alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Azyumardi Azra: Ancaman Radikalisme terhadap Pancasila Itu Riil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c2a54a72768618e055bdd/azyumardi-azra-ancaman-radikalisme-terhadap-pancasila-itu-riil

Azyumardi Azra: Ancaman Radikalisme terhadap Pancasila Itu Riil

Azyumardi Azra: Ancaman Radikalisme terhadap Pancasila Itu Riil


"Pancasila itu kalau nggak hati-hati berhadapan dengan ideologi lain itu bisa kalah. Karena itu ancamannyaa riil. Ancaman radikalisme itu riil. Kemarin ada dosen yang simpan bom molotov di rumahnya," kata Azyumardi dalam acara Dialog Kebangsaan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (6/10/2019).

Baca juga: Jokowi Diusulkan untuk Buat Perppu Penangguhan Revisi UU KPK

Ia mengatakan Pancasila memang telah berhasil menjadi pemersatu bangsa Indonesia. Namun Azyumardi berpendapat Pancasila harus diperkuat. Menurut Azyumardi, bangsa Indonesia tidak bisa selama-lamanya selalu menganggap Pancasila itu sakti.

"Memang betul pertama mengenai Pancasila sakti. Saya kira Pancasila itu sakti atau tidak tergantung dinamika internal kita. Kalau kita sebut sakti, ya bukan seperti jimat yang kebal tak terkalahkan," tuturnya.

Azyumardi mengatakan perlu ada ada rejuvenasi, revitalisasi, dan resosialisasi Pancasila. Jika tidak, ia khawatir Indonesia bakal menghadapi bahaya.

"Kalau Pancasila ini tidak kita revitalisasi, maka Indonesia di ambang bahaya. Meski saya lihat kita nggak ada alternatif lain selain Pancasila," kata Azyumardi.

Baca juga: Sudah Terpilih, Pimpinan MPR Baru Diharapkan Selesaikan Tugas Ini

"Oleh karena itu, Pancasila harus diperkuat terus-menerus. Tidak cukup hanya bilang Pancasila sakti. Sementara ketidakadilan di mana-mana. Kita harus mendekatkan Pancasila dengan kehidupan kita sehari-hari," imbuh dia.

Menurutnya, hal ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua. Tak hanya membumikan nilai-nilai Pancasila untuk rakyat, tapi juga bagi para elite politik. Azyumardi menyinggung oligarki, yang dinilai kini telah mencederai sila keempat Pancasila.

"Saya kira Jokowi lima tahun ke depan harus serius betul mendekatkan Pancasila dengan kehidupan sehari-hari," kata dia.

"Kesaktian Pancasila itu harus diikuti usaha serius untuk mendekatkan cita-cita Pancasila, begitu juga elite politik. Elite politik semakin oligarki, semakin menodai sila keempat," kata Azyumardi.



(tsa/tor)


Detik sumber


Bahaya banget emang radikal yg suka meledak sembarangan, bayangin aja ente lagi tenang damai tiba2 ada yg meledug terus banyak korban jiwa berjatuhan gegara ajaran yg radikal ini, apa kagak ngeri emoticon-Takut

Azyumardi Azra: Ancaman Radikalisme terhadap Pancasila Itu Riil

Azyumardi Azra: Ancaman Radikalisme terhadap Pancasila Itu Riil

Azyumardi Azra: Ancaman Radikalisme terhadap Pancasila Itu Riil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uglys111 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kenpachiku
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Ideologi lain itu apa?
kenapa ga berani ngomong kalo ideologi tsb adalah ISLAMISME ?
profile-picture
profile-picture
tukangbolos dan kenpachiku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post sweetjulia
Quote:


Iya udah jelas lah ideologi radikal, termasuk uclim radikal

emoticon-Traveller
profile-picture
buahduku memberi reputasi
kenapa sering menyudut kan umat islam soal radikalisme dan terorisme, what happens ? tidak semua islam tuh radikal yang radikal itu tidak tahu apa yang dikerjakan, islam itu indah dan sejuk apa apa radikal hadeuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post ari_kasus
Quote:


Kenyataannya demikian, kalau ente search aja di search engine yg sering muncul ya itu

Terus apa yg harus ditutupi, semua mata melihat, semuanya juga sudah tau emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
icewalker91 dan buahduku memberi reputasi
Apa yg bisa diharapin sama pemerintahan PDIPret? beraninya cuma sama mahasiswa & minoritas. Sama gerombolan pemuja Khilafuck kicut. Tuh UAS, Rizieq, Munarman, Thuwailibi, Sobri Lubis kapan mau ditangkep?
Mantan teroris ISIS juga malah dibolehin pulang. Terus ngesahin RUU KUHP pula utk menyenangkan kubu PKS.

