alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perlukah Hukuman Tegas dan Keras Untuk Siswa yang Membandel?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9a5d19facb956ddd1beadd/perlukah-hukuman-tegas-dan-keras-untuk-siswa-yang-membandel

Perlukah Hukuman Tegas dan Keras Untuk Siswa yang Membandel?

Mendidik siswa di masa kini memang seringkali penuh dengan tantangan, hal ini terlihat dari perkembangan zaman yang telah jauh berbeda dari zaman dahulu dimana pendidikan siswa di masa kini dihadapkan dengan hadirnya internet dan sosial media yang terkadang memberikan dampak yang tidak baik bila tidak digunakan dengan tepat terutama bagi anak-anak sekolah yang masih dalam rangka mencari jati diri.
Perlukah Hukuman Tegas dan Keras Untuk Siswa yang Membandel?

Credit : pojoksatu.id

Mendidik siswa bukan perkara yang mudah karena terkadang mendidik siswa di masa kini serba salah. Saat terlalu tegas seringkali berujung masalah hukum karena orang tua tak terima dengan hukuman yang ada. Saat terlalu lembut seringkali anak didik melawan dan bahkan memperlakukan guru dengan tak hormat mulai dari merokok dalam kelas, membentak guru hingga yang lebih miris adalah menganiyaya guru yang sudah semestinya dihormati oleh dirinya sendiri dan patuh kepada gurunya yang telah mengajarkannya banyak hal.

Problema di dunia pendidikan memang terkadang begitu rumit, saking banyaknya siswa yang menempuh pendidikan di setiap lembaga pendidikan tak jarang anak didiknya tak semuanya bisa terperhatikan. Hal ini seringkali menjadi masalah tersendiri hingga akhirnya muncul banyak kasus mulai dari masalah anak pelajar bolos sekolah hingga melakukan tindakan kriminal. Berbagai masalah yang ada seringkali menjadi PR yang harus diselesaikan oleh setiap lembaga pendidikan. Meskipun tak sedikit siswa yang bisa berprestasi, akan tetapi tak sedikit siswa bandel yang melanggar membuat nama sekolah tercoreng, aturan yang dibuat sudah semestinya efektif guna melindungi generasi muda masa kini dan juga meminimalisir terjadinya anak yang bandel dan susah diatur.

Setiap waktunya selalu saja ada siswa yang bandel dan susah diatur, dan di masa kini rasanya siswa yang bandel seakan menjadi-jadi melakukan sesuatu yang buruk termasuk tidak menghormati guru dan merendahkan martabat guru. Perlakuan yang tak pantas seperti ini sudah semestinya bisa ditindak dan tak bisa dibiarkan begitu saja. Pertanyaannya perlukah peraturan tegas dan keras untuk siswa yang membandel? Hal itu terkadang penting untuk dilakukan.

Peraturan keras dan tegas di dunia pendidikan boleh-boleh saja, akan tetapi jangan sampai menghukum siswa yang berlebihan. Berilah hukuman yang mendidik agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Berilah hukuman yang pantas untuk siswa yang membandel namun hindari kekerasan karena bisa saja berurusan dengan hukum karena di masa sekarang karena hal yang terlihat sepele saja bisa berujung penjara yang merugikan guru sendiri.
Perlukah Hukuman Tegas dan Keras Untuk Siswa yang Membandel?

Credit : beritagar.id

Selain orang tua yang jangan lepas tangan mendidik anak, lembaga pendidikan juga harus bisa menerapkan aturan yang tegas kepada seluruh anak didiknya agar disiplin untuk belajar. Untuk anak didik yang membandel hukuman yang keras mungkin dibutuhkan selama itu wajar seperti skorsing dan sebagainya. Bila anak terus membandel maka jalan lain adalah keluarkan anak tersebut dari sekolah bila memang sudah tak bisa diatur lagi sehingga pihak sekolah jangan plin-plan dalam membuat keputusan yang tegas terhadap siswa yang membandel. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Reserved
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
gak usah hukuman berat berat nanti masuk kepasal penganiyaan, palu aja hp nya sampe bubuk menurut ane itu lebih worth it emoticon-Leh Uga
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Kalo menurut ane pribadi sih perlu, tapi jangan terlampau parah hukumnya.
Nanti kalo masih diulangi sampe beberapa kali, kembalikan ke orang tuanya, biar ortunya aja yg hajar.
Atau kalo gak beri nilai yg rendah wkwk
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Eh gw waktu sekolahnpernah di hukum keliling sekolah,hormat bendera sampe jam 9,di jewer,di sabet pake rotan,push up ,bending dan terus terang guru2 yg dulu menghukum gw adalah guru2 yg ga akan pernah gw lupain 😭😭😭😭 gw kangen mereka 😭😭😭😭 kalo ketemu gw suka pengen nangis sumpah ..
Selama jadi pengajar freelance belum pernah ngalamin murid yang membandel emoticon-army
Diubah oleh comrade.frias


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di