alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bukan Dibuat di California atau Jepang, Ini Cerita Dibalik Sushi California Roll
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c135888b3cb064e11a4c9/bukan-dibuat-di-california-atau-jepang-ini-cerita-dibalik-sushi-california-roll

Bukan Dibuat di California atau Jepang, Ini Cerita Dibalik Sushi California Roll

Bukan Dibuat di California atau Jepang, Ini Cerita Dibalik Sushi California Roll

Penggemar sushi pasti sudah familiar dengan menu sushi california roll. California roll  bisa dibilang jadi salah satu menu sushi fushion yang mudah banget kamu temui di restoran sushi Gan.


Menu sushi fushion yang satu ini memang berbeda dengan roll sushi tradisional. Bila pada sushi tradisional rumput laut membungkus nasi beserta isiannya, maka pada california roll, isian yang biasanya terdiri dari timun, crab stick, alpukat dan nori justru dibungkus oleh  nasi di bagian luarnya.

Bukan Dibuat di California atau Jepang, Ini Cerita Dibalik Sushi California Roll

Tapi ngomongin Sushi California Roll, Agan pernah nggak penasaran soal cerita dibalik sushi ini.

Kenapa namanya California Roll? Apakah karena sushi fushion ini pertama kali dibuat di California?

Ternyata bukan Gan!

Menu sushi fushion ini ternyata pertama kali dibuat di Kanada. Dilansir dalam The Culture Trip, penemu dari menu california roll ini adalah chef Hidekazu Tojo, pemilik restoran Tojo di Vancouver, Kanada.

Bukan Dibuat di California atau Jepang, Ini Cerita Dibalik Sushi California Roll

Saat pertama kali pindah ke Kanada, Chef Tojo ini memulai pekerjaannya di Maneki, salah satu restoran Jepang di Vancouver. Dia menyadari bahwa tidak ada yang memakan makan mentah atau rumput laut. Bahan-bahan yang tak biasa dan tidak familiar membuat banyak konsumen ragu dan takut untuk mencoba. Itu sebabnya dia memutuskan untuk “menyembunyikan” nori dan ikan segar dengan membuat roll sushi dari luar ke dalam di tahun 1974. Menu fushionnya ini memang bertentangan dengan tradisi Jepang, tapi ternyata banyak pelanggan yang menyukai hidangan ini.

Menu ini populer di kalangan pelanggan restorannya dan banyak pelanggannya berasal dari luar kota termasuk Los Angeles, California. Ini yang menjadi awal kenapa menu ini kemudian dikenal sebagai California Roll. Chef Tojo merasa bahwa alpukat yang biasanya digunakan di dapur-dapur orang California telah menginspirasi asal mula dari nama tersebut.

Sebetulnya, Chef Tojo bukan cuma sekali membuat inovasi menu untuk pelanggannya di Kanada. Makanan-makanan masakannya memang ingin mempertemukan cita rasa North American dengan teknik Jepang. Chef Tojo juga yang pertama kali mengenalkan smoked salmon ke dalam kuliner Jepang. Ini terjadi karena pada awal dia pindah ke Kanada,  dia merasa kesulitan mencari  belut air asin sehingga dia membuat menu BC Roll (British Columbia Roll) atau yang biasa kita kenal sebagai Maki Sushi roll dengan mengganti anago (salt-water eel) dengan kulit salmon panggang yang dilapisi saus manis lalu digulung dengan nasi di luar, mirip dengan california roll. Menu fushion karyanya yang satu ini juga nggak kalah populer.

Bukan Dibuat di California atau Jepang, Ini Cerita Dibalik Sushi California Roll
BC Roll

Ide-ide chef Tojo dalam membuat inovasi sushi fushion yang bisa digemari di Amerika Utara ini membuatnya ditunjuk oleh Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang menjadi duta persahabatan untuk hidangan Jepang loh.

Kalau teman ane banyak banget yang suka menu ini karena kebanyakan mereka nggak terlalu suka ikan mentah sehingga california roll jadi salah satu andalan ketika sedang makan di restoran sushi. Kalau kamu gimana Gan?


Bukan Dibuat di California atau Jepang, Ini Cerita Dibalik Sushi California Roll

Sumber : 1// 2// 3

Diubah oleh midorikusuma
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalo di sini mungkin semacam selat solo gitu ya...

Makanan adaptasi dr kuliner mancanegara.

Namanya ga ada hubungannya dengan "laut penghubung antar pulau"
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
oooo begitu ceritanyaa. ane sering banget lagi kalo ke restoran sushi pesennya california roll, favorito.
wowww enak neh
Quote:


Mantep.ya gan
Mau buatan mana historynya gimana this one is my favorite kind of sushi hahahahaha jadi pengennn..
Quote:


Yap mungkin aja selat itu dari kata salad tapi karena orang dulu sulit bilang salad jadinya nyebutnya selat hehehe CMIIW
ternyata begitu yaaa ceritanyaaaa... baru tau deh aneeee... mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
Jadi isinya diganti dengan ikan yg sudah diolah dan buah segar ya? emoticon-Matabelo
Oooo begitu ceritanya... keren ya chefnya bener2 kreatif sampe2 ini jd sushi favorit kebanyakan orang termasuk ane yummyyy


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di