alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 Fakta Menarik Dan Aneh Tentang Halloween
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c3c280577a91cca760a49/10-fakta-menarik-dan-aneh-tentang-halloween

10 Fakta Menarik Dan Aneh Tentang Halloween

10 Fakta Menarik Dan Aneh Tentang Halloween
Quote:

"10 Fakta Menarik Dan Aneh Tentang Halloween"
10 Fakta Menarik Dan Aneh Tentang Halloween
Halloween adalah perayaan yang datang dari daerah barat. Namun sekarang juga sudah banyak orang-orang di bagian timur yang merayakannya. Perayaan ini memang sangat menarik dan seru menurut saya. Karena bisa bermain kostum dengan tampilan yang seram dan bebas. Namun, dibalik keseruan tersebut ternyata ada fakta-fakta yang sedikit aneh dan menarik juga tentang perayaan ini gansis. Mau tahu apa saja fakta-fakta tersebut? Yuk mari silahkan simak informasinya dibawah ini.

1. Celtic
Quote:
Perayaan Halloween adalah perayaan untuk mengenang orang-orang yang telah meninggal dunia termasuk para orang-orang suci seperti Santo, Martir dan semua arwah orang beriman. Perayaan ini memang dekat ya dengan budaya kekristenan barat meliputi gereja latin dari gereja katolik dan berbagai denominasi gereja protestan dan kelompok-kelompok dari dunia barat seperti yang dilansir oleh wikipedia. Namun tidak semua orang mengetahui dan bahkan terdengar sedikit aneh dimana ternyata Halloween juga dekat dengan tradisi Pagan. Yaitu tradisi yang bermula dari festival-festival panen orang-orang celtic yang mendiami beberapa wilayah Eropa dan Britania Raya seperti yang dilansir oleh wikipedia. Namun banyak juga yang meyakini bahwa Halloween adalah perayaan yang berbeda dari festival panen tersebut. Kalau saya sendiri meyakini bahwa Halloween adalah pestanya para arwah-arwah atau roh-roh yang sudah lama meninggal dunia yang berkumpul menjadi satu bersama manusia dalam perayaan tersebut.

2. Jack O Lantern
Quote:
Jack O Lantern adalah kepanjangan dari Jack Of The Lantern. Jack O Lantern adalah sebutan untuk hiasan Halloween yang terbuat dari labu kuning yang sudah dipotong bagian atasnya. Kemudian labu tersebut diukir membentuk kepala makhluk yang menyeringai dan diisi cahaya berupa lilin dalam labu tersebut. Namun, ada fakta anehnya nih gansis mengenai Jack O Lantern tersebut. Jack O Lantern adalah sebuah istilah yang diambil dari legenda negara Irlandia. Jadi dimana dulu katanya ada seorang petani yang sangat malas sekali untuk bekerja. Tetapi dibalik kemalasannya tersebut dia juga sangat cerdas sekali. Dan petani itu adalah bernama Jack. Dengan kecerdasannya Jack pun mampu menipu setan dengan menggunakan sebuah salib sehingga membuat setan tersebut berjanji akan memasukkan Jack ke dalam neraka. Namun saat Jack meninggal dunia, ia tidak bisa masuk ke dalam neraka maupun masuk ke dalam surga seperti yang dilansir oleh brilio. Dalam arti kata bahwa roh Jack ditolak oleh setan dan juga ditolak oleh Tuhan. Akhirnya arwah Jack membuat lentera dari sebuah lobak yang besar yang diisi lilin dan meminta api dari neraka untuk menghidupkan lilin tersebut. Jadi sepertinya arwah Jack ini masih berkeliaran di dunia ini gansis sambil membawa lentera gitu. Sedikit seram juga sih ceritanya.

3. Trick Or Treat
Quote:
Trick or treat yang minta-minta permen itu sebenarnya berangkat dari praktik masyarakat Inggris di abad pertengahan. Dimana pada waktu itu anak-anak yang miskin ataupun pengemis berkeliling dari rumah ke rumah untuk meminta-minta dengan imbalan doa untuk jiwa-jiwa para pemberi dan untuk jiwa-jiwa mereka yang sudah meninggal juga seperti yang dilansir oleh grid.id. Dan ini adalah suatu kebiasaan Halloween tradisional. Namun ada juga varian yang populer saat sekarang ini. Dimana para anak-anak ditawarkan dengan suguhan makanan berupa permen dari bagasi mobil yang diparkir di depan pelataran sekolah atau lapangan luas. Dan bagasi mobil tersebut biasanya akan dihiasi dengan model dan gaya tema tertentu. Dan hal ini menjadi lebih populer karena dianggap lebih aman dari pada berkeliling dari rumah ke rumah.

4. Permen
Quote:
Karena permen adalah salah satu komponen yang penting dalam perayaan Halloween, maka pasti setiap orang harus menyediakannya sebelum malam trick or treat tiba. Nah, karena hal tersebut total pengeluaran penduduk Amerika untuk membeli permen itu mencapai sebanyak 2 trilliun dollar setiap tahunnya. Wah, kalau kita sendiri yang memakan permen sebanyak itu semuanya, mungkin kita bisa sakit gigi nih gansis (heheheh).

