alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta Lain yang Jarang Diketahui dari Perayaan Halloween Yang Seram tapi Seru
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c6103a2d19573757b9893/fakta-lain-yang-jarang-diketahui-dari-perayaan-halloween-yang-seram-tapi-seru

Fakta Lain yang Jarang Diketahui dari Perayaan Halloween Yang Seram tapi Seru

Fakta Lain yang Jarang Diketahui dari Perayaan Halloween Yang Seram tapi Seru

Halloween sudah menjadi perayaan semua negara di dunia setiap bulan Oktober atau tepatnya tanggal 31 Oktober. Perayaan yang berasal dari bangsa Celtic, Eropa ini lebih dahulu dipopulerkan oleh Inggris dan Amerika sebelum menjamur ke seluruh dunia. Dibalik keseruan perayaan yang juga sudah menjamur di Indonesia ini banyak fakta menarik yang perlu kita ulik.


Perayaan hallowen identik dengan kostum hantu, labu topeng, tongkat sihir, permen, kembang api dan kejahilan. Beberapa fakta dan asal-muasal dari perayaan ini mungkin belum diketahui banyak orang walaupun sudah sering ikut merayakan.
Fakta Lain yang Jarang Diketahui dari Perayaan Halloween Yang Seram tapi Seru
Source: pinterest.com

Karakter Labu atau dikenal Jack-O-Lantern

Dalam kisahnya Jack-O-Lantern merupakan petani malas tetapi cerdas. Karena kecerdasannya, dia berhasil menipu iblis sehingga ia tidak masuk ke dalam neraka, dan karena dosanya itu pula Jack-O-Lantern tidak bisa memasuki surga. Sehingga arwahnya berkeliaran dengan membawa lentera. Meski Halloween sendiri berasal dari bangsa Celtic, Eropa, tetapi lentera labu ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Amerika Utara, yang merupakan penghasil labu. Karena itu karakter Jack-O-Latern sering dikenal dengan wujud hantu petani berkepala labu. 



Makna Religius dibalik Kemunculan Perayaanya

Menurut tradisi Kristen abad pertengahan Hallowtide, All Saint's Day, orang miskin pergi ke rumah orang kaya dan menawarkan untuk berdoa bagi orang yang baru pergi di rumah tersebut. Sebagai tanda terimakasih orang kaya akan memberikan makanan dan bir untuk orang miskin yang mendoakan. Namun setelah reformasi Protestan gagasan bahwa jiwa dapat diselamatkan dengan cara ini kehilangaan populartitasnya. Walaupun masih banyak orang Katolik menjalankan tradisi ini yang kemudian dikenal sebagai 'souling'. Anak-anak pergi dari pintu ke pintu meminta semacam kue jiwa yang kemudian ditukarkan dengan doa jiwa untuk teman dan keluarga. Kue jiwa ini manis dengan sebuah salib bertali di atasnya.
Kebiasaan pergi dari pintu ke pintu ini dilakukan orang Irlandia, Skotlandia dan Wales. Mereka memakai kostum hantu dimaksudkan melindungi diri mereka dari roh jahat yang meniru identitas orang yang sudah mati. Pada 1840-an gelombang imigran Irlandia dan Skotlandia membawa kebiasaan tersebut ke Amerika dan mulai berasimilasi sehingga kehilangan fondasi religiusnya. Kostum menjadi lebih penting dan bertualang. 
Source: tirto.id


Kalimat 'Trick or Treat'

Kalimat "Trick or Treat" adalah mantra pengusir roh jahat yang dalam perkembangannya dipakai anak-anak untuk meminta sumbangan. Mereka akan menggedor pintu-pintu rumah, setelah pintu dibuka mereka akan mengucap "Trick or Treat" maka si pemilik rumah akan membagikan permen ataupun coklat. Sejak suburbanisasi tahun 1950-an, "Trick or Treat"  berkembang menjadi praktik ramah anak yang sebagian besar kita lihat sampai hari ini. 

Fakta Lain yang Jarang Diketahui dari Perayaan Halloween Yang Seram tapi Seru

source: wartakota.tribunnews.com

Di Indonesia sendiri perayaan Halloween sering kita temui di tempat-tempat umum seperti mall atau taman-taman ramai dengan menghias tempat seperti suasana Halloween. Dan orang-orang Indonesia pun merayakan Halloween dengan meng-upload foto mereka di social media memakai kostum hantu atau riasan khas Halloween.

Fakta Lain yang Jarang Diketahui dari Perayaan Halloween Yang Seram tapi Seru

source: myminiapolis.com



emoticon-I Love Kaskus emoticon-Sundul emoticon-Cendol Gan emoticon-Repost emoticon-Jempol emoticon-Toast
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Diubah oleh pesolhary20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Serem ya si jack...kaya mimpi burukkk emoticon-Takut
profile-picture
pesolhary20 memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di