alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Cara Sederhana Hilangkan Jerawat dan Bekasnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ac3769a972e3e4020b2b9/cara-sederhana-hilangkan-jerawat-dan-bekasnya

Cara Sederhana Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

Cara Sederhana Hilangkan Jerawat dan Bekasnya
ilustrasi jerawat pada wajah bisa membuat Anda tak percaya diri (foto: Bustle)


Kerap mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri luntur, jerawat sering kali dianggap sebagai musuh oleh kebanyakan orang. Tak hanya sampai situ, jerawat yang sudah mengering juga bisa menyisakan bintik-bintik hitam dan bopeng pada kulit yang semakin memperburuk keadaan.
 
Tak heran jika saat ini berbagai jenis pengobatan untuk menghilangkan jerawat juga semakin beragam, bahkan tidak jarang orang yang sampai rela merogoh kocek yang tak sedikit untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan demi mendapat kulit mulus tanpa jerawat.
 
Jika Anda ingin mengatasi jerawat namun tak mau menghabiskan uang untuk perawatan ke klinik kecantikan, jangan khawatir karena itu bukan satu-satunya cara untuk mengatasi jerawat. Masih ada lho, pengobatan rumahan sederhana yang ampuh untuk menghilangi jerawat dan bekasnya.
 
Berikut adalah perawatan alami dan sederhana untuk menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah!
 
1. Baking soda
Selain menjadi salah satu bahan penting dalam pembuatan kue, baking soda juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat. Baking soda yang merupakan bahan eksfoliator mampu membuat kotoran penyebab jerawat yang mengendap di pori-pori terangkat dengan lebih sempurna. Selain itu, baking soda juga mampu menyamarkan tampilan flek hitam bekas jerawat karena dapat membantu proses pengelupasan kulit dan mempercepat sel kulit beregenerasi.
 
Untuk mengatasi jerawat menggunakan baking soda, caranya cukup campurkan baking soda dengan air secukupnya dan aduk hingga tekstur menjadi seperti pasta. Oleskan pada permukaan kulit yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin. Jangan lupa gunakan pelembab setelah melakukan perawatan ini.
 
2. Aspirin
Obat yang biasa diberikan dokter untuk mengurangi demam dan nyeri pada otot, kepala, atau gusi ini ternyata juga memiliki khasiat untuk mengeringkan jerawat, lho. Kandungan asam salisilat dalam aspirin dapat mempercepat regenerasi sel dan meningkatkan produksi kolagen, dengan begitu permukaan tak rata akibat jerawat dan bekasnya juga bisa lebih mulus.
 
Caranya, hancurkan beberapa tablet aspirin hingga memenuhi dua sendok makan. Campurkan bubuk aspirin dengan air dan aduk hingga merata, kemudian oleskan pada wajah. Tunggu selama 10 menit, lalu bilas wajah.
 
3. Madu
Manfaat madu untuk kesehatan memang sudah tak perlu diragukan lagi, bahkan madu juga baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah berjerawat. Madu dapat melawan bakteri enyebab jerawat, memudarkan bekas jerawat, mencerahkan wajah, dan menjaga kelembapan kulit.
 
Oleskan madu ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lakukanlah perawatan ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Selain digunakan sendiri, Anda juga bisa menyampurkan madu dengan bahan lainnya seperti aspirin, lemon, atau minyak zaitun.
 
4. Lemon
Buah yang kaya akan vitamin C ini merupakan bahan yang ampuh untuk membasmi jerawat, bahkan tak sedikit pula obat jerawat yang dijual di pasaran yang mengandung bahan lemon karena efeknya yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Lemon merupakan zat eksfoliator yang baik sehingga dapat dengan efektif mengangkat sel kulit mati. Selain itu, lemon juga mampu mengontrol produksi minyak pada wajah, mempercepat regenerasi sel, dan mencerahkan wajah. Antioksidan pada lemon juga dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.
 
Namun jangan terlalu sering menggunakan lemon untuk perawatan wajah, karena pemakaian yang berlebihan bisa mengikis lapisan kulit dan membuatnya lebih sensitif. Selalu gunakan tabir surya setelah menggunakan masker perasan lemon untuk menghindari kemerahan pada kulit.
 
5. Lidah buaya
Lidah buaya sudah dikenal sebagai obat luka bakar atau iritasi akibat sinar matahari karena bersifat mendinginkan atau menenangkan kulit dan meredakan inflamasi. Namun tak hanya untuk mengobati luka, lidah buaya juga baik untuk dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Kandungan lidah buaya juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen, sehingga cocok untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.
 
Caranya mudah saja, cukup dengan oleskan satu sendok makan gel lidah buaya murni pada kulit yang berjerawat pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam sebelum beristirahat. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan perasan lemon agar khasiat lebih terasa.



Dilansir dari: Berita Gaya Hidup CNNIndonesia.com
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di