alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Writer's Block Dari Kacamata Hadist
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c390d8012ae24cf55d0ae/writers-block-dari-kacamata-hadist

Writer's Block Dari Kacamata Hadist

Writer's Block Dari Kacamata Hadist
https://www.google.com/imgres?imgurl...ce=sh%2Fx%2Fim

Hai sahabat, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu berinovasi dalam kebaikan. Amiin.

Jika kalian adalah seorang penulis tentunya tidak asing lagi dengan istilah writer's block bukan!. Nah, kali ini aku mau bahas tentang Writer's block di tinjau dari perspektif hadist yang di analisis dengan metode tafsir tarbawi.

Writer's Block Dari Kacamata Hadist

Dari gambar di atas atas nama @baba.azzam (yang tak lain beliau juga guru saya). Terdapat 6 masalah pokok yang menjadikan seorang penulis mengalami writer's block. Apa saja?. Yuk simak baik-baik.

1. Lemah wawasan
Tentu teman-teman tahu bukan wawasan itu sangat penting agar ide-ide brilian dapat muncul, gak mungkin ide kita dapat dengan cara bermalas-malasan. Bukankah kita sudah di beri panca indra yang berharga. Pergunakan alat indra kita untuk menggali informasi informasi sebanyak-banyaknya. Mendengarkan radio, melihat berita, membaca dan aktifitas-aktifitas yang bisa memperkaya wawasan kita.

2. Gemar menunda
Entar dulu, ah masih lama, lima menit lagi lah, capek nih dan sederet alasan lainnya. Padahal saat kita mulai menunda untuk mengerjakan, maka akan malas untuk melakukannya lagi. Terlebih jika sudah ada kegiatan yang lain, pasti akan lupa. Seperti halnya ide, munculnya itu tiba-tiba. Gak peduli tempat dan kondisi. Muncul begitu saja. Nah, jika kita menunda untuk mengeksekusinya, dia akan mabur tuh ikut angin. Sayang banget bukan!.

3. Takut dikritik
Nah biasanya ini akan menyerang para pemula. Aduh ... Bagus gak ya?, aduh takut di ledek teman-teman nih kalau tulisannya jelek, nanti gak nyambung lagi. Hallo!, jika kita gak mau gerak dan melakukannya mana mungkin kita bisa. Bisa itu karena terbiasa. Jangan takut dikritik, justru dari sana kita akan tahu kemampuan yang kita miliki dan siap-siap untuk berbenah. Oke!.

4. Enggan bertukar pikiran
Entah itu karena malu atau udah ngerasa bisa. Daripada entar tersesat di jalan karena malu bertanya mending muka tembok alias gak tahu malu dulu aja, buat belajar. Toh, gak tahu malunya bukan untuk hal yang memalukan.

5. Overload proyek tulisan
Overload atau berlebihan proyek tulisan berarti menulis di luar kemampuan kita. Nah ini bisa bermakna dua arah. Yang pertama menulis bukan pada bidangnya. Semisal kemampuannya menulis fiksi, jangan mencoba menoleh pada non fiksi terlebih dahulu (bukan berarti tidak boleh ya!) fokuskan pada fiksi dulu. Yang kedua, bisa bermakna penulisan naskah yang terlalu banyak tetapi tak ada satupun yang kelar. Alamak. Ini akan membuat pusing diri sendiri, jangan-jangan akan tertukar nanti isi naskah yang satu dengan yang lain. Kan tidak lucu ya!.

6. Tekanan mental dari orang lain
Wiih senang ya bisa kayak mereka. Tulisannya tembus mayor, aduuh jadi gak PD. Iya apa iya!. Seringkan kita ngerasa pusing karena pingin bisa kayak Kang Abik, Bunda Asma Nadia dan sederet penulis kece lainnya. Hei, hei, hei bangun say, jangan kelamaan mimpinya. Beliau-beliau sukses juga butuh proses kali, cuma kita aja yang gak ngerti perjalanan beliau dalam meniti karir. Gak mungkin asal jebul langsung sukses kan!.

Semoga bermanfaat.

[URL=https://www.instagram.com/p/B2vCi0Onne-
]Referensi[/URL]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sofiayuan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
semoga bermanfaat🤗
profile-picture
betiatina memberi reputasi
writer's block di lihat berdasarkan hadist
profile-picture
betiatina memberi reputasi
makasih ilmunya gan
Quote:


Sama-sama semoga bisa bermanfaat☺
profile-picture
betiatina memberi reputasi
dapat ilmu 🤗
profile-picture
sofiayuan memberi reputasi
nice infonya emoticon-Matabelo
profile-picture
sofiayuan memberi reputasi
Wowww ... bagus nih. Diambil dri sudut pandang yg berbeda, hingga menjadi booming. he
profile-picture
sofiayuan memberi reputasi
nice thread, tata cara penulisan linknya dibenahi lagi ya,kak
Quote:


Makasih kak ila🤗
profile-picture
ilafit memberi reputasi
Kalo dari kacamata ane, gelap.
emoticon-Cool
Quote:


Di lepasin dulu kak kacamatanya, biar kelihatan😂


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di