alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terungkap, inilah golongan yang membuat keuangan BPJS Kesehatan selalu tekor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bccd809b5ca421c18271b/terungkap-inilah-golongan-yang-membuat-keuangan-bpjs-kesehatan-selalu-tekor

Terungkap, inilah golongan yang membuat keuangan BPJS Kesehatan selalu tekor

Terungkap, inilah golongan yang membuat keuangan BPJS Kesehatan selalu tekor

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo membeberkan penyebab keuangan BPJS Kesehatan selalu tekor. Menurut Mardiasmo, kategori peserta bukan penerima upah (PBPU) lah yang membuat keuangan BPJS Kesehatan berdarah-darah.
“Yang relatif mampu. Inilah yang sebenarnya sumber membawa BPJS Kesehatan defisit. Karena dia mendaftar (BPJS Kesehatan) saat sakit, dan begitu sudah sembuh dia berhenti bayar premi,” ujar Mardiasmo di Jakarta, Senin (7/10).

Mardiasmo menambahkan, kelompok PBPU ini berjumlah 29 juta orang. Dari 29 juta tersebut hanya 50% yang membayar iuran rutin tiap bulannya. “Dalam asuransi yang bagus itu kan no premi, no klaim. Jadi ini yang menyebabkan BPJS (Kesehatan) bleeding,” kata Mardiasmo.
Lebih parahnya lagi, lanjut Mardiasmo, rata-rata golongan PBPU tersebut memiliki penyakit yang masuk golongan katastropik atau penyakit yang perawatannya membutuhkan biaya yang tinggi.

“Kalau masyarakat desa tidak akan membuat defisit. Yang (kategori) jelita yang membebani jadi defisit,” ucap dia.

Saat ini, total peserta BPJS Kesehatan mencapai 223 juta orang. Adapun defisit yang dialami BPJS Kesehatan pada 2018 mencapai Rp 18,3 triliun. Sedangkan di 2019, defisit BPJS Kesehatan diperkirakan mencapai Rp 32 triliun.


Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, bila kenaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dilakukan, pemerintah akan menjadi pihak yang menanggung beban paling besar.
Menurut Fachmi, bila kenaikan iuran seperti yang diusulkan, maka pemerintah berkontribusi hampir 80% untuk membayar kenaikan iuran tersebut. Pasalnya, pemerintah menanggung kenaikan iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) sekaligus sebagai pemberi kerja.



"Jadi salah besar kalau kemudian beban ini adalah beban masyarakat karena pemerintah ada di depan untuk menyelesaikan masalah ini," tutur Fachmi, Senin (7/10).
Menurut Fahmi, saat ini pemerintah sudah menanggung peserta PBI pusat yang sebanyak 96,8 juta peserta ditambah PBI daerah sekitar 37 juta peserta. Hanya dari PBI saja, pemerintah sudah menanggung kenaikan tarif untuk 133 juta peserta. Ini belum dengan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) PN.


sumur

kelakuan penduduk +62, giliran sakit baru buat, selesai sakit udah gak bayar iuran, giliran iuran mau dinaekin, teriak paling kenceng emoticon-Gila

pindah ke planet namec aja. emoticon-Wowcantik




Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ripperkuro7787 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 15
Apa sih susahnya hapus BPJS?

Hilangkan saja program konyol ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kmzwa88waa dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
BPJS harus mengkaji ulang sistemnya.
Orang banyak yg mengambil keuntungan dari sistem BPJS yg banyak "bug"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kmzwa88waa dan 9 lainnya memberi reputasi
Balasan post balonkempes
Setuju gan, namanya takdir, tanpa BPJS atau tdk kl udah takdirnya kena pnyakit atau koit mah ya kan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
55rama dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Ayolah, klo mau fair, audit semuanya, termasuk BPJSnya juga diaudit, berani gak? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kmzwa88waa dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Harusnya gak bayar premi hangus keanggotaan bpjs ini malah jadi hutang ..asuransi idiot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngampasnism dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ada keluarga gw..tiap bulan gw kasih duit untuk bayar bpjs.
Eh sama dia rupanya gak dibayarin.

