alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Belajar Internet Marketing Itu Mudah, Mau Tahu Caranya? Ini Dia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9a9ecaa7276828e331c88e/belajar-internet-marketing-itu-mudah-mau-tahu-caranya-ini-dia

Belajar Internet Marketing Itu Mudah, Mau Tahu Caranya? Ini Dia

Apa kabar agan semua, kali ini kita akan bahas cara mudah belajar internet marketing. emoticon-Salam Kenal

Dunia marketing berkembang cepat dalam beberapa tahun terakhir. Kita punya berbagai cara untuk memasarkan produk-produk yang ingin kita jual.

Media cetak, televisi, dan radio, pernah menjadi primadona untuk memasarkan sesuatu.

Kini seiring kemajuan teknologi, kita bisa memasarkan produk di media yang punya jangkauan sangat luas, Internet . Media yang satu ini menjadi primadona baru dalam dunia marketing (pemasaran).

Biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran di media ini bisa lebih rendah daripada ketiga media yang disebutkan di atas, bahkan bisa pula gratis.

Kamu seorang pengusaha? Ingin memasarkan produk kamu? Kenapa tak memasarkannya via internet?

Belum tahu caranya? Nah, di tulisan ini Babastudio akan membagi ulasan mengenai internet marketing untuk memudahkan kamu belajar internet marketing.

Tapi sebelumnya, ayo kita lihat pengertian dari internet marketing.


Apa Itu Internet Marketing?



Kini internet marketing (internet marketing) menjadi bagian penting dari sebagian besar model bisnis.

Internet marketing adalah cara paling murah untuk menjangkau target pasar, terlepas dari ukuran bisnis kamu.

Disebut juga online marketing (pemasaran online), internet marketing adalah suatu proses mempromosikan bisnis atau merek dan produk atau layanannya melalui internet menggunakan cara yang bisa membantu mendorong lalu lintas, prospek, dan penjualan.


Internet marketing adalah istilah yang cakupannya cukup luas, diantaranya meliputi berbagai taktik dan strategi pemasaran - termasuk konten, email, pencarian, media berbayar, dan banyak lagi.

Saat ini, internet marketing sering digunakan secara bergantian dengan "content marketing (pemasaran konten)."

Mengapa demikian?

Karena content marketing merupakan internet marketing masa kini dan masa depan.

Content Marketing Institute mendefinisikan content marketing sebagai:

    “Pendekatan pemasaran strategis berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang didefinisikan dengan jelas - dan, pada akhirnya, untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.”

Kamu bisa menganggapnya seperti ini: content marketing (atau inbound marketing) bertentangan langsung dengan iklan tradisional (outbound marketing), dan berintegrasi langsung dengan pola dan kebiasaan generasi saat ini.

Kami tidak suka dijual, kami memiliki pemblokir iklan kami, dan kami hampir tidak lagi menonton TV kabel. Begitulah generasi saat ini.

Content marketing menyajikan konten yang membahas poin-poin rasa sakit kita, dan ada saat kita menginginkannya.


Lalu Bagaimana Pertarungan Content Marketing Dengan Periklanan Tradisional?



Internet marketing, dalam hal ini content marketing, adalah pemasaran modern.

Pemasaran modern ini hadir setelah era periklanan tradisional, meski periklanan jenis ini masih hadir hingga saat ini.

Tapi inilah jalur evolusioner di balik bentuk pemasaran modern yang paling sukses saat ini.

Penjualan tidak lagi berfungsi (mis., Iklan tradisional). Mengapa?

Karena periklanan tradisional berfokus pada mendorong pesan pada konsumen untuk membuat mereka membeli. Ini bersifat interupsi, obstruktif, dan intrusif. Dengan kata lain, kadang cukup mengganggu.

Mereka seperti berteriak, "Hei, lihat aku!" Sambil melambaikan tangannya. Meski kamu mencoba untuk menghindari kontak mata, tetapi iklan tradisional tetap ada.

Kamu tahu seperti apa tampilan iklan tradisional? Pasti kamu tahu karena semua orang dibombardir dengan mereka setiap hari. Iklan TV, baliho, iklan majalah, iklan radio, dan iklan spanduk web.

Iklan sudah ada sejak lama. Iklan mungkin masih berguna di beberapa tempat strategis. Dan kamu tak bisa menghindarinya. Iklan ini juga tidak dapat menjangkau tempat yang jauh.

