alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Negara Butuh Masyarakat Konsumtif?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c14a09a972e2834744201/negara-butuh-masyarakat-konsumtif

Negara Butuh Masyarakat Konsumtif?

Uang adalah salah satu temuan terbaik umat manusia. Uang telah menjadi objek sekaligus subjek yang mengubah lajur kehidupan manusia dalam tatanan ekonomi.
Seiring dengan perkembangan teknologi, umat manusia terus mengembangkan uang sebagai alat transaksi yang menunjang perekonomian. Saat ini, dunia telah masuk ke era digitalisasi yang diakibatkan perkembangan pesat dari komputer dan internet yang membuat manusia mengembangkan uang menjadi alat transaksi digital yang kita kenal sebagai e-money atau uang elektronik.

Secara sederhana, uang elektronik dapat didefinisikan sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik yang nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu. Cara penggunaanya dengan menyetorkan uang terlebih dahulu kepada penerbit dan disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan bertransaksi.

Di Indonesia, munculnya uang elektronik dilatarbelakangi oleh Peraturan Bank Indonesia (BI) Nomor 11/12/PBI/2009 sebagai salah satu pendukung agenda Bank Indonesia untuk menciptakan cashless society. Di sisi lain pemerintah juga memiliki agenda untuk mencapai Masyarakat Digital pada 2020 mendatang yang dilakukan melalui program Go Digital Vision 2020.

BI mencatat, pada tahun 2018 terdapat peningkatan transaksi menggunakan uang elektronik sebesar 163% sepanjang tahun 2017. Pertumbuhan pesat ini kemudian disimpulkan oleh Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara bahwa Indonesia akan mencapai cashless society dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Perkembangan progresif uang elektronik tidak hanya memperlihatkan adanya perubahan atau bergantinya metode pembayaran dari cash ke digital, melainkan juga memberi efek pada laju pertumbuhan ekonomi.

Lantas efek seperti apa yang dimaksud, dan bagaimana bisa efek itu terjadi?



Selengkapnya dalam artikel "Negara Butuh Masyarakat Konsumtif?" di pinterpolitik.com

Instagram: @pinterpolitik
Twitter: @pinterpolitik
Instagram: @coretanpolitik
LINE OA: @pinterpolitik
YouTube: Pinter Politik
Diubah oleh pinpol
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di