coba tanya KPK



GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di