alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Membandingkan Gaji Guru RI dengan Negara Lain, Siapa Paling Besar?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bee8af0bdb20af74cb0ee/membandingkan-gaji-guru-ri-dengan-negara-lain-siapa-paling-besar

Membandingkan Gaji Guru RI dengan Negara Lain, Siapa Paling Besar?

Membandingkan Gaji Guru RI dengan Negara Lain, Siapa Paling Besar?


Jakarta - Hari ini merupakan Hari Guru Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Peringatan tersebut untuk menunjukkan penghargaan dan ungkapan terima kasih terhadap jasa guru.

Bicara soal guru, kita mengenal istilah guru pahlawan tanpa tanda jasa. Jasanya yang mengubah seseorang dari tidak tahu apa-apa menjadi tahu terkadang bahkan tak sebanding dengan penghasilan yang mereka terima.

Walaupun gaji yang diberikan kepada guru terus naik dari tahun ke tahun, namun tetap saja masih ada guru yang mendapatkan gaji sesuai dengan jasanya, terutama guru honorer. Sebelumnya gaji guru honorer bahkan harus tergantung dengan bantuan operasional sekolah (BOS) yang disediakan oleh pemerintah.

Berdasarkan catatan detikcom, ada guru honorer yang hanya dibayar Rp 150.000-200.000 sampai Rp 200.000-300.000 sebulan.

Sementara untuk gaji guru pns, mulai dari golongan III (III/a) gaji terendah sebesar Rp 2.579.400, dan tertinggi (III/d) sebesar Rp 4.797.000

Sedangkan gaji PNS golongan IV terendah (IV/a) sebesar Rp 3.044.300, dan tertinggi (IV/e) sebesar Rp 5.901.200.

Memang, masih ada tunjangan yang bisa didapatkan oleh guru setiap selain gaji yang diperoleh setiap bulannya. Namun ternyata, gaji guru di Indonesia dengan gaji guru di luar negeri memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Mengutip businessinsider, Senin (7/10/2019), gaji guru di belahan dunia lainnya pun kerap menjadi diskursus yang terus dibahas. Namun, berdasarkan data dari OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), data sampel yang diambil untuk 10 negara dengan gaji guru terburuk dan terbaik jumlahnya terbilang jauh lebih besar dibandngkan dengan di Indonesia.

Misalnya guru SD di Luksemburg memiliki gaji sekitar Rp 146 juta/bulannya. Sedangkan guru SMA nya mencapai Rp 162 juta/bulannya.

Berikut data untuk besaran gaji guru SD dan SMA untuk kategori terendah dan tertinggi dati data OECD 2019:

Gaji guru sekolah dasar (SD) terbesar:
- Luksemburg, gaji tertinggi US$ 124.000 atau Rp 1,7 miliar/tahun, atau sekitar Rp 146 juta/bulan
- Swiss, gaji tertinggi US$ 86.000 atau Rp 1,2 miliar/tahun, atau sekitar Rp 101 juta/bulan

Gaji guru sekolah dasar (SD) terkecil:
- Ceko, gaji tertinggi US$ 25.000 atau Rp 354 juta/tahun, atau sekitar Rp 29,5 juta/bulan
- Slovakia, gaji tertinggi US$ 22.000 atau Rp 308 juta/tahun, atau sekitar Rp 25,9 juta/bulan

Gaji guru di SMA terbesar:
- Luksemburg, gaji tertinggi US$ 138.000 atau Rp 1,9 miliar/tahun, atau sekitar Rp 162 juta/bulan
- Swiss, gaji tertinggi US$ 109.000 atau Rp 1,5 miliar/tahun, atau sekitar Rp 127 juta/bulan

Gaji guru di SMA terkecil:
- Lithuania, gaji tertinggi US$ 20.000 atau Rp 280 juta/tahun, atau sekitar Rp 23 juta/bulan
- Slovakia, gaji tertinggi US$ 22.000 atau Rp 308 juta/tahun, atau sekitar Rp 25,6 juta/bulan


Sumur: https://m.detik.com/finance/berita-e...a-paling-besar


Pahlawan tanpa tanda jasa..emoticon-Cool
profile-picture
ushirota memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
anggaran dah 20% apbn kemana ? negara yg ts sebutkan jumlah guru dibanding Indonesia berapa ?
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau membandingkan tarif PSK indonesia dengan tarif PSK luar negeri

lebih murah yg mana
profile-picture
profile-picture
chaplinzz201 dan uratkumbang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Guru
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Balasan post bpln.leader
Quote:


murah LN lah, gimana sih luh emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Setuju gaji Guru mininal 30 juta, biar gak mikir yg lain kecuali mengajar dan manusia Indonesia jadi ada otaknya.....tapi jangan dengan gaji besar, malah sering selingkuh, perceraian, atau malah Poligami, ntar murid yang diajar jadi jadi PK semua.....😁
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ga seharusnya membandingkan lah
Di Lithuania itu biaya hidup tinggi, wkwk land biaya hidupnya ga sebesar luar negri

Kalo mau bandingkan dengan gaji di malaysia, india, filipina
Bukan eropa yg jelas2 harga makanan aja bisa 100ribu sekali makan

Ini trit nyasar, ga ada hubungannya dgn politik loh
Harusnya di lounge aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Balasan post winehsuka
Quote:


Nah itu dia,ga disebutkan di dlm berita bre brp jumlah guru nya..emoticon-Shakehand2
trit gaji guru lagi?

btw sekarang hari guru ya?
gaji 3 juta aja, udah pada bawa mobil kalau kesekolah gimana kalau sampai 30jt




bisa bawa f16





















emoticon-Cool
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Di Korea Selatan, Kim Ki Hoon menjadi guru yang mendapat gaji USD 4 juta per tahun.

emoticon-Matabelo
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
klo mau gaji gede kualitas guru kita sekarang bagus ngak ??? uji kompetensi saja banyak yg tidak lulus . jangan nuntut gaji gede klo input yg jadi guru asal asalan . klo bisa guru hanya dari universitas tertentu jadi kualitasnya bisa dijaga , ngak kayak sekarang kualitas ngak seragam .
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan xneakerz memberi reputasi
Kalo dimari hampir tiap minggu ada beritanya...

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan ushirota memberi reputasi
swiss itu gajinya gede , biaya hidupnya juga gede banget , seharusnya di lihat perbandingan gaji dengan biaya hidup ,

sama kayak bupati yang ngeluh gajinya kecil , kecil darimana ?
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
bandingin ama OECD emoticon-Leh Uga
biaya hidup berapa?
pajek min 20% disono
UMR rata2 rp 120k/jam

ingat: walter white itu breaking bad karena gajinya kecil. emoticon-Shakehand2
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Enaknya jadi guru itu,,,
paling banyak Liburnya,,,,
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Balasan post taikucingloh
Quote:


gak juga kok, mana bisa manusia akan cukup ? emoticon-Malu

sekarang dengan gaji yg ada, nyicil motor ma biaya hidup, ada juga yg ambil KPR subsidi
Kalau tiba2 jadi 30jt bisa2 ambil cicilan rumah KPR yg >1 miliar dan nyicil mobil minimal Innova emoticon-Hammer emoticon-Ngakak (S)

itu masih mending, kalau dia k4w1n lagi juga ? emoticon-Ngacir
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Diubah oleh Uthe18


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di