alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Lowongan Kerja /
Penipuan Lowongan Kerja
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9aad83e83c72510d32bd59/penipuan-lowongan-kerja

Penipuan Lowongan Kerja

Cerita sedikit aja sih, gua ga ngasih tips atau yang formal-formal gitu yaa cuma mau cerita aja.

Jadi gua punya temen, waktu itu dia coba lamar pekerjaan dari website ind33d. Dia udah coba semacam Jobstr33t, Link3d1n juga udah cuma belom ada yang dipanggil dari kedua website itu. Nah akhirnya ada lah dia dapet panggilan interview melalu Whatsapp. Gua gapunya bukti screenshotnya karna ya udah lama juga kejadiannya dan lupa apa nama PT nya.

Dia seneng bukan main dong ya namanya juga dipanggil interview. Dia cerita lah kebahagiaannya itu ke gua dan merencanakan akan datang interview pada waktu yang ditentukan. 

Beberapa hari kemudian, di hari dia harusnya interview malah dia gak jadi interview? kenapa? oke, jadi waktu itu dia ke kampus dan ketemu sama gua lalu dia cerita kalo kantor yang panggil dia buat interview, alamatnya gak ada di maps. gua denger itu langsung bantu cari dong ya di maps terus gua liat di jalan tsb ada ruko yang kayak ga keurus sih tapi gak keurusnya tuh masih bisa dipake cuma kan untuk KANTOR ga mungkin begitu juga. terus gua tanya, 

"lho ini ada ruko, kamu ga liat?",

dia jawab, "oh aku mah liat itu rukonya emang ada tapi masa itu sih? nomernya bener emang?",

"bener kok", gua bilang gitu.

dia langsung tarik napas dalem-dalem dan ngelus dada. "Ya Allah iya dong ternyata bener penipuan".

jadi temen gua itu kek perasaannya udah gak enak selama dia berangkat kesana. dan dia udah baca review juga sebenernya, cuma dia "udahlah positive think aja" gitu lho. Disitu dia kek lemes gitu karena kaget mungkin dan dia juga merasa lega karna dia gajadi ke kantor itu. kalo sampe jadi dia tau pasti bakal dimintain duit.

oke itu cerita pertama, kalo cerita kedua ya sama aja sih ceritanya. cuma bedanya, temen gua yang ini, sebut ajalah si A. beda orang ya sama temen yang cerita di atas.

si A ini udah excited banget kan mau dateng interview, terus dia ketemu kantornya dan masuk lah dia ke dalem kantor tersebut buat nunggu panggilan interview. Dia juga di sana bukan cuma sendiri, banyak yang sama kek dia dan rata-rata fresh graduate. 

si A dipanggil dan masuk ke ruangan yang katanya HRD wkwk. yaudah ditanya segala macem kan ujung-ujungnya ya dia dipintain duit sebesar 500.000. ck, duit lho itu duit. kata HRD nya bilang, "itu syarat supaya kamu keterima disini", eleuh hoax! dan si A ini cuma ada 50.000 doang kan terus katanya ya "gapapa, anggap aja ini jaminan, DP dulu". DIKIRA MAU KREDIT MOTOR APA?!

akhirnya apa, temen gua ngasih lah duit 50.000 nya ke si HRD dengan hati yang ga ikhlas karna itu uang satu-satunya buat dia makan dan ngongkos. Kemudian, si A pulang jalan kaki terus ga makan selama di perjalanan, dia cuma bawa aqua yang pas mau berangkat itu dia beli.

gua ga ngerti lagi sih orang-orang nipu tuh, apasih gunanya? sesusah itu ya emang nyari duit? padahal kalo kalian sabar dan tekun juga duit mah dateng aja tanpa harus nipu. Orang-orang kayak di PT penipuan gitu lah yang orang males tapi mau duit instant.

disini gua ga kasih tips cara bedain mana loker yang official dan mana loker dari PT. tipu tipu, karena sourcenya di google dan di beberapa sosmed juga udah dikasih tau gimana cara bedainnya.

oke, sukses ya guys buat kalian! see ya!
Diubah oleh deliaelvina
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di