Beda dulu beda sekarang.

Sekarang iklan bisa tampil tepat di hadapan kita di manapun. Ini bisa terjadi karena adanya komputer atau gadget (gawai). Meski itu harus terhubung dengan internet.

Tetapi pengguna internet bisa menutup iklan dengan hanya mengeklik ‘tombol tutup’ jika mereka tidak ingin melihatnya. Seperti itu perbedaannya dan tepat seperti itulah yang terjadi.

Menurut laporan PageFair, 615 juta perangkat yang digunakan saat ini menggunakan pemblokir iklan. Selain itu, penggunaan pemblokir iklan meningkat 30 persen pada tahun 2016.

Kamu tahu itu dan semua orang tahu itu.

Bagi yang tak suka, iklan memang menjengkelkan. Dan, ini bukan cara efektif agar konsumen lebih mengenal tentang produk baru.

Alih-alih bisnis berdiri di depan muka konsumen, mereka harus mengambil pendekatan yang berbeda dan lebih lembut. Lalu cara apa yang bisa digunakan?

Content marketing bisa menjadi pilihan tepat.

Merek dan pemasar yang menggunakannya mempublikasikan konten yang mengajarkan, menginspirasi, memandu, atau memecahkan masalah untuk audiens target mereka.

Dengan beberapa trik praktis, target dapat menemukan konten tersebut di web tanpa perlu adanya dorongan. Jika prospek (calon pelanggan) mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari konten, mereka akan terus kembali lagi.

Akhirnya, konsumen dapat berinteraksi dengan merek secara organik dan membagikan konten mereka di media sosial. Dengan begitu, kepercayaan bisa diraih dan hubungan komunikasi pun terjalin.

Pengikut setia ini kemudian dapat diubah menjadi prospek dan penjualan - secara alami. Semua hal itu bisa terjadi jika bisa memberikan manfaat kepada pengguna.

Bantu pengguna - tawarkan kepada mereka sesuatu yang berharga dan mereka akan memberi kesan positif.

Itulah internet marketing / content marketing.

Lalu mengapa kamu harus memilih ini daripada pemasaran tradisional?


Mengapa Internet marketing?



Sekarang kamu sudah tahu apa itu internet marketing. Kamu mungkin masih bertanya-tanya mengapa ada begitu banyak sensasi tentang ini.

Ya, tren ini sedang berlangsung. Internet marketing telah berhasil berulang kali.

Berikut adalah beberapa statistik menurut situs Search Engine Journal yang telah dikumpulkan dari seluruh web untuk membantu memberikan gambaran mengapa internet / content marketing menjadi terkenal.

    Pada 2019, content marketing menjadi sebuah industri bernilai $ 313 miliar.
    91% bisnis sudah yakin akan kekuatan content marketing dan telah mengadopsinya sebagai taktik pemasaran yang penting.
    Content marketing berbiaya 62% lebih rendah daripada pemasaran tradisional dan menarik 3x lebih banyak prospek.
    Jika kamu pebisnis kecil menggunakan blog, kamu akan meraih pertumbuhan sekitar 126% lebih banyak daripada pesaing yang tak memiliki blog.
    Jika kamu memiliki blog dan menerbitkan konten, kemungkinan kamu akan mendapatkan 434 % lebih banyak halaman yang diindeks di Google.


Dan masih ada lagi.

Dengan upaya content marketing, kamu akan melihat bisnis kamu mengalami kenaikan sesuai harapan. Dan tak menutup kemungkinan, pertumbuhan finansial kamu akan melebihi ekspetasi.

Intinya: Hal ini berfungsi.

Tapi perlu diingat kalau content marketing ini merupakan bagian dari internet marketing. Ada hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan saat menjalankan bisnis dengan metode periklanan seperti ini. Ada banyak hal yang ikut mempengaruhi tingkat keberhasilan.

Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa berhasil menjalankan internet marketing?

Berikut ini Babastudio akan memberikan tips-tips singkat agar kamu bisa belajar internet marketing dengan mudah.

Ayo kita mulai.


Cara Belajar Internet Marketing


Persiapan Untuk Menjalankan Internet Marketing

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum belajar internet marketing lebih jauh. Apa itu?

1. Cari informasi di internet.

Jika kamu merasa gaptek (gagap teknologi) dan tidak memiliki banyak pengalaman dengan Internet, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah “memperkenalkan diri” dengan promosi online, seperti iklan banner di sisi halaman web, belanja online, dan pasar online, seperti Amazon dan eBay.

