alexa-tracking
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bf8e39a972e3e86643c1e/javascript

Javascript

Javascript
apa yang dimaksud dengan javascript?

javascript adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat interaksi atau menambah fitur web dinamis kedalam sebuah web. Untuk membuat halaman web, anda tidak harus menggunakan JavaScript. Namun, saat ini JavaScript hadir dalam hampir setiap halaman web modern. Sehingga JavaScript adalah salah satu bahasa pemograman web yang wajib di kuasai.

  
Mengapa Menggunakan Javascript?

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh GitHub, JavaScript merupakan bahasa pemrograman paling populer dan banyak digunakan oleh developer di seluruh penjuru dunia yang mendistribusikan program mereka di situs tersebut.

   Tidak Hanya Digunakan pada Website

Pada dasarnya JavaScript merupakan bahasa pemrograman untuk mengembangkan website yang berada di bawah naungan European Computer Manufacturers Association International (ECMA). Organisasi inilah yang mengatur standar bahasa pemrograman untuk web.
Namun dalam perkembangannya, dengan bermunculannya berbagai jenis sistem operasi mobile seperti Android dan iOS, sejumlah developer mulai mengembangkan platform dan framework yang memungkinkan JavaScript diaplikasikan ke perangkat mobile.

  Gratis dan Bisa Digunakan Dimana Saja

Tidak seperti Swift yang hanya bisa digunakan di Mac OS, atau C# yang hanya berjalan di Windows, JavaScript merupakan bahasa pemrograman universal yang bisa kamu gunakan di berbagai sistem operasi seperti Mac OS X, Windows, dan bahkan Linux.

   Lebih Mudah Dipahami

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang dibuat dari referensi bahasa pemrograman seperti Java, Phyton, C++, dan lainnya. Sehingga cara penulisan kodenya cukup mirip.

   Dukungan Komunitas yang Sangat Aktif

Walau dibentuk pada tahun 1995, JavaScript bisa dibilang sebagai bahasa pemrograman yang masih muda. Sehingga tidak heran apabila pengembangan dan komunitas pengguna JavaScript sangat aktif.
Selain itu, kumpulan developer-developer yang mengembangkan platform mereka, seperti Meteor atau React Js, juga sangat aktif dan ada di mana-mana. Begitu juga dengan kursus-kursus online gratis seperti Codecademy yang juga aktif memberikan panduan untuk belajar JavaScript.

   Sangat Ringan

Javascript adalah bahasa pemrograman yang berbasis client-side, yang artinya seluruh proses yang terjadi pada sebuah halaman akan diproses oleh klien, peramban web. Jadi server hanya memproses HTTP-request-nya saja.
Sedangkan dengan javascript yang sisi-klien ini, 3 tahap tersebut dirangkum menjadi 2 langkah, yakni proses dan respon saja. 2 langkah itu juga hanya dilakukan di komputer lokal saja, jadi bisa mempersingkat waktu. Inilah yang membuat javascript sangat ringan untuk dipakai.


Belajar Javascript Dasar Untuk Pemula

Saya akan memberikan contoh sederhana dari javascript ini untuk Belajar Javascript Dasar, tambahkan script berikut pada latihan sebelumnya atau anda dapat membuat file HTML baru dengan nama file javascript.html lalu ketikan kode berikut:

1. <!DOCTYPE html>
2. <html>
3. <head>
4. <title>javascript</title>
5. [removed]
6. alert("Hello I am Javascript");
7. [removed]
8. </head>
9. <body>
10. </body>
11. </html>

Script tersebut akan menampilkan MessageBox dengan teks “Hello I am Javascript” ketika file HTML dibuka.


Demikian Artikel tentang Javascript dan cara penggunaanny semoga bermanfaat. See ya next artikel.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di