alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menguak Legenda Mistis Halloween
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c1f6048c38d7a62623b1b/menguak-legenda-mistis-halloween

Menguak Legenda Mistis Halloween

Menguak Legenda Mistis Halloween



Menguak Legenda Mistis Halloween

Menguak Legenda Mistis Halloween

emoticon-Big Kiss .NONA. emoticon-Big Kiss

Menguak Legenda Mistis Halloween

Quote:


Menguak Legenda Mistis Halloween

sumber gambar


Di akhir bulan oktober banyak orang akan merayakan peringatan Halloween, maka akan terlihat banyak cafe dan mall di Indonesia mulai mempercantik diri dengan pernak pernik khas dari Halloween. Jelas sekali Halloween di Indonesia hanya sebagai hiburan dan bisnis tidak terlihat hal tersebut adalah sebuah budaya.

Sedangkan di negara asalnya yaitu Irlandia Halloween bukanlah hiburan dan bisnis semata tapi merupakan budaya dari nenek moyang mereka, dan peringatan itu rutin dilakukan setiap tahunnya untuk memperingati arwah para leluhur yang sudah meninggal.

Halloween sebenarnya bisa dibilang berakhirnya musim tanam dan beralih ke musim dingin sebagai tradisi rakyat. Walau berasal dari Irlandia tapi Halloween banyak di peringati oleh masyarakat Amerika Serikat yang awalnya budaya tersebut dibawa oleh orang Irlandia yang menempati Amerika Utara hingga akhirnya tradisi inipun kini sudah mendunia hingga ke banyak negara.

Menguak Legenda Mistis Halloween

sumber gambar

Untuk menguak perayaan Halloween ini lebih jauh maka para peneliti memeriksa banyak script kuno di Irlandia hingga di dapatkan cerita bahwa dahulu nama festival ini bukan Halloween namun Samhain, bila memakai bahasa Irlandia kuno tulisannya samain, dan artinys adalah summer's end atau akhir musim panas. Di peringati setiap tahunnya oleh bangsa kelt atau celtic, suku ini dikenal di kawasan eropa tengah. Bisa dibilang festival ini adalah tahun baru untuk bangsa kelt.

Zaman dulu mereka masih menganut paganisme, pada festival samain mereka juga menyembelih hewan ternak dan menimbun berbagai hasil panen untuk keperluan ketika musim dingin datang. Dan mereka juga percaya bahwa di tanggal 31 oktober pembatas dunia orang mati dan yang masih hidup terbuka. Arwah mereka yang telah meninggal akan membahayakan bagi diri mereka yang masih hidup.

Di sinilah orang kelt akhirnya setelah menyembelih hewan ternak mereka lalu membuat api unggun dan membakar tulang-tulang hewan yang telah disembelih, sambil memakai topeng dan kostum berpura-pura sebagai arwah jahat agar berdamai dengan arwah yang sudah meninggal tersebut. Perayaan inilah yang saat ini berubah nama menjadi Halloween.

Menguak Legenda Mistis Halloween

sumber gambar

Namun peneliti sejarah tidak semuanya setuju tentang festival samain adalah awal dari festival Halloween mereka ada yang berbeda pendapat tentang hal itu, mereka menilai Halloween adalah hari yang di peringati untuk All Saints' Day atau All Hallows' Mass, yang dirayakan pada 1 November. Karena Halloween sendiri merupakan kependekan dari All Hallow's Even yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow. Yang disebut all saints Holly Day.

Bahkan tradisi trick or treat para ahli sejarah menilai adalah sebuah tradisi 'mumming' dan 'guising'. Dimana saat itu orang menyamarkan diri dengan berkostum dan meminta makanan dari pintu ke pintu. Di abad pertengahan ketika perayaan Hallowmas pada 1 november banyak orang miskin meminta makanan dan mereka pun berdoa kepada pemberi makan dengan berdoa untuk keluarganya yang sudah meninggal.

Namun di Amerika pada tahun 1800 pesta Halloween terkesan lebih nakal dan vandalisme seperti melempari pintu rumah dengan telur, hingga akkhirnya petugas kota tersebut pun membuat kebijakan agar anak-anak digiring melakukan trick or treat dengan lebih aman, tidak ada aksi vandalisme lagi.

Menguak Legenda Mistis Halloween

sumber gambar

Untuk labu Halloween sendiri ada legenda terkenal berawal dari cerita mistis seorang petani mabuk asal Irlandia yang bernama Jack, ia berurusan dengan alam kematian dan setan disini Jack membuat lentera dari lobak berbentuk huruf O untuk membimbing jiwanya yang tersesat, kisah sang petani ini lebih dikenal sebagai Jack "O".

Berhubung di Amerika Labu sangat banyak dan mempunyai bentuk O maka hiasan labu menjadi pengganti warga Irlandia di Amerika Utara dengan ukiran yang seperti sekarang ini dapat kita nikmati.

Menguak Legenda Mistis Halloween

sumber gambar

Itulah sedikit tentang ulasan Halloween beserta legenda mistisnya, semoga thread ini bermanfaat ya gan.




emoticon-Angel

"Tulisan Serius Tapi Santai"
--------------------------------------
Tulisan : .nona.
referensi : Klik
Pic : google

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News





Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di