alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Disarankan Terbitkan Perppu KPK sebelum Pelantikan Presiden
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ab75d65b24d2ce05dc180/jokowi-disarankan-terbitkan-perppu-kpk-sebelum-pelantikan-presiden

Jokowi Disarankan Terbitkan Perppu KPK sebelum Pelantikan Presiden

Jokowi Disarankan Terbitkan Perppu KPK sebelum Pelantikan Presiden
Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research and Consulting) merilis hasil survei nasional, dalam rilis tersebut turut menghadirkan, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Viva Yoga Mauladi, Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Ace Hasan Syadzilly, Pengamat Politik LIPI Syamsudin Haris dan Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Afiruzzaman di Millennium Hotel, Tanahabang, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019 | AKURAT.CO/Oktaviani

AKURAT.CO, Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menyebut sebaiknya Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) KPK sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019.
“Titik tolaknya adalah 17 Oktober sebab itu satu bulan sesudah 17 September, dimana DPR dan pemerintah bersepakat UU KPK direvisi. Walapun Presiden Jokowi tidak tandatangan UU yang disahkan DPR itu bisa tetap sah berlaku,” kata Syamsuddin Haris di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2019).
Menurut dia, ada dua pilihan Perppu KPK dikeluarkan, bisa sebelum pelantikan, atau setelah 20 Oktober mendatang.

Baca Juga:

PBNU: Selamat Pada Presiden Dan KH Aqil Siroj Dinobatkan Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia
LIPI: Pemakzulan Presiden Jokowi Karena Perppu KPK Pembodohan Publik
Jubir Prabowo Bantah Gerindra Minta Jatah Tiga Menteri Di Kabinet Jokowi



“Oleh karena itu memang pilihan yang baik bagi Pak Jokowi adalah menunggu tanggal 17 Oktober 2019. Dengan demikiaan penerbitan Perppu KPK bisa dilakukan setelah 17 Oktober. Nah sesudah itu kapan? Ada dua, bisa sebelum dan sesudah pelantikan presiden,” ujarnya. 
Meski demikian, dikatakan dia, penerbitan Perppu untuk membatalkan dan menunda di-undangkan revisi UU KPK yang paling pas saat ini usai Jokowi dilantik menjadi Presiden terpilih periode 2019-2024.  
Hal itu, lanjut dia, bisa memiliki banyak keuntungan sendiri bagi Jokowi apabila setelah pelantikan presiden dan wakil presiden.
“Pertama untuk mengamankan pelantikan presiden. Kedua, apabila diterbitkan perppu KPK dilakukan setelah pelantikan Pak Jokowi, maka legitimasinya lebih kuat karena presiden dapat mandat politik baru," tuturnya.
Syamsuddin menambahkan, dikeluarkan Perppu sebelum pembentukan kabinet pemerintahan Jokowi periode kedua, karena memiliki nilai tawar posisi jabatan menteri dan kepala lembaga tinggi negara.    
"Kenapa sebelum pembentukan kabinet? karena presiden punya bargaining position yang kuat menghadapi partai politik,” tegasnya. []




Sumber

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mungkin sedang dipertimbangkan.
Lihat 1 balasan
Semoga pelantikan Presiden dan Wapres berjalan lancar.
Diubah oleh 54m5u4d183
Balasan post lupis.manis
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:

Pastinya sedang loba-lobi ke sana kemari. emoticon-Malu (S)
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
kodok mana berani
hanya saran kan, ya bebas, yg jelas ruu kpk harus jadi uu, jalan terus pak presiden, gak usah takut emoticon-Embarrassment
Tggu 30 dino ben aman emoticon-Big Grin

H-14 emoticon-Big Grin
perppu isinya apa? maunya balik lagi ke UU KPK 2002? justru itu UU banyak kelemahan. kalau nanti dikeluarkan perppu ternyata nggak sesuai harapan SJW, maka diteror lagi. kalau terima masukan dari SJW soal perppu, buat apa ada DPR?
kesimpulan: SJW silakan JR ke MK aja.
Lihat 1 balasan
Balasan post billyns
Quote:


Kok tanya buat apa ada dpr? Nih gunanya
Jokowi Disarankan Terbitkan Perppu KPK sebelum Pelantikan Presiden


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di