alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Khilafah Islam Di Indonesia? Bisa !!!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9a2d0a10d2954778067b9f/khilafah-islam-di-indonesia-bisa

Khilafah Islam Di Indonesia? Bisa !!!

Khilafah Islam Di Indonesia? Bisa !!!

Ide soal penegakan negara khilafah bukan merupakan hal yang baru digaungkan pada beberapa waktu terakhir. Dengan latar belakang kondisi negara yang dinilai amburadul, beberapa pihak berjuang menawarkan sistem pemerintahan yang dianggap ideal dan bisa mengatasi segala macam persoalan bangsa, sistem pemerintahan khilafah mengacu pada persatuan seluruh umat islam di dunia dengan membaiat/menunjuk satu pemimpin yang mempunyai otoritas terhadap seluruh umat muslim di dunia.

Saya ingat betul pertama kali saya dikenalkan pada sistem negara khilafah seperti ini pada saat saya SMA di salah satu sekolah di kota Bandung dan berdiskusi dengan salah satu senior yang tergabung dalam organisasi Dewan Kegiatan Masjid (DKM) sekolah. Saat itu saya beranggapan bahwa jika itu memang ajaran islam dan bisa membuat umat islam di dunia ini bersatu, maka alangkah bagusnya ide tersebut. Sayangnya, saat itu saya belum punya kapasitas untuk melakukan apapun bahkan untuk mendalami ide tersebut saya tidak lakukan. Ide itu mengendap begitu saja dalam pikiran saya.

Hingga saat ini, isu mendirikan negara khilafah bangkit kembali. Pikiran saya seperti kembali ke masa SMA dulu, saat saya manggut-manggut ketika mendengarkan senior saya berbicara tentang betapa idealnya apabila negara ini menjadi negara khilafah. Saya yang sekarang, bukan lagi saya yang dulu culun.

Pada dasarnya, saya senang mengeksplorasi ide-ide yang membangun yang bisa membuat negara ini lebih baik. Pikiran saya lalu dipenuhi dengan berbagai macam kemungkinan-kemungkinan, sebab akibat dan tetek bengek teknis bagaimana apabila sungguhan negara khilafah ini ditegakkan.

Yang pertama terlintas dalam pikiran saya adalah, siapa yang akan memimpin milyaran umat islam di dunia ini? Siapa yang benar-benar layak? Siapa yang akan menjamin sosok pemimpin itu menjalankan tugasnya dengan benar? Kita berbicara tentang kekuasaan yang luar biasa, yang apabila disalahgunakan akan menimbulkan bencana yang masif.

Bayangkan jika pemimpin itu salah mendeklarasikan perang, dampaknya akan sangat besar. Pastinya juga akan banyak intervensi-intervensi dari "pihak-pihak kuat yang mengendalikan dunia" ini, entah itu disusupi dari belakang, atau dilawan dari depan.

Yang jelas sulit saya bayangkan seorang manusia di jaman ini yang kuat tidak terpengaruh rayuan dan ancaman, punya ilmu dan kecakapan memimpin yang mumpuni, dan bertindak tidak berdasarkan egonya sedikitpun. Kalaupun ada, pastilah beliau tidak akan mau posisi tersebut.

Yang kedua adalah, dalam suatu sistem pemerintahan harus ada aturan atau undang-undang untuk menjalankannya. Undang-undang yang mengatur hal-hal teknis jalannya pemerintahan seperti bagaimana memilih pemimpinnya, berapa lama ia menjabat, instrumen-instrumen apa yang harus dibuat untuk menjalankan pemerintahan, bagaimana sistem pengawasannya, bagaimana aturan-aturan yang berpihak pada seluruh elemen masyarakat, bagaimana sistem penegakan hukumnya. Dan yang paling penting adalah, bagaimana menjamin undang-undang yang ada itu benar-benar murni mengandung kebenaran yang absolut, bukan hanya hukum-hukum lain hasil dari buah pikir manusia. Karena kalau itu buatan manusia pastilah jauh dari sempurna.

Maka dari itu saya mencari referensi pada Al Quran dan Hadist. Hasilnya mengejutkan!! Hingga saat ini saya belum menemukan referensi apapun dalam Quran dan Hadist mengenai perintah mendirikan negara khilafah. Jadi benarkah pendirian negara khilafah ini merupakan perintah agama Islam??

Yang ketiga adalah, cara-cara yang ditempuh pihak-pihak yang mengaku pembela negara khilafah dalam mencapai tujuannya. Pola-pola yang saya lihat mereka ini tidak jauh beda dengan pola-pola politik perebutan kekuasaan pada umumnya. Fitnah sana sini, merusak dan membuat kerusuhan.

Setahu saya Islam adalah agama yang membawa kedamaian, jadi ketika ada orang-orang yang mengatasnamakan Islam tapi bertindak tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, tentunya membuat kita semua bertanya-tanya. Benarkah atas nama Islam atau hanya untuk kepentingan pihak tertentu saja yang memakai kedok Islam?

Mohon jangan disamakan yang kalian lakukan sekarang ini dengan peperangan di zaman Rasulullah SAW. Pelajari kembali adab-adab Rasulullah dalam berperang, dan juga sebabnya. Bandingkan dengan yang terjadi saat ini.

Ada satu hal yang menarik dalam pencarian saya mengulik ide khilafah ini, saya mendapati satu titik kesimpulan bahwa sistem khilafah saat ini sudah berjalan. Pemimpinnya adalah Nabi Muhammad SAW. Undang-undangnya adalah Al Quran dan Hadist. Hukumnya adalah hukum Allah. Yang menarik dari sistem khilafah yang ini adalah walaupun saat ini pemimpin kita Nabi SAW telah wafat, namun pengaruh kepemimpinannya masih dapat dirasakan hingga saat ini melalui peninggalan beliau yaitu Quran dan Hadist. Jika semua umat muslim menjalankannya, silakan potong kepala saya kalau semua masalah-masalah di negara ini tidak selesai.

Jadi solusi saat ini dari masalah-masalah yang kita hadapi saat ini bukan hanya dari pemimpin atau pemerintahnya saja, melainkan juga dari pribadi kita masing-masing.

Sedikit bocoran, pemimpin umat islam yang akan datang baru akan muncul setelah ada urgensi yang luar biasa yang menyebabkan keharusan turunnya beliau. Pemimpin tersebut adalah Imam Mahdi dan akan diikuti oleh turunnya Yesus Kristus/Isa As dari langit. Urgensinya adalah untuk memerangi Dajjal dan menegakkan agama Islam.

Jadi, berkenaan dengan judul tulisan ini bahwa bisakah negara Indonesia menjadi negara khilafah? Bisa, syaratnya pemimpinnya adalah Imam Mahdi, dan Dajjal harus muncul dulu.

Walaupun demikian, mari kita berdoa agar hal tersebut tidak terjadi di jaman kita. Karena ketika saat itu tiba, itulah yang dinamakan fase akhir jaman yang menandakan kiamat sudah di depan mata.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di