alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Alat Musik sasak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c2db382d49530e130a31b/alat-musik-sasak

Alat Musik sasak

Alat Musik sasak

Masyarakat Nusa Tenggara Barat yang berada di Lombok berasal dari suku Sasak sementara sebagian besar yang ada di Pulau Sumbawa berasal dari suku Bima dan Sumbawa dengan kebanyakan penduduk beragama Islam. Sejarah juga mengatakan bahwa NTB adalah wilayah bekas jajahan dan banyak budaya yang masuk dari luar karena inilah NTB memiliki cukup banyak alat musik tradisional yang dapat ditemukan.
1. Pareret

Gambar Alat Musik Tradisional NTB Pareret
Pareret merupakan alat musik yang bahan utamanya adalah bambu, memiliki bentuk seperti terompet dan cara memainkannya pun sama seperti terompet, alat musik tradisional NTB ini sering dimainkan dalam musik orkestra dan berfungis sebagai pembawa melodi. Alat musik tradisional Pareret banyak ditemui di Lombok atau lebih tepatnya Lombok bagian Barat (dibawa oleh orang-orang dari Bali) dan alat musik ini juga ada di daerah Karangasem namun tidak terlalu banyak.
Dalam pembuatan alat musik Pareret terkesan unik karena hari pembuatannya tidak boleh asal dan harus hari yang baik sesuai dengan hitungan “Pahing”. Saat hari pembuatannya masyarakat biasanya menyediakan sesajen yang berisi beras, kepeng bolong, benang kotak setukel dan buah pinang.
Sesajen ini diyakini sebagai pelindung untuk pembuat agar saat membuat mata mereka tidak merah dan berair. Alat musik tradisional Pareret sering dimainkan waktu upacara persembahyangan dan ulang tahun pura untuk masyarakat Bali yang berada di Lombok Barat.
2. Satong Srek

Gambar Alat Musik Tradisional NTB Satong Srek
Alat musik tradisional ini terbuat dari bahan bambu dan seng, bambu ini digunakan sebagai bahan utamanya dan pada salah satu bagian permukaannya akan diberi seng yang tajam dan kasar. Seng inilah yang akan dipukul atau digesek untuk menghasilkan suara.


Satrong srek berfungsi sebagai alat musik pelengkap pada orkestra tradisional, atau mungkin kalian ingin mencoba menggunakan alat musik ini untuk latihan tapi suara yang dihasilkan mungkin tidak begitu bagus seperti alat musik tradisional lainnya. Selain untuk pelengkap orkestra tradisional alat musik tradisional NTB ini juga sering digunakan untuk mengiringi tari-tarian daerah, contohnya Tari Nguri, Badede, Bulan Kasandung, dan sebagainya.
3. Genggong

Gambar Alat Musik Tradisional NTB Genggong
Alat musik genggong sering digunakan hanya sebagai pengiring lagu-lagu dengan laras Slendro. Cara memainkan alat musik tradisional ini adalah dengan memegang menggunakan tangan kiri dan genggongnya ditempelkan di bibir pemain lalu tangan kanan pemain digunakan untuk memetik benang yang diikatkan dengan cara seperti itu akan memunculkan suara.
Dan untuk merubah nada yang dihasilkan alat musik tradisional NTB ini adalah dengan cara mengubah posisi rongga mulut yang disini berfungsi sebagai lubang resonansi. Di Nusa Tenggara Barat, genggong dibagi menjadi 2 yaitu genggong lanang dan genggong wadah.
4. Gula Gending

Gambar Alat Musik Tradisional NTB Gula Gending
Gula Gending ini terbuat dari seng dan bahan tekstil (material fleksibel dari tenunan benang), alat musik ini sangatlah unik karena sebenarnya alat musik tradisional ini adalah alat yang digunakan masyarakat untuk menjual gula kapas dan dari situlah alat musik ini diberin nama yang unik yaitu Gula Gending. Dan dalam bahasa Sasak, Tongkaq adalah tempat untuk menyimpan gula.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di