alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c58cf82d495700277f79e/jangan-asal-ngasih-gan-susu-sapi-ternyata-bisa-bikin-gangguan-kesehatan-kucing

Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing


Agan Sista yang melihara kucing, sering ngerasa nggak sih kalau peliharaan kita ini udah kayak anak sendiri. Rasanya pengen selalu kasih apapun yang terbaik buat mereka, termasuk soal nutrisi makanan.

 

Biasanya makanan apa sih yang Agan Sista kasih buat mereka? Daging? Makanan kering? Atau susu? Hmmm, tapi ternyata kebiasaan memberikan kucing peliharaan susu sapi bisa memberikan dampak buruk lho buat kesehatan peliharaan kesayangan Agan Sista ini.

Dilansir dari Hai.com, menurut seorang ahli kesehatan hewan bernama Gary Richter, ternyata nggak semua kucing bisa mencerna gula susu atau yang kerap disebut dengan istilah laktosa ini. Beberapa dari hewan menggemaskan ini hanya bisa mencerna senyawa tersebut dengan baik pada tahun-tahun awal kehidupan ataupun saat mereka baru lahir.

Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing

Mungkin memang ada sih kucing yang bisa mentolerir susu dan mungkin ia juga menikmati rasanya. Namun susu sapi ini nggak baik untuk kucing Gan Sis. Karena masalah yang ditimbulkan akan lebih besar daripada manfaat memberikan susu ini pada anak bulu kesayangan Gan Sis ini.

Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing

Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing

Saat tumbuh menjadi dewasa, tubuh kucing akan memproduksi enzim laktase yang bisa menyebabkan komplikasi pencernaan jika mereka terus menerus mengkonsumsi susu sapi. Saat kucing minum susu, laktosa yang masuk nggak akan tercerna dan akan tetap berada di usus mereka sebelum akhirnya berfermentasi. Karenanya, susu sapi bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing.

Nggak hanya itu aja Gan Sis. Tidak adanya enzim untuk mencerna laktosa ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan buat si peliharaan kesayangan kalian ini. Kucing bisa muntah, kehilangan nafsu makan (yang bisa ngaruh ke berat badan), bahkan bisa menyebabkan perubahan perilaku.

Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing

Untuk menghindari masalah tersebut, Agan Sista lebih baik memberikan makanan basah untuk mereka, mengingat hewan yang satu ini kurang tertarik dengan air putih.

“Air sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi organ pada kucing. Cara memastikan kucing mendapatkan cukup air adalah dengan memberikannya makanan kaleng basah,” kata Leasa, Greer, Manajer Nutrisi dan Regulasi dari Soid Gold Pet, dilansir dari Hai.com

 

Jadi, usahakan agar kucing kesayangan kalian bisa mengkonsumsi air putih yang cukup dan jangan kasih mereka susu sapi ya Gan Sis, karena ini bisa membuat pencernaan mereka jadi terganggu.

Hmm, tapi kalau menurut pengalaman pribadi yang ane alami, saat itu ane menemukan bayi kucing yang terlantar di rumah. Kayaknya baru mau dipindah-pindahin sama induknya tapi dia nyangkut dan jatuh. Nah karena bingung mau kasih makan ataupun minum apaan (mengingat dia masih bayi dan biasanya bayi itu sangat sensitif), akhirnya ane berkonsultasi sama seorang dokter di sebuah petshop di Yogyakarta.

Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing

Ia juga menjelaskan kalau jangan ngasih kucing ini susu sapi sih. Selain itu dia juga menyarankan untuk memberikan bayi kucing ini susu bayi manusia tapi yang soya. Jadi ya habis itu ane belikan itu aja dan dimasukkan ke dalam dot yang memang khusus untuk kucing. 

Jadi ya gitu aja sih Gan Sis, kalau menurut kalian gimana nih? Pernah ada pengalaman ngasih kucing kalian susu nggak? Kalau iya, boleh banget nih share!


Spoiler for sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 5 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
ayeyey
nice info gann, pernah sih tapi ya susu formula sapi gituu
wah terimakasih banget gan
di rumah juga ada kucing, bisa aware juga untuk ngasih apapun ke kucing
nice info, thx bgt!
makasihh gan infonya, jadi ga sembarangan nih kasih kucing peliharaan makanan atau minuman
nah nah kudu ti ati ya gaess
Jangankan kucing, manusia juga bisa mengalami gangguan pencernaan
susu soya, susu kambing etawa biasanya ane pake.. atau air madu aja..
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Nice share infonya gan.. emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
rheirhei dan CoupleMaster memberi reputasi
Kasih emoticon-Angkat Beer sekalian gan sis.
nahhh ati2 gan kalo kasi susu ke kucingggg... mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
Kasih ikan mentah basah, jangan yg sudah digoreng emoticon-Toast
Lihat 1 balasan
susu soya? hmmm, ane baru tahu,
emoticon-Bettyemoticon-Betty
Bisa dicoba nihh,
Nais info gan, ditunggu info menarik lainnya
Terus kalo ga doyan minum aer putih bijimane gan? Masa iya mau dicekokin
emoticon-Bingung

Btw ini kucing ane

Jangan Asal Ngasih Gan, Susu Sapi Ternyata Bisa Bikin Gangguan Kesehatan Kucing

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
Jerry Maguire dan thedolls memberi reputasi
nice trit
Wah nice inpoh nieh, walopun kaga miara kucing tapi kan bisa sok tau...
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
baru tau nih
padahal kucing ane kadang suka ane kasih susu dan abis
terus nagih lagi wkwkwkwk
ternyata gak boleh ya
Hati-hati, susu beruang ternyata susu sapi emoticon-Goyang
Kalau ane ngasih susu beruang gan dan alhamdulillah kucingnya nggak masalah... Btw nice info
Samson ane beliin jajan sama susu palingan seminggu sekali gan emoticon-Salam Kenal
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di