alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Inspeksi Isu Impor dan Produk Tekstil, Ini Kata Menkeu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9bc4eba7276867ec2aded4/inspeksi-isu-impor-dan-produk-tekstil-ini-kata-menkeu

Inspeksi Isu Impor dan Produk Tekstil, Ini Kata Menkeu

Inspeksi Isu Impor dan Produk Tekstil, Ini Kata Menkeu

JPP, JAKARTA - Isu banjir tekstil impor dan produk tekstil (TPT) melalui Pusat Logistik Berikat (PLB) mendapat perhatian serius pemerintah. Itu sebabnya, demikian keterangan yang diunggah situs resmibKementerian Keuangan (Kemenkeu), Senin (07/10/2019), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyefian waktu khusus untuk melakukan inspeksi langsung.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di PLB PT Dunia Express di Sunter, Jakarta, (04/10/2019), Menkeu didampingi pejabat  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC).

Secara statistik, impor Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) nasional (serat dan kain) tidak mengalami kenaikan signifikan yaitu sebesar USD4,7 miliar pada tahun 2017, sebesar USD4,9 miliar pada tahun 2018, dan sampai September 2019 sebesar USD3,7 miliar.

“Jadi, impor (TPT) ini ada yang dari produsen sendiri atau impor yang melalui umum. Kalau persoalannya (banjirnya impor TPT) ini bukan di PLB, kita harus mencari dimana (persoalannya),” ujar Menkeu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 64 Tahun 2017, TPT terbagi atas dua (2) kelompok yaitu kelompok A dan Kelompok B. Kelompok A yaitu barang sudah diproduksi di dalam negeri dan syarat impornya memerlukan rekomendasi (Kemenperin), Persetujuan Impor dan Kuota (Kemendag), dan laporan Surveyor. 

Kelompok B yaitu barang belum diproduksi di dalam negeri dan syarat impornya hanya Laporan Surveyor, tidak perlu Rekomendasi dan Persetujuan Impor dan Kuota.

Dalam kunjungan kerja ini, Menkeu menjelaskan bahwa importasi TPT melalui PLB sangat kecil yaitu hanya 4,1% dari total importasi nasional pada tahun 2019 yang meliputi impor umum, impor kawasan berikat (KB), dan impor dari PLB. 

Impor dari PLB sebesar 4,1% tersebut terdiri dari Kelompok A sebesar 77% (3,15% dari total impor nasional) dan Kelompok B sebesar 23% (0,95% dari total impor nasional).

“DJBC akan melakukan pengawasan kepada importasi TPT melalui sinergi dengan DJP (Direktorat Jenderal Pajak), serta pengawasan fisik melalui patroli terutama untuk mencegah penyelundupan ballpress (karung padat berisi pakaian bekas),” tegas Menkeu.(keu)

 


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/perdaganga...ni-kata-menkeu

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Inspeksi Isu Impor dan Produk Tekstil, Ini Kata Menkeu Hadiri Award Day BPPK, Sri Mulyani Dorong Kemenkeu Jadi Knowledge Institution

- Inspeksi Isu Impor dan Produk Tekstil, Ini Kata Menkeu Ini Dia Pagu dan Realokasi Anggaran Kemenkeu RP 43,5 Triliun untuk 2020

- Inspeksi Isu Impor dan Produk Tekstil, Ini Kata Menkeu Dibanjiri Impor, Pemerintah Kaji Terapkan Harmonisasi Bea Masuk Tekstil dan Produk Tekstil

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di