alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c18efc820844a5051063f/sejarah-singkat-illuminati-segitiga-mata-satu-dan-novus-ordo-seclorum

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum
Beberapa bulan lalu, ada satu berita yang menarik perhatian umat muslim. Berita tersebut adalah berita tentang sebuah masjid yang menjadi viral karena dihubungkan dengan sebuah gerakan anti agama global yang bertujuan untuk menguasai dunia. Masjid itu bernama Masjid Al Safar yang terletak di Km 88 Tol Cipularang, Jawa Barat. Masjid hasil karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini dianggap berhubungan dengan sebuah gerakan anti agama global bernama Illuminati, karena desain masjid ini, terutama desain mihrabnya, menyerupai lambang segitiga dengan gambar mata satu di tengahnya. Apalagi ketika Ustadz Rahmat Baequni dalam pemaparannya tentang Paganisme Moderen di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Kota Bandung bulan Juni 2019, menyinggung tentang Masjid Al Safar dan sebuah kalimat berbahasa latin yang sangat terkenal dalam dunia teori konspirasi global, yaitu: Novus Ordo Seclorum. Ditambah lagi dengan tuduhan kepada negara khadimul haramainArab Saudi yang dituduh memiliki bangunan bersimbolkan illuminati seperti: Tugu Bolla di Jeddah, Tugu Atom di Jeddah, Monumen Jeddah Eye, Menara Jam Mekah, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, wajar jika muncul pertanyaan: Apa itu Illuminati? Benarkah Masjid Al Safar dan landmark-landmark di Arab Saudi itu ada hubungannya dengan Illuminati? Benarkah simbol segitiga bermata satu merupakan representasi dari Illuminati? Apa itu Novus Ordo Seclorum?

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

Mihrab Masjid Al Safar ini tidak ada hubungannya dengan Illuminati


Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum
Jeddah Eye dan monumen-monumen lainnya pun tidak ada hubungannya dengan Illuminati

Illuminati dan Johann Adam Weishaupt

Berbicara tentang Illuminati, maka wajib hukumnya untuk membahas terlebih dahulu tentang mendiang Adam Weishaupt alias Johann Adam Weishaupt, sang pendiri gerakan Illuminati. Johann Adam Weishaupt adalah seorang Yahudi-Jerman yang lahir pada tahun 1748 di Ingolstadt, Kerajaan Bavaria, Jerman. Tumbuh dan besar di lingkungan keluarga berpendidikan Katolik Roma Ordo Jesuit yang ketat, Weishaupt muda yang berotak cerdas dan mahir berbahasa Czech, Italia, Yunani, dan Ibrani, ternyata tidak pernah menyukai dengan didikan seperti itu. Akibatnya, Weishaupt menolak untuk menjadi pastor dan misionaris. Pada tahun 1770 (di usia 22 tahun), dia lebih memilih menjadi profesor di bidang hukum gereja di Univesitaet Ingolstadt. Pekerjaannya sebagai profesor semakin memperbesar rasa tidak sukanya kepada ajaran-ajaran Katolik Roma yang menurutnya membelenggu akal sehat dan tidak humanis. Weishaupt pun kemudian mulai tertarik kepada okultisme (ilmu sihir), terutama ketika mempelajari manuskrip-manuskrip ajaran kepercayaan Kabbala (ilmu sihir kaum majusi) yang ada di perpustakaan kampusnya.

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

Pada 1771, Weishaupt membentuk sebuah komunitas rahasia pelaku okultisme ajaran Kabbala bernama Perfektbilisen(yang sempurna). Lalu 5 tahun kemudian, Weishaupt mengubah nama Perfektbilisen menjadi Illuminati  (yang tercerahkan). Dengan simbol berlambangkan circumpunkt (lingkaran bergambar titik di tengahnya), Illuminati memiliki visi "menyelamatkan" umat manusia dengan cara perombakan total, serta memiliki 5 misi utama, yaitu:
1. Menumbangkan semua bentuk kerajaan
2. Menghapus kepemilikkan pribadi dan warisan
3. Menghilangkan kecintaan kepada tanah air
4. Menghapus kehidupan keluarga, perkimpoian, dan pendidikan komunal bagi anak-anak
5. Menghapus semua agama yang ada.

Dalam kurun waktu 6 tahun (1776-1784), Illuminati telah berhasil menghimpun manusia-manusia “terbaik” dan “paling cerdas” di hampir setengah benua Eropa. Keberhasilan ini pun telah menarik perhatian kelompok Freemasonry (komunitas rahasia anti agama di Eropa yang usianya lebih tua daripada Illuminati), sehingga Illuminati mendapatkan undangan kehormatan untuk menghadiri Kongres Freemasonry di kastil milik Meyer Amschel Rothschild di Wilhelmsbad, Jerman pada tahun 1782.

