alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
13 Orang jadi tersangka kerusuhan Wamena, 3 buron
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c2d66337f9347b338406f/13-orang-jadi-tersangka-kerusuhan-wamena-3-buron

13 Orang jadi tersangka kerusuhan Wamena, 3 buron

13 Orang jadi tersangka kerusuhan Wamena, 3 buron
Orang-orang berkumpul ketika asap mengepul dari gedung-gedung yang terbakar selama aksi unjuk rasa di Wamena, Provinsi Papua, Indonesia, Senin (23/9/2019).
Kepolisian Republik Indonesia terus menelusuri pihak-pihak yang terlibat dalam kerusuhan di Wamena, Papua. Setelah pada September lalu jumlah tersangka baru lima orang, per Selasa (8/10/2019) sudah bertambah menjadi 13.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Papua, Komisaris Besar Ahmad Mustofa Kamal, mengatakan dari 13 orang yang menjadi tersangka, baru 10 ditahan. Sedangkan sisanya menjadi buronan.

Sepuluh orang yang diamankan Polda Papua adalah DM (19), RW (18), AU (16), RA (16), AK (19), DC (32), YP (22), ES (27), NT (27) dan SK (40). Beberapa di antara mereka masih berstatus sebagai pelajar sekolah menengah atas (SMA/SMK).

Sementara tiga orang yang masuk DPO Polda Papua adalah YA, P dan MH yang disebut punya peran cukup sentral. "Mereka yang masuk dalam DPO ini bisa dikategorikan sebagai provokator," kata Kamal dalam Kompas.com.

Para tersangka yang masih buron itu diduga merupakan bagian dari anggota Komisi Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). Kepolisian bakal menjerat mereka dengan Pasal 160 (penghasutan), 170 (kekerasan), dan 187 (pemufakatan jahat) KUHP.

Mnukwar Melky Beanal, Sekretaris Jenderal KNPB, membantah ada sejumlah orang anggotanya yang ditangkap dan menjadi tersangka. Menurut Melky, tak ada seorang pun anggota organisasinya yang ikut turun dalam kerusuhan di Wamena bulan lalu.

"Kami tidak tahu menahu dengan kerusuhan di Wamena itu. (Perusuh) itu kan siswa-siswa saja," ucap Melky melalui telepon kepada Beritagar.id, Selasa (8/10) yang juga mengaku belum tahu soal kabar terbaru ini.

Selain KNPB dan ULMWP, kata Asep, pihaknya juga mendeteksi adanya peranan kelompok bersenjata yang melakukan aksi. Kendati demikian penyidik masih mendalami dan melakukan pengejaran anggota kelompok bersenjata yang diduga terlibat.

Sementara itu barang bukti yang diamankan adalah 34 buah batu untuk menyerang, satu unit motor yang terbakar, satu unit kendaraan roda empat, dan rekaman video yang disita sebagai bukti petunjuk. Rekaman video itu diduga sebagai rekaman yang diviralkan sebagai hoaks.
Kepolisian bersiaga
Sejauh ini, kondisi di Wamena mulai pulih seperti sedia kala. Meski demikian, pengungsi akibat kerusuhan tersebut masih banyak, setidaknya ada di 22 lokasi dengan jumlah sekitar 5.000 orang. pengungsi terbanyak berada di Polres Jayawijaya, Kodim Jayawijaya, Koramil, dan Lapangan Udara Wamena.

Toko-toko dan kios-kios yang menjual aneka bahan kebutuhan pokok dibuka dengan pengamanan penuh oleh aparat TNI dan Polri. "Kami juga mendorong agar aktivitas belajar dan mengajar di sekolah-sekolah bisa dimulai kembali," kata Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigjen Jacobus Marjuki, Senin (8/10).

Walau kondisi mulai pulih, aparat keamanan masih bersiaga. Apalagi, aparat masih mendengar akan ada aksi unjuk rasa yang bisa berujung ricuh di wilayah itu. Oleh karena itu, setidaknya ada 6.000 anggota kepolisian masih berjaga di Wamena.

"Kita jamin keamanan di Wamena. Sekitar enam ribu personel masih ada di Papua untuk mengamankan. Kita menduga masih ada aksi-aksi yang memicu kerusuhan," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, yang dikutip dalam CNN Indonesia.
13 Orang jadi tersangka kerusuhan Wamena, 3 buron


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...wamena-3-buron

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 13 Orang jadi tersangka kerusuhan Wamena, 3 buron Ekonomi digital Indonesia unggul di ASEAN, nilainya capai Rp567 T

- 13 Orang jadi tersangka kerusuhan Wamena, 3 buron Dana hibah Rp1,9 triliun mengucur untuk Sulawesi Tengah

- 13 Orang jadi tersangka kerusuhan Wamena, 3 buron Pedofil di Kendari divonis 20 tahun penjara

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di