alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ekskavasi Situs Suci Majapahit Makin Luas, Tahap Kedua Ditemukan Serpihan Tengkorak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9c0d43018e0d3a98416d44/ekskavasi-situs-suci-majapahit-makin-luas-tahap-kedua-ditemukan-serpihan-tengkorak

Ekskavasi Situs Suci Majapahit Makin Luas, Tahap Kedua Ditemukan Serpihan Tengkorak


Ekskavasi Situs Suci Majapahit Makin Luas, Tahap Kedua Ditemukan Serpihan Tengkorak

Eksavasi terhadap temuan situs yang diduga bagian tempat suci masa Kerajaan Majapahit memasuki tahap kedua. Cakupan yang terlihat semakin meluas dan menampakkan sebuah petirtaan alias kolam yang disucikan oleh kerabat kerajaan.
Seperti dilansir dari Wowkeren.com (7/10/2019) Tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa timur terus menelusuri temuan situs petirtaan suci Majapahit.
Situs petirtaan suci Majapahit yang ditemukan di daerah Jombang diperkirakan runtuh dan tertimbun diakibatkan terjangan banjir lahar dingin di masa lalu.
Bencana alam ini ditengarai menyebabkan keluarga kerajaan tewas tertimbun di dalam kolam bersama reruntuhan bangunan disekitarnya.
Situs ini berada di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang masih terus dilakukan ekskavasi dengan menggalinya lagi untuk dapat menyingkap setiap bagian bangunanya.
Pada ekskavasi pertama, tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim berhasil menyingkap nyaris seluruh bagian petirtaan suci kerajaan Majapahit tersebut. Kini sudah terhampar kolam berbentuk persegi panjang dengan luas 20x17 meter persegi.
Kemudian proses ekskavasi tahap kedua yang dilakukan arkeolog BPCB Jatim tanggal 1-10 Oktober 2019, menemukan sejumlah temuan baru. Diarea petirtaan ditemukan bekas reruntuhan menara. Reruntuhan menara yang pertama ditemukan berada di sudut timur laut petirtaan dikedalaman sekitar 1 meter dari permukaan kolam.
Pada bagian bongkahan reruntuhan terdapat struktur menara berhiaskan relief mahluk Kala. Relief ini dalam mitologi Hindu sebagai pengusir roh jahat.
Diperkirakan menara tersebut memiliki ketinggian mencapai 5 meteran.
"Kemungkinan ini menara bagian tengah petirtaan yang runtuh ke arah timur laut," kata Wicaksono tim arkeolog BPCB, dilansir Detikcom, Senin (7/10). "Menara ini menggambarkan monumen gunung meru yang digunakan mengaduk samudera untuk mencari amerta atau air suci." Lanjutnya.
Reruntuhan menara lainnya ditemukan di sudut barat daya petirtaan. Namun reruntuhan ini berukuran lebih kecil sehingga diduga menara ini dulunya sebagai pembatas tembok yang mengelilingi petirtaan. Reruntuhan dari struktur menara ini menimpa jaladwara atau pancuran air di dalam kolam.
Kemungkinan masih terdapat menara-menara lainnya yang terpendam didalam kolam.
Selain temuan menara dan tembok yang mengelilingi petirtaan suci, ditemukan pula potongan yang diduga bagian dari tempurung tengkorak manusia.
Saat ditemukan posisinya berada dibalik reruntuhan menara dan berserakkan di 4 titik berbeda pada kedalaman 1 meter di dalam kolam.
"Ahli antropologi forensik dari Unair Surabaya telah mengambil sampel serpihan yang diduga tengkorak manusia itu untuk diteliti di laboratorium," terang Wicaksono. "Kemungkinannya dua, tempurung kepala manusia atau tempurung kelapa." Ujarnya.
Sebab serpihan diduga tengkorak itu ada yang berwarna putih tulang dan juga ada yang berwarna hitam.
Andai tengkorak itu tengkorak manusia, maka diperkirakan saat bencana banjir lahar dingin itu menerjang, diarea kolam sedang ada aktifitas ritual penyucian diri di petirtaan bernama Sumberbeji itu.
Diperkirakan ditemukan ada 4 manusia yang terkubur di dalam kolam untuk sementara ini. Perkiraan ini dipertegas dengan ditemukannya kendi dan celupak lengkap dengan getah pohon damar di dekat serpihan tengkorak tersebut. Celupak adalah alat penerangan pada masa Majapahit. Kendi dan celupak ini biasa dipakai ritual penyucian diri pada malam hari.
Berarti ada kemungkinan serpihan tengkorak itu bisa jadi salah satunya dari keluarga kerajaan Majapahit.**
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Itu tempat yang sangat religius, sayangnya mereka semua masuk neraka krn tdk mengikuti ajaran nganu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
speechlesss la klo bginian ma... aq suka bngt klo ad pnemuan2 kek gni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post eks.mouse.slim
Yang bisa menentukan masuk neraka dan surga itu Allah, bukan karena seorang itu islam atau tidak.

Sholat 5 waktu sampai lecet, naik haji sejuta kali, kalau Allah tidak meridhoi tidak bakalan masuk Surga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emol dan 9 lainnya memberi reputasi
Wilwatikta Jayati emoticon-Nyepi
emoticon-NyepiBhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa emoticon-Nyepi
emoticon-Nyepi berbeda-beda tapi tetap satu sebab tiada kebaikan yang mendua emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post cjava
@cjava إِن الدينَ عِنْدَ اللهِ الْإِسْلَامُ

“Agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali Imran: 19).



Ngeles mulu ah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uglys111 dan 4 lainnya memberi reputasi
Bagus ini...

Ada gak YouTuber yang tinggal di daerah sana, kalau bisa bikin vlog aja tentang ekskapasi itu biar bisa update terus.
Balasan post eks.mouse.slim
Gak usah diskusi agama dsini
Pembahasannya akan panjang
-1 deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakidal27 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Shakehand2 yess gan.
Quote:


Lu punya otak gak bahas relief disini??
Kalo gak ada otak lu beli gorengan aja di depan...
Lihat 1 balasan
mantap. ane plng suka sejarah bray..
masuk ke tempat suci agama lain (hindu-budha) = haram hukum nya, bakalan di laknat dan di azab ollohemoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
Balasan post noisecatt
Quote:


Aku kan ngomenin si @cjava
emoticon-Leh Uga
apakah otakmu ga bisa menangkap hal itu?
kemampuan kognitifmu rendah?
coba dikurangin jedot jidatnya, siapa tau otakmu jd cerdas dikit.
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan general.maximus memberi reputasi
Diubah oleh sweetjulia
Menarik banget ini.. Jd nambah cerita baru terkait sejarah kerajaan..
Balasan post mupengx
Terserah ane, gak ada yg larang bahas agama.

@mupengx
Ini kan kerajaannya si Gaj Ahmada, mungkin aja ketemu barang2 religius
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Itu cebong keparat memang suka menebarkan kebencian kepada islam. Paling kerjanya cuman ngbuzzer dan nyulik kucing/anjing tetangga sebelah buat dimakanemoticon-DP
Lihat 1 balasan
Balasan post eks.mouse.slim
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Ebong klo gak goblok gak kepake



Mantap tim bpcb jatim
semoga cpet di liris temuan2
artepak nya
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
ini yg di youtubenya dodit bukan ya?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di