emoticon-fuck
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Diubah oleh raff.s
Lihat 1 balasan
Ya begitulah
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Mmmm. Nyimak doang dech.
kalo soal itu, semua orang juga udah pada tau.
masalahnya yang punya kuasa jan santai saja tuh, mungkin the grand scheme memang merancang indonistan jadi khilafuck dan pusat terorisme di asia tenggara.
profile-picture
profile-picture
simsol... dan BANNED.USER memberi reputasi
Lihat 4 balasan
G30S/FPI emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post bodico
Quote:


Bisa aja ditangkap satu2 tapi kan tauk sendiri di polisinya sendiri aja udah terpapar radikalisme itu polwan aja ada yg ditangkap

Belum lagi netizen uclim nasbung kampret, ditangkap n diperiksa aja langsung teriak kriminalisasi emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
simsol... dan buahduku memberi reputasi
hoax ah

aparatnya diem aja

berarti gak ada masalah

emoticon-Wakaka emoticon-Angkat Beer
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Balasan post kenpachiku
Quote:


Bisa aja sih kalau pemerintahnya tegas kayak Harto dulu.

Lah ini mantan ISIS aja malah dibolehin pulang.
Diubah oleh raff.s
Radikalisme terrorisme belakangan jadi penyempitan makna. Cuma tertuju sama 1 golongan aja. Padahal dari jumlah korban yang dituduh terorisme sama KKB yang di Papua masih banyakan di Papua. Bahkan pembunuhan nya dah macam ISIS bakar orang nggak bersalah, anak kecil di kapak kepalanya emoticon-Takut (S)

Kalau dari segi ideologis hampir mustahil ganti Pancasila. Secara kelompok mereka masih kecil, kalaupun membesar bisa apa mereka? Mereka aja mengharamkan demokrasi. Mau ganti sistem gimana caranya? Revolusi? Senjata nya darimana? Mereka itu cuma orang bingung yang nggak paham agama dengan utuh. ______emoticon-Ngacir
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Quote:


Ntar pada teriak neo orba...
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
simsol... dan kenpachiku memberi reputasi
Balasan post bodico
Quote:


Kalo khilafah & pusat terorisme, kurang tau juga.
namun, perlu dilihat bahwa golongan koalisi dari ijo2, adalah parpol dengan ideologi islamisme.

sedangkan islamisme sendiri, bertujuan utk menerapkan hukum2 islam dalam segala sendi kehidupan.
salah 1 contohnya? Ya pasal2 gurun dalam rkuhp yg di racik oleh sekjen parpol ijo tersebut.
atau contoh lain, penolakan/penundaan atas ruu-pks oleh wapres terpilih yg juga ketum majelis nganu dimana pada masa pilpres, si ketum tersebut diajukan menjadi cawapres oleh golongan ijo2 juga.

jadi apapun warna parpolnya, ijo, biru, putih, atau bahkan hitam, tujuan mereka semua sama...
yg membedakan hanyalah pro tahlil dan kontra tahlil.
profile-picture
profile-picture
buahduku dan kenpachiku memberi reputasi
Diubah oleh sweetjulia
radikalisme ada FAKTA, PKI ADALAH HOAX, nach sekarang jawab yg bener dan jujur, gerombolan sebelah mana yg doyan jualan KHILAFUCK
profile-picture
bayukuya1988 memberi reputasi
sesuatu yang gagal implementasi di negara asalnya, masih nekat dibawa masuk dan ingin diterapkan di Indonesia yang sudah dari ratusan tahun lalu sudah berhasil membentuk negara dengan azas yang dapat mengayomi semua perbedaan yang ada. sumbernya pun dari islam.

bangsa arab yang terdiri dari 1 bangsa pun terpecah menjadi beberapa negara walaupun notabene beragama mayoritas yang sama.

bangsa eropa dan amerika pun terpecah menjadi beberapa negara walaupun notabene beragama mayoritas yang sama.

bangsa china dan rasa mongoloid lainnya pun terpecah jadi beberapa negara walaupun notabene beragama mayoritas yang sama.

sedangkan Indonesia bermacam suku bangsa, etnis, dan agama bisa hidup rukun dan damai dalam 1 bentuk negara kesaturan Republik Indonesia.


emoticon-Shakehand2
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Selama uclim masih ada maka radikalisme dan terorisme akan tetap ada, percayalah emoticon-Traveller
profile-picture
BANNED.USER memberi reputasi
makanya sampe dibentuk BPIP
tapi mereka kerjanya ngapain? indikator prestasinya apa? emoticon-Leh Uga
jokowi pastinya jauh lebih pintar dari si azyumardi azra yg cuma bisa ngebacot doang.

pengen terkenal or cari panggung, ya contoh aja banser dan sejenisnya yg selalu mengangkat isu soal pelengseran jokowi dan kilapak.
padahal sebenarnya kemungkinan kudeta di Indonesia itu 0 (nol).
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di