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

Circumpunct: Lambang Illuminati

Namun sebelum Illuminati berhasil mewujudkan visi dan misinya, Raja Bavaria memberangus Illuminati pada tahun 1784, karena dipandang membahayakan eksistensi kerajaan. Akibat dari pemberangusan ini, Weishaupt dan anggota Illuminati lainnya banyak yang bergabung ke Freemasonry karena kesamaan visi dan misi dengan Illuminati. Freemasonry ketika itu dipimpin oleh Frederick The Great alias Friedrich II dari Prusia. Johann Adam Weishaupt meninggal pada tahun 1830 di tempat persembunyiannya di kota Gotha, Jerman

Segitiga Bermata Satu dan Novus Ordo Seclorum

Bila dilacak jejak sejarahnya, diketahui bahwa simbol segitiga bermata satu berasal dari ikonografi Eropa abad pertengahan dan masa Renaissance (tahun 1300-1600). Gambar segitiga mengandung arti ajaran Trinitas Kristen, dan gambar mata satu merepresentasikan “mata tuhan yang melihat segalanya”. Simbol segitiga bermata satu paling tua bisa dilihat pada lukisan bernuansa nasrani tahun 1525 karya Jacopo da Carruci Pontormo berjudul: The Supper at Emmaus. Lantas, bagaimanakah simbol segitiga bermata satu “bisa bertemu” dengan novus ordo seclorum?

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

The Supper at Emmaus

“Pertemuan” segitiga bermata satu dengan novus ordo seclorumhanya terjadi dalam lambang kenegaraan Amerika Serikat yang resmi digunakan sejak tahun 1782, yaitu The Great Seal of The United States. Dalam proses pembuatannya selama 6 tahun (1776-1782), The Great Seal of The United States melibatkan 11 orang yang tergabung dalam The Great Seal Committee yang dibentuk sampai 3 kali setiap 2 tahun. The Great Seal Committee yang pertama dipimpin oleh salah seorang founding fathers bangsa Amerika Serikat dan sekaligus seorang freemasonry bernama Benjamin Franklin. The Great Seal of The United States yang bisa dilihat pada uang kertas pecahan 1 dollar Amerika Serikat ini terdiri dari 2 gambar utama, yaitu gambar piramida bermata satu yang merupakan pengembangan dari simbol segitiga bermata satu, dan gambar burung elang. Dalam dunia teori konspirasi global, gambar piramida bermata satu merupakan gambar paling kontroversial karena dianggap sebagai mata Lucifer (iblis dalam keyakinan Kristen).

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

The Great Seal of The United States

Sementara itu, penerjemahan simbol-simbol dalam The Great Seal of The United Statesversi resmi kenegaraan Amerika Serikat adalah sebagai berikut:

  • Segitiga bermata satu disebut: eye of providence (mata Tuhan yang maha melihat)
  • Piramida melambangkan perjalanan sejarah bangsa Amerika Serikat yang senantiasa akan terus terbangun hingga akhir jaman
  • Annuit Coeptis, artinya: Dia (Tuhan) merestui upaya kita
  • Novus Ordo Seclorum, artinya: Tatanan baru segala jaman
  • Tulisan E Pluribus Unum pada pita di atas sayap burung adalah semboyan negara Amerika Serikat yang secara harfiah berarti: "dari banyak menjadi satu"
.[/justify]
Dengan demikian, simbol segitiga bermata satu atau piramida bermata satu dan Novus Ordo Seclorummerupakan hasil pemikiran Freemasonry, bukan Illuminati. Di samping itu, semua simbol atau gambar segitiga dengan lingkaran seperti mata di tengahnya tidak harus selalu dipandang sebagai simbol Freemasonry, dan semua simbol atau gambar lingkaran dengan titik di tengahnya pun tidak harus selalu dipandang sebagai simbol Illuminati. Hal paling pentingnya adalah semua simbol atau gambar segitiga dengan lingkaran seperti mata di tengahnya dan semua simbol atau gambar lingkaran dengan titik di tengahnya bukanlah sesuatu yang haram.

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

Apakah gambar segitiga dengan lingkaran mirip mata dari uang kertas pecahan 10.000 rupiah di atas ini melambangkan bahwa Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) merupakan bagian dari Illuminati? Tentu saja tidak!

Sumber:
U.S Department of State Bureau of Public Affairs, The Great Seal of The United States, Washington DC, 2003.

Joseph Lentner, Einige Originalschrifen des Illuminatenordens, Munchen, 1787.

Joseph Trainor, 1748: Unforgetable Adam Weishaupt, UFO Roundup, Volume 5 Number 6, 2000.

Juri Lina, Under The Sign of The Scorpion, Stockholm, 2002.

Z.A Maulani, ZIONISME: Gerakan Menaklukan Dunia, Jakarta, 2002.

