alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ke Mana Dana Tax Amnesty yang Sempat Nyangkut di BCA?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c5662c0cad73f5a0de683/ke-mana-dana-tax-amnesty-yang-sempat-nyangkut-di-bca

Ke Mana Dana Tax Amnesty yang Sempat Nyangkut di BCA?

Ke Mana Dana Tax Amnesty yang Sempat Nyangkut di BCA?

Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga tahun berlalu, dana tax amnesty atau pengampunan pajak saat ini bisa bebas. Entah kembali ke luar negeri maupun tetap ngendon di pasar keuangan Indonesia.

Belakangan muncul kekhawatiran karena ada kemungkinan bakal terjadi arus modal keluar (capital outlflow), karena dana repatriasi sudah boleh dibawa keluar. Ini tentu akan menimbulkan sentimen negatif di pasar keuangan domestik.

Salah satu yang sempat kebagian cuan dana amnesty adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Nah apakah saat ini dana tax amnesty masih ada di BCA?


"Secara peraturan, sejak Juli sudah lepas lock up period jadi bisa ditransfer ke luar," kata Jahja Setiaatmadja, Direktur Utama BCA kepada CNBC Indonesia, Selasa (8/10/2019).

"Yang di BCA kebanyakan sudah dipakai investasi, ganti dengan loan dan investasi ke obligasi pemerintah dan reksa dana serta saham," imbuh Jahja.

Untuk diketahui lebih jauh, total komposisi harga yang dilaporkan pada tax amnesty periode pertama adalah Rp 3.667,68 triliun. Terdiri dari deklarasi dalam negeri Rp 2.609,68 triliun, deklarasi luar negeri Rp 927,99 triliun, dan repatriasi Rp 130 triliun.

Kemudian pada periode kedua, pelaporan tax amnesty menurun drastis menjadi Rp 628,58 triliun. Terdiri dari deklarasi dalam negeri Rp 533,45 triliun, deklarasi luar negeri Rp 84,63 triliun, dan repatriasi Rp 10,5 triliun.

Dari dua periode awal, total dana repatriasi ke semua bank yang masuk adalah Rp 140,5 triliun. Jadi sampai Desember nanti, kira-kira inilah potensi dana yang bisa menjadi capital outflows karena berakhirnya holding period tax amnesty.

Kalau dana Rp 140,5 triliun itu benar-benar keluar semua, tidak ada satu perak pun yang tinggal di Indonesia, apakah mengkhawatirkan?

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/market...yangkut-di-bca
profile-picture
profile-picture
venomwolf dan y3sy3s2 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Buat nombok bpjs napa
Buat bikin jalan tol n nutup defisit bepejees mungkin yaa..emoticon-Traveller
buat gua napa bangsiatt emoticon-Mad
ane gak tau gan...sumpah...
profile-picture
mangsky memberi reputasi
Quote:


Ya ga sampe nol juga lah.. Untuk apa mereka dulu repot2 repatriasi kalo ujung2nya mau keluar lagi? Lagian kan keluarnya cuman dari bank, belum tentu lari keluar negeri.. Bisa jadi larinya ke pasar modal, atau aset di dalam negeri.. Jadi ga perlu sekhawatir itu.. emoticon-Big Grin
Lumay buat bayar utangemoticon-Ngakak
Harusnya lalulintas duit keluar masuk ini yg jd perhatian penuh
Bikin sistem donk kalo duit udah masuk
Dibikin susah keluar
Atau paling tidak diawasi secara ketat pergerakannya
Ini ane bukan ngomong soal repatriasi dr TA saja
Tapi semua uang keluar masuk
Diubah oleh xrm
menurut gw gak masalah sih mau keluar negeri lagi, toh udah pada ketahuan ini berapa saja nilai hartanya. Yang penting kedepan tetap taat dan lancar bayar pajaknya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di