5. Labu
Quote:
Ya walaupun awalnya Jack O Lantern terbuat dari sebuah lobak, namun saat ini Jack O Lantern lebih populer menggunakan bahan labu ya gansis. Dan labu juga termasuk sebagai komponen yang penting dalam perayaan Halloween. Oleh karena itu, labu di Amerika 99% terjual hanya untuk digunakan untuk membuat Jack O Lantern ini. Hanya saja untuk saat ini Jack O Lantern sudah ada banyak inovasi gansis. Labu berbentuk Jack O Lantern kini ada yang terbuat dari bahan plastik atau bahan lainnya. Sehingga labu sudah jarang digunakan lagi sebagai Jack O Lantern. Ya kalau dipikir-pikir lumayanlah gansis karena bisa ramah terhadap labu (hehehe).

6. Kostum
Quote:
Pada saat perayaan Halloween tiba, maka orang-orang harus memakai kostum yang berpenampilan seram dan bebas. Dan biasanya juga penampilan mereka disertai dengan make up yang seram juga. Pokoknya tergolong seru deh perayaan Halloween ini karena semua orang baik anak-anak maupun dewasa berlomba-lomba untuk menampilkan kekreatifitasan mereka dalam membuat konsep kostum dan make up dirinya masing-masing. Baik itu konsep kostum setan, pendeta dan lain sebagainya. Namun, dibalik kebebasan berkostum itu ternyata di Alabama memakai kostum pendeta termasuk suatu aksi yang ilegal lo gansis seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Dan peraturan itu tidak hanya berlaku untuk perayaan Halloween saja. Namun sepanjang tahun kecuali untuk para pendeta sendiri.

7. Cabbage Night
Quote:
Ada sebuah kebiasaan yang tergolong sangat menarik dalam perayaan Halloween yaitu trick or treat yang dimana orang-orang berkeliling rumah memakai kostum yang seram. Nah, saat di depan pintu orang-orang tersebut akan mengetuk pintu. Dan setelah pintu itu dibuka oleh sang pemilik rumah kemudian orang-orang tersebut mengatakan trick or treat untuk mendapatkan permen dari sang pemilik rumah tersebut. Dan kebiasaan ini sudah berlaku sejak lama. Namun di beberapa kota di Amerika, kebiasaan ini pun sedikit berubah dari sebelumnya dan terlihat sedikit aneh. Dimana perayaan Halloween, mereka juga mempunyai kebiasaan yang lain dengan sebutan yaitu cabbage night. Cabbage night adalah dimana pada malam perayaan Halloween orang-orang tidak melakukan trick or treat lagi. Tetapi orang-orang melempari kubis ke rumah-rumah tetangga seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Wah, aneh juga ya gansis kebiasaan yang satu ini. Untung saja yang dilempari adalah kubis dari rumah ke rumah. Bagaimana kalau yang dilempari adalah batu, bisa-bisa terjadi perang antar keluarga nih (hehehe).

8. Pesta Terbesar
Quote:
Kalau di negara Indonesia selain hari raya keagamaan, perayaan apa lagi sih menurut agan sista paling besar dan dirayakan hampir semua orang? Kalau menurut saya adalah perayaan hari Kemerdekaan dan perayaan hari Sumpah Pemuda. Akan tetapi kalau di negara Amerika sendiri, ternyata Halloween menjadi pesta terbesar yang ketiga. Pesta besar yang pertama dan yang kedua di negara Amerika adalah Tahun Baru dan pesta olahraga Superbowl Sunday seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Wah, wajar saja kalau Halloween mereka rayakan setiap tahunnya ya gansis. Karena termasuk pesta terbesar di negara mereka. Akan tetapi walaupun Halloween bukan menjadi salah satu pesta terbesar di negara kita Indonesia, kita tidak ada salahnya juga jika ingin ikut merayakan Halloween tersebut.

9. Singkirkan Pisau Dan Kucing
Quote:
Ternyata di negara Jerman pada malam perayaan Halloween, diharuskan untuk semua orang agar menyembunyikan semua pisau yang ada di rumah mereka masing-masing. Hal ini dilakukan karena mereka khawatir roh yang akan datang ketika perayaan Halloween tersebut dapat melukai orang-orang disekitarnya. Namun, kalau di negara Amerika banyak para penampungan hewan melarang untuk tidak mengadopsi kucing yang berwarna hitam di sekitar tempat perayaan Halloween sedang berlangsung seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Hal ini dilakukan untuk mencegah kucing-kucing tersebut dijadikan sebagai hewan kurban untuk ritual tertentu dalam perayaan Halloween. Sedikit aneh dan menarik, namun sedikit mengunggah adrenalin juga ya gansis ketika kita mengetahui hal tersebut.

10. Samhainophobia
Quote:
Perayaan Halloween memang sangat menarik dan seru tentunya. Selain dianggap sebagai perayaan yang penting, namun ternyata dibalik keseruan perayaan Halloween ternyata ada juga yang phobia terhadap perayaan Halloween tersebut. Dan sebutan nama untuk orang yang phobia terhadap Halloween adalah bernama samhainophobia seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Samhainophobia berasal dari istilah celtic yaitu samhain yang berarti sebutan untuk festival panen yang dilakukan sebagai arti dari perayaan Halloween. Ternyata bukan hanya ada orang yang phobia sama ketinggian juga ya. Tapi ada juga yang phobia dengan pesta terbesar perayaan Halloween.

Nah, itu dia 10 fakta menarik dan aneh tentang Halloween. Bagaimana gansis, apakah agan sista juga merayakannya?
Tulis dikolom komentar ya.
10 Fakta Menarik Dan Aneh Tentang Halloween
Diubah oleh indriketaren
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di