Aneh emang orang miskin ini kadang2.
profile-picture
profile-picture
rhaul dan vizum78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jaga kesehatan, kalau sudah ikut BPJS ( Mandiri ) ya dibayar setiap bulan dengan tertib.
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Golongan kampret pbi penyakitan emoticon-Smilie
Merepotkan
Meresahkan
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan vizum78 memberi reputasi
Ironi emoticon-Cape d...
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
kenyataan itu, krn rumah gue dekat rumah sakit, tiap ke atm di situ ada aja yg baru bayar tunggakan bpjs sampe setahun, ...coba kaskuser iseng survey di atm di sekitar rumkit...dibilang miskin tp bawa mobil & motor yg jauh lbh mahal dr pny gue..., emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 9 lainnya memberi reputasi
Balasan post balonkempes

BPJS itu program bagus dan emang sesuai uu dan fungsi negara

Menurut saya negara yg berhasil pendidikan dan kesehatan mutlak gratis, walau RI belum bisa dibilang maju tapi sudah arahnya kesitu salah satunya BPJS walau gak gratis juga, kadang lucu juga, menolak BPJS sama saja melarang org miskin sakit, nah pertanyaannya anda org kaya? No no no no,,,, kalau kamu jatuh sakit uang mu pun habis biayain pengobatan mahal, org kaya pun bisa mendadak miskin! Jgn mencela kemiskinan, karna kamu lahir pun udah miskin (keluar dari perut ibu gak bawa berlian atau emas tho?), ortu mu tiba2 mati kamu jatuh miskin tho dikasih ke panti asuhan, ya nasib mu aja lagi baik bisa nikmatin semuanya,,,

tapi kamu miskin pada dasarnya,, bernegara tapi yg berhak dapat pelayanan kesehatan hanya kurang dari 30% populasi (anggapan tergolong kaya, saya gak ada datanya), dan ketika jatuh sakit 10% dari mereka akan turun level jadi menengah atau malah jatuh miskin

Tapi kalau biaya kesehatan dan pendidikan bisa sampe ada yg mahal sekali, artinya negara ini belum berhasil, karna sekolah/RS mahal karna ada demand dan juga tidak meratanya layanan pendidikan atau kesehatan, dan membuat pendidikan dan kesehatan gratis itu mutlak pendidikan merata

Juga ada beberapa level masyarakat istilahnya sok kaya padahal udah di pinggir jurang, biasa masih sehat mikirnya gua gak bakal sakit, gua masih sanggup lah bayar RS bla bla bla bla,, yeah, BPJS? Buat org miskin tuh bla bla bla,, kalau kamu ntar sakit ingat aja yg saya bilang, saya uda pengalaman soalnya buat bertahan hidup itu susah dan mahal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 26 lainnya memberi reputasi
Apa kabar sanksi yang kemaren mo diterapin
emang kebiasaan masyarakat yang begitu tuh,,, tiba mau berobat yang butuh biaya mahal malah pake BPJS. tiba sakit demam biasa, mana level berobat pake BPJS. emang taiiiikkkk kelakuan begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
nih gan hasil agustus 2019

Berikut pembiayaan kesehatan yang paling banyak makan biaya BPJS Kesehatan per Agustus 2019

1. Jantung: Rp 7,7 triliun
2. Gagal ginjal: Rp 1,8 triliun
3. Kanker: Rp 2,7 triliun
4. Stroke: Rp 1,9 triliun
5. Thalassaemia: Rp 387 miliar
6. Hepatitis: Rp 245 miliar
7. Leukemia: Rp 283 miliar
8. Hemofilia: Rp 294 miliar.

https://health.detik.com/berita-deti...a-agustus-2019

Jantung mungkin bisa dari merokok, pola makan atau memang bawaan. Sedangkan Gagal ginjal bisa dari merokok, pola makan dan pola tidur. Sedangkan Kanker bisa dari merokok atau pola makan.

Jantung mahal karena pasti kebanyakan pasang ring jantung, karena dicover BPJS dan biayanya itu paling rendah 80jt.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bener nih bahkan di kota gua ada masih saudars dengan pelicin yang aturan 14 hari bpjs baru bisa di gunakan jadi ilang ...
abis sakit ya dia ga bayar lagi
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
Quote:


Njirr.. satire, black comedy banget. emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan vizum78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Aku juga gatau, kenapa kesadaran orang Indonesia itu nasionalismenya kurang..

Sudah disediakan BPJS tapi angsurannya tidak dijalankan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kirain ini yang bikin tekor emoticon-Big Grin

Terungkap, inilah golongan yang membuat keuangan BPJS Kesehatan selalu tekor


https://m.kaskus.co.id/thread/56502363529a4574388b4568/bpjsk-ii-riau-jangan-diberitakan-terkait-pelatihan-foya-foya-habiskan-rp3-triliun/
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Balasan post lupis.manis
Quote:


efek joker emoticon-Takut
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
Gak tau bener pa nggak, ada juga golongan yg suka "memainkan" diagnosa / tindakan gan... emoticon-Entahlah
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di