Muhammad Abu Ezza, Simbol-Simbol Illuminati di Arab Saudi, Yogyakarta, 2014
Diubah oleh inal74
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Novus Ordo Scrotum emoticon-Malu
Freemasonry bukannya sejenis perkumpulan dari tukang batu elit, dan bukan perkumpulan anti agama?
Quote:


Freemasonry adalah organisasi persaudaraan sekuler. Tukang batu (mason) adalah filosofi dari organisasi ini bhw mereka bergerak menata kehidupan manusia seperti tukang batu yang menyusun sebuah kuil atau piramida
Lihat 1 balasan
Balasan post inal74
Quote:


Lha iya, artikel yg km bawa kan menyatakan bahwa si remason adlh organisasi anti agama.

Quote:


Sementara itu :

Atheists are not welcome.

Freemasonry is not a religion per se, but agnostics or atheists cannot belong, said Brent Morris, a Masonic historian, editor of the Scottish Rite Journal, and a 33rd degree Freemason.

"T͟h͟i͟s͟ i͟s͟ a͟n͟ o͟r͟g͟a͟n͟i͟z͟a͟t͟i͟o͟n͟ o͟f͟ b͟e͟l͟i͟e͟v͟e͟r͟s͟," he said. "When it was started on a formal basis in 1717, many historians believe that it was trying to bridge the gap between the religious civil wars that had been going on in England at the time.
https://www.cbsnews.com/news/9-things-you-didnt-know-about-freemasonry/#

Basic Principles. Freemasonry is not a religion, nor is it a substitute for religion. I͟t͟ r͟e͟q͟u͟i͟r͟e͟s͟ o͟f͟ i͟t͟s͟ m͟e͟m͟b͟e͟r͟s͟ a͟ b͟e͟l͟i͟e͟f͟ i͟n͟ G͟o͟d͟ as part of the obligation of every responsible adult, but advocates no sectarian faith or practice. Masonic ceremonies include prayers, both traditional and extempore, to reaffirm each individual's dependence on God and to seek divine guidance. F͟r͟e͟e͟m͟a͟s͟o͟n͟r͟y͟ i͟s͟ o͟p͟e͟n͟ t͟o͟ m͟e͟n͟ o͟f͟ a͟n͟y͟ f͟a͟i͟t͟h͟, but religion may not be discussed at Masonic meetings.
http://www.msana.com/religion.asp

lalu dimana anti agamanya?

wahh thread lu serem banget gan,
soal Illuminati

pas dibuka di mode desktop tampilan malah ky gini

Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

emoticon-Ngakak
ada teori konspirasi gak?
Quote:


Adam Weishaupt ini jadi Freemason tahun 1777 di Munich. Sementara di Illuminati yg dia dirikan, dia dikenal juga dengan "Brother Spartacus "
emoticon-Traveller

Quote:

emoticon-Ngakak

Quote:

emoticon-Mad agan mau mancing KPAI kemari? emoticon-Shutup emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kreator.9.ES
Quote:


..kalo sekuler itu anti agama atau tidak? Terbuka thd segala agama tapi tidak membicarakan agama dlm pertemuan2 masonic, itu artinya anti agama. Anti agama jangan disamakan dgn benci agama. Freemason tidak membenci agama apapun, tapi freemason tidak pernah menjadikan agama sbg pedoman hidup
Lihat 1 balasan
Quote:


Waduuh, maaf ya gan
Balasan post inal74
Quote:


Sejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo SeclorumSejarah Singkat Illuminati, Segitiga Mata Satu, dan Novus Ordo Seclorum

Itu definisi anti.
.
Sekuler jelas bukan anti agama, memisahkan urusan agama sbg ranah pribadi dalam urusan pemerintahan apakah anti agama?
.
Tidak membicarakan agama dalam pertemuan mason = anti agama?
freemason dan iluminati menang muncul di jerman selatan. apakah mereka ada hubungannya dengan Nazi!? karena konon, fuhrer Nazi yaitu Adolf Hitler kalo gk salah juga percaya dengan mitos dan hal2 klenik
Quote:


Dalam setiap pertemuan mason, tidak pernah ada pembicaraan agama. Lalu dimana letak pro agamanya?
Lihat 1 balasan
Balasan post inal74
Quote:


Mason bisa dibilang anti agama kalo misalnya:
dia melarang anggotanya beragama.
menolak anggota yg beragama.

Lha kalo sekedar ga ngomongin agama, dibilang anti tu gimana hujjahnya?
Diubah oleh sweetjulia
remason setau ane kan bikan organisasi keagamaan,lebih ke persaudaraan emoticon-Betty
Gue kepikiran kalau mereka pada awalnya cuma kaum edgy aja
Quote:


lambang Illuminati nya kayak sesuatu yg kenyal dan enak buat di pegang2 emoticon-Ngacir
Fremason, Iluminati, Yahudi, Zionis, Konspirasi, CIA, Mossad, Israel, Kapitalisme, Sosialisme, Protokol dll itu nama-nama yang sering disebut ketika ada konflik.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di