    Jika kamu tidak memiliki keterampilan dasar komputer dan internet yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelian, penjualan, dan navigasi Internet, mungkin kamu harus mendaftar kursus.

Kamu perlu belajar di tempat kursus yang bisa membantu kamu meningkatkan keterampilan komputer kamu. Babastudio bisa menjadi tempat yang tepat untuk itu.


2. Mendaftar/membuka akun media sosial.

Cara terbaik untuk memahami media sosial adalah dengan terjun langsung ke dalamnya. Daftarlah untuk mendapatkan akun gratis di Facebook, Twitter, Linked In, Pinterest, Google Plus, dan lainnya.


3. Kuliah di jurusan yang fokus pada pemasaran online atau Internet.

Jika kamu baru saja meyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas dan kamu tertarik mendalami bisnis dan pemasaran, maka kemungkinan besar ini adalah jalan terbaik untuk kamu. Kamu bisa mempelajari program pemasaran yang berfokus pada internet marketing dan dasar-dasarnya satu per satu dengan lebih detail.

Setelah lulus, kamu akan siap untuk pekerjaan entry-level di perusahaan pemasaran. Kamu juga dapat menggunakan pengetahuan kamu untuk memasarkan produk atau ide kamu sendiri.


4. Kursus internet marketing.

Jika kamu tidak akrab dengan langkah-langkah dasar pemasaran bisnis dan promosi online dan jika kamu tidak tahu cara mengatur akun, membuat situs web, menggunakan layanan Google atau bekerja perangkat lunak desainer grafis / web, mungkin ini cara terbaik untuk belajar.

Banyak perusahaan menyediakan layanan tutorial internet marketing ini. Kamu juga dapat mendaftar di suatu tempat kursus yang bagus agar kamu tak sia-sia mengeluarkan biaya. Meski kini sudah cukup banyak kelas-kelas online, tapi ada baiknya kamu belajar di kelas fisik. Keduanya ada keuntungan dan kelemahan.

Setelah kamu mempersiapkan diri untuk belajar internet marketing maka kamu bisa mulai mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu.


Memahami Dasar-Dasar Internet marketing



Apa yang perlu kamu pelajari dari dasar-dasar internet marketing?


Hal 1. Pelajari langkah-langkah analisis Internet, jika kamu ingin belajar internet marketing.

Bagi siapa saja yang tahu dasar-dasar media sosial, optimasi mesin pencari (SEO), Google news, dan membangun website, maka kamu mungkin bisa belajar internet marketing sendiri.

Bagian terbesar dari pemasaran adalah memahami pesaing, data, dan analisis pasar. Tentukan pasar kamu. Ini adalah sesuatu yang harus jelas saat kamu memilih layanan atau barang yang ingin dijalankan.

Namun, kamu mungkin perlu meneliti bagian apa dari pasar tersebut yang sedang online dan porsi apa yang seharusnya dilakukan melalui penjualan telepon atau langsung.

Tentukan siapa pesaing utama kamu jika berbisnis online. Cari tahu bagaimana mereka bekerja, bagaimana mereka memasarkan dan seberapa besar pangsa pasar yang kamu percayai.

Mendaftarlah ke e-newsletter, telitilah siaran pers mereka dan tentukan kekuatan dan kelemahan masing-masing pesaing online. Kamu bahkan mungkin perlu membeli sesuatu dari mereka untuk memahami bagaimana mereka menyelesaikan proses penjualan mereka.

Tentukan kriteria pelanggan ideal kamu. Untuk produk apa pun, kamu harus dapat melihat siapa yang membeli produk. Setelah menentukan demografi, kamu dapat menentukan di mana mereka menghabiskan waktu mereka di Internet.



Hal 2. Menafsirkan data yang telah dikumpulkan.

Menafsirkan data yang telah kamu kumpulkan. Buat laporan menggunakan Google Analytics, perangkat lunak, atau spreadsheet yang bisa menunjukkan pasar, persaingan, dan data pelanggan.

Kamu dapat menggunakan perangkat lunak atau program online tertentu yang dapat membantu kamu membuat laporan atau bagan untuk menunjukkan di mana pelanggan ideal kamu berbelanja dan siapa pesaing utama kamu.

