alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Resep Bolen Bandung dan Cara Ngovennya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9aa97a8d94d051c25c2832/resep-bolen-bandung-dan-cara-ngovennya

Resep Bolen Bandung, Cara Nyetak/Lipat-lipat dan Cara Ngoven

Adakah yang masih asing dengan kue manis gurih ini? Kalau iya, yuk cobain. Yang sudah tahu pun, boleh nyobain lagi, hehe .... Bisa beli atau membuat sendiri. Caranya? Simak terus, ya! πŸ˜‰


Bolen ini katanya singkatan dari bolu molen. Tahu juga, kan molen? Kue yang dalamnya pisang terus digoreng .... Nah, bolen juga umumnya berisi pisang, hanya saja ditambahin coklat atau keju, bedanya salah satu itu.


Kalau molen digoreng, nah, kalau bolen dioven. Mau nyoba bikin? πŸ˜‹


Bolen ini berasal dari Bandung-Jawa Barat. Selain bisa diisi pisang, juga bisa diisi tape singkong, nanas atau durian. Wuiiihhh ... ngiler tuh .... 😁


Membuat bolen itu sebenanrya mudah. Karena tinggal isi kulit pastry (bisa dibeli jadi) dengan isian yang diinginkan. Kemudian dioven. Yang ini harus pakai korsvet juga, ya.


Nah, tapi ... aku punya resep kulitnya yang pasti lebih hemat. Tanpa korsvet. Meski jadi tambah ribet. Hihihi .... Segala butuh perjuangan ya guys! πŸ˜‰


Yuk, ah ... simak resep kulitnya. Sekalian akan kukasih cara ngovennya yang menurut pengalamanku udah bener. (Kurang lebih 3 tahun aku menggelutiΒ  kue dengan kulit berlapis-lapis ini).


Oh, iya ... Gunakan bahan yang masih bagus ya. Yang masih layak untuk digunakan, tidak kadaluarsa. Dan untuk telur, cuci dulu sebelum digunakan πŸ˜‰


Resep kulit


Bahan 1
100 gr tepung terigu protein tinggi
70 gr margarin
1sdm minyak goreng
(Campur semuanya, bulet-bulet(umunya jadi 15 buah), simpan di kulkas sekitar 15 menit)


Bahan 2
200 gr tepung terigu protein tinggi
70 gr margarin
30 gr gula halus
1 sdm susu bubuk
Air kurang lebih 80 ml
(Campur semuanya, bulet-bulet dengan jumlah yang sama dengan bahan1)


Bahan isian
Pisang (aku biasa pake pisang nangka, terapi bisa juga memakai pisang tanduk, bangkawuluh, kepok)
Keju (kalau aku diparut, bisa juha diiris)
Coklat blok/dcc (diiris)


Bahan olesan
Kuning telur ditambah pewarna kuning tua.

Gambar, dokumen pribadi

Resep Bolen Bandung dan Cara Ngovennya


Cara melipat


Ambil bahan 2, pipihkan. Simpan bahan 1 di atasnya, lipat kemudian gilas. Lipat lagi, gilas lagi. Ulangi hingga tiga kali.

Lebarkan. Simpan pisang yang sudah dikupas dan dipotong bersama keju atau coklat di atasnya. Lipat seperti melipat amplop.
Kalau susah, yang sabar, ya ... Ini butuh kesabaran dan keuletan. Kalau sudah biasa mah pasti cepet ngerjainnya 😁.

Gambar, dokumen pribadi

Resep Bolen Bandung dan Cara Ngovennya


Susun di loyang. Oles kuning telur. Kasih toping atasnya. Kalau isinya pisang keju, topingnya keju. Kalau isinya pisang coklat, topingnya coklat. Jangan kebalik, kecuali kalau mau menjebak seseorang. 😱

Gambar, dokumen pribadi

Resep Bolen Bandung dan Cara Ngovennya


Cara ngoven

Panaskan oven (aku pakai oven tangkring)

Simpan di rak bawah sampai bawahnya kecoklatan. Setelah itu pindahkan ke rak atas. Hingga mengembang dan atasnya kecoklatan juga.


Mungkin kalau pakai oven listrik mah, api bawah dulu terus api atas.


Setelah itu, matang .... Tunggu hangat, baru cicipi. Jangan langsung dimakan pas masih panas, ya! πŸ˜‚


Wuiiihhh ... bolen yang baru keluar dari oven itu, muantap! Kriuk-kriuk kulitnya renyah. Gurih kemudian manis dari coklat yang masih lumer (kalau dalemnya coklat 😁).


Yang sudah dingin pun, atau disimpan sampai besok masih enak lho ... (kekuatannya hanya tiga hari saja, karena tanpa bahan pengawet)

Selamat mencoba .... 😁

Gambar, dokumen pribadi

Resep Bolen Bandung dan Cara Ngovennya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh athfahdw
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
duhh jadi pingin
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Quote:


Hubungi penjual terdekat mamer, tau terbang ke sini hehehe
profile-picture
annaharry memberi reputasi
ajarin cara buatnya dong kak, siapa tau saya bisa buat sendiri trs di beli sendiri, jajan sendiri, ahh bgnilah nasib kesendirian emoticon-Leh Uga
enak ya gan
profile-picture
annaharry memberi reputasi
emoticon-Shakehand2
tambah foto2 melipatnya emoticon-thumbsup
emoticon-terimakasih
Wah jadi pengen nyoba bikin nih. Makasi resepnya sist emoticon-Kiss
Quote:


Hihihi ....
Cari temen atuh biar ga sendirian ...

Itu kan udah diajarin ...
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Quote:


Enak ... Ini andalan bakulanku 😁
Quote:


Insya Allah nanti ya ... πŸ˜€
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Quote:


Ayo, eksekusi ... πŸ˜‚

Ini andalan bakulanku lho πŸ˜‰


Quote:


Woww Mantul dah emoticon-Goyang
jadi ngiler nih emoticon-Toast
bokap ane suka bangeeet nih sama bolen waktu nyoba beli di kartikasari bandung, cuma agak pr ya kalo mau beli ke bandung lagi. thanks sist infonyaaa, coba tar bikin deh!
Quote:


Sudah mas, ditambahin tutorial cara melipa πŸ˜€
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Quote:


Cobain, yuk ... πŸ˜‹
Quote:


Sama-sama. Udah kukasih tutorial cara melipatnya juga
Jago masak
suka banget. tapi nghak bisa bikin🀣
Baru tahu yang namanya bolenπŸ˜…
Sepertinya enakemoticon-Genit
Ini .mah mkanan kesukaan si paksu
Halaman 1 dari 3


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di