alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kena PHK Sepihak? Ketahui Aturannya Mainnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c5784c0cad734e9196072/kena-phk-sepihak-ketahui-aturannya-mainnya

Kena PHK Sepihak? Ketahui Aturannya Mainnya

PHK Sepihak: Ketahui Aturannya Mainnya


Kena PHK Sepihak? Ketahui Aturannya Mainnya

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak menjadi momok bagi pekerja yang utamanya bekerja dalam sektor swasta. Karena dinamika bisnis dapat kapan saja memutarbalikkan keadaan suatu perusahaan. Penting bagi pekerja untuk mengetahui hak-haknya seputar PHK sepihak agar jika sewaktu-waktu terjadi ia mengetahui keputusan apa yang harus diambil.

Penyebab PHK sepihak antara lain karena efisiensi perusahaan, status perusahaan yang berubah karena merger atau akuisisi, dan perusahaan bangkrut atau pailit. Sesuai ketentuan UU Ketenagakerjaan pengusaha, pekerja, dan Pemerintah harus mengusahakan segala upaya agar tidak terjadi PHK sepihak. Jika PHK sepihak tidak terhindarkan maka pengusaha wajib berunding dengan pekerja atau serikat pekerja. Dalam hal perundingan tidak menghasilkan persetujuan antar kedua belah pihak maka pengusaha dan pekerja menyelesaikan di lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Lembaga yang dimaksud adalah mediasi, konsiliasi, arbitrase, dan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). Pengusaha dapat melakukan PHK sepihak hanya jika telah memperoleh penetapan dari salah satu lembaga tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa PHK sepihak yang dilakukan tanpa penetapan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial batal demi hukum, sehingga PHK sepihak tersebut dianggap tidak terjadi. Apabila lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial belum menerbitkan penetapan maka baik pengusaha maupun pekerja tetap melaksanakan kewajiban dan mendapatkan haknya. Pengusaha juga boleh melakukan skorsing kepada pekerja namun tetap wajib membayar upah dan hak-hak lainnya. (Baca juga: Serba-serbi Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia)

PHK sepihak juga dapat disebabkan oleh faktor internal pekerja itu sendiri yaitu, pekerja melanggar perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama. Jika hal itu terjadi maka pengusaha harus memberikan surat peringatan sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut sebelum melakukan PHK sepihak. Pekerja yang di-PHK sepihak karena alasan tersebut tetap berhak atas uang pesangon, uang penghargaan, dan uang penggantian hak sesuai yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

UU Ketenagakerjaan juga mengatur pengecualian bagi pekerja agar pemberi kerja tidak sewenang-wenang melakukan PHK sepihak, antara lain jika pekerja berhalangan masuk kerja karena:

-         menikah;

-         sakit dengan keterangan dokter selama maksimal 12 (dua belas) bulan secara terus menerus;

-         memenuhi kewajiban negara sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

-         pekerja perempuan hamil, melahirkan, gugur kandungan, dan menyusui;

-         dalam keadaan cacat tetap, sakit akibat kecelakaan kerja, atau sakit karena hubungan kerja yang menurut surat keterangan dokter yang jangka waktu penyembuhannya belum pasti; dan lain-lain.

Demikian merupakan salah satu hukum ketenagakerjaan yang wajib Anda tahu. Berikan komentar Anda mengenai masalah ini di kolom komentar ya.


Quote:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nice info nih, biar ga kena keputusan yang sepihak.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di