alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
RI-Belanda Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Terorisme
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c36ddc9518b746c38327b/ri-belanda-perkuat-kerja-sama-penanggulangan-terorisme

RI-Belanda Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

RI-Belanda Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

JPP, BOGOR - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius melakukan pertemuan bilateral dengan Kepala National Coordinator for Security and Counterterrorism (NCTV) Belanda Pieter-Jaap Aalbersberg di Kantor BNPT, Kompleks IPSC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

Dalam pertemuan tersebut, dibahas tentang pertukaran informasi terkait perkembangan terkini ancaman terorisme di masing-masing negara. Keduanya juga bertukar informasi mengenai strategi dan upaya yang telah dan akan dilakukan dalam menangani persoalan tersebut.

Pada kesempatan ini, kedua negara menyepakati untuk meningkatkan kerja sama melalui pelatihan bersama yang akan dibicarakan lebih lanjut oleh kedua pihak melalui jalur diplomasi.

Berbicara mengenai kelanjutan kerja sama RI-Kerajaan Belanda terkait penanggulangan terorisme, Kepala BNPT mengungkapkan bahwa realisasi kerja sama tersebut menjadi aspek yang paling penting tidak hanya sebatas perjanjian formal.

“Kerja sama yang akan kita lakukan bukan hanya sekedar di atas kertas namun aktifitas yang betul-betul menyentuh, kita akan saling bertukar expertise agar saling berbagi bagaimana cara mengatasi permasalahan terorisme,” ungkap Kepala BNPT.

Selanjutnya, terkait salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan ini, yaitu mengenai bagaimana mengatasi kembalinya para deportan Foreign Terrorist Fighter (FTF), Kepala BNPT menilai bahwa program-program deradikalisasi metode BNPT bisa jadi pelajaran yang dapat dipelajari oleh berbagai negara, karena saat ini isu FTF telah menjadi perhatian dunia internasional.

“Kemarin NCTV sudah pernah mengirimkan perwakilan untuk berkunjung ke Sei Mencirim tempat BNPT Melakukan program deradikalisasi. Ini jadi salah satu bahasan di Belanda bagaimana kita mengimplementasikan pendekatan para kelompok FTF maupun eks-teroris agar tidak dimarjinalkan tetapi bagaimana berintegrasi sosial ke masyarakat,” ujar Kepala BNPT.

Sementara itu, Kepala NCTV mengungkapkan pihaknya senang ada hal baru yang bisa dibawa ke Belanda dan akan diimplementasikan di sana.

"Fakta bahwa kita bisa belajar mengenai deradikalisasi dari Indonesia, Saya percaya bisa belajar mengenai dari kolega baik kita di Indonesia,” ungkap Pieter-Jaap Aalbersberg.

Pertemuan bilateral ini merupakan tindak lanjut kerja sama yang telah terjalin dalam penanggulangan terorisme. Perlu diketahui, sebelumnya BNPT dan NCTV telah memiliki Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dalam bidang kerja sama penanggulangan terorisme yang ditandatangani pada 19 Juli 2019.

Beberapa implementasi MoU yang tercantum di dalamnya adalah pertukaran informasi, pertukaran pandangan, pengalaman, pembelajaran, dan praktik terbaik dalam penanggulangan terorisme.

Selain itu, implementasi MoU pun berupa memperkuat pengembangan kapasitas dan kemampuan melalui penyelenggaraan seminar dan konferensi, pelatihan, dan pendidikan. (bnpt)


Sumber : https://jpp.go.id/polhukam/hankam/33...ngan-terorisme

---

Kumpulan Berita Terkait POLHUKAM :

- [img][/img] Program Digitalisasi Sekolah Diluncurkan di Natuna

- RI-Belanda Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Terorisme Digitalisasi Sekolah, Mudahkan Sekolah di 3T Mengakses Sumber Belajar

- RI-Belanda Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Terorisme Perdagangan Hingga Pendidikan, Fokus Kerja Sama Indonesia-Hongaria

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di