Ini sangat penting jika kamu memiliki atasan yang secara rutin meminta laporan kamu terkait internet marketing. Meskipun kamu mungkin dapat mengubah data menjadi strategi dengan mudah, laporan dan grafik sangat penting untuk mengkomunikasikan data itu kepada orang-orang yang mengendalikan anggaran.

Luangkan waktu untuk membuat laporan yang komprehensif dan mungkin membuat presentasi PowerPoint berdasarkan penelitian kamu.



Hal 3. Mengembangkan strategi.

Gunakan penelitian dan kesimpulan dari laporan kamu untuk mengembangkan strategi yang sukses agar bisa mencapai target demografi kamu.

Kamu bisa mulai menggunakan metode yang berhasil untuk pesaing kamu, kemudian cari pendekatan yang lebih inovatif.

Ada kemungkinan kamu perlu menyewa penulis untuk melakukan artikel SEO, desainer grafis untuk melakukan iklan, dan desainer web untuk memperbarui atau membuat website. Kamu mungkin juga perlu mempekerjakan orang untuk memperbarui akun media sosial bisnis kamu setiap hari.



Hal 4. Buat online marketing campaign dan lacaklah dengan rutin.

Pastikan situs kamu menggunakan analitik atau gunakan Google Analytics sehingga kamu tahu metode mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Ini adalah aturan internet marketing yang sering terlupakan, tetapi ini adalah satu-satunya cara untuk melihat laba atas investasi (ROI) kamu.

Internet marketing hampir selalu meluncurkan banyak campaign sekaligus, itulah sebabnya mengapa mereka begitu penting untuk dilacak. Sebuah website mungkin dipromosikan melalui e-mail blast, video YouTube, akun media sosial, web banner, affiliate marketing, SEO, blog, dan lain-lain.

Pahami bahwa search engine (mesin telusur) adalah kunci bagi sebagian besar online marketing. Suatu bisnis perlu memastikan situs dan produk mereka terdaftar di halaman pertama pencarian Google, Yahoo atau Bing.

Cara utama melakukan hal ini adalah SEO, meta tag, siaran pers, konten media sosial, video, dan iklan berbayar untuk ditempatkan di bagian atas atau sisi halaman pencarian.



Hal 5. Pahami bahwa internet marketing terus berubah.

Daftarlah untuk buletin atau blog yang membuat kamu tetap terhubung dengan saluran media sosial terbaru, artikel pemasaran, dan perusahaan inovatif.

Berinvestasi dalam kelas pemasaran atau pemrograman, jika kamu berpikir mereka dapat meningkatkan pengetahuan internet marketing kamu secara signifikan.

Untuk melakukan internet marketing tak ada persyaratan bahwa hanya usaha besar yang dapat melakukannya. Usaha kecil pun bisa melakukan ini.

Meski kamu hanya memiliki sebuah bisnis modal kecil, tapi jika dilakukan dengan benar, internet marketing bisa memberikan dampak signifikan, terutama dalam hal finansial.

Dengan perkembangan teknologi, ada banyak usaha yang menjanjikan jika digabungkan dengan internet marketing.

Bahkan jika kamu tak punya biaya sekalipun untuk membangun perusahaan kecil, kamu bisa bergabung dengan marketplace-marketplace yang sudah ada. Salah satunya, dePLAZA.id.

Apa itu dePLAZA.id?

Ini adalah sebuah marketplace yang menyediakan berbagai produk mulai dari elektronik, pakaian, makanan dan minuman, baju, hingga kebutuhan rumah tangga. Iya betul, ada lebih dari ratusan produk yang bisa kamu pilih untuk dijual.

Dari produk-produk yang kamu berhasil jual, kamu akan mendapatkan komisi. Menarik bukan?

Kamu cukup berinvestasi di Deplaza dan kamu akan mendapatkan sebuah website marketplace seperti Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

Lalu bagaimana jika kamu tak punya biaya untuk investasi di dePLAZA.id?

Tenang saja, karena kamu mendapatkannya secara cuma-cuma (gratis) jika kamu kamu kursus dan belajar internet marketing di Babastudio.

Dengan belajar internet marketing di Babastudio, kamu bisa mendapatkan pengetahuan tentang cara-cara menjalankan pemasaran di dunia maya dan tentu saja dibimbing oleh tenaga-tenaga pengajar yang berpengalaman di bidangnya.

Jangan tunggu lagi, daftarlah di Babastudio dan tingkatkan pengetahuan kamu di bidang internet marketing.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di