alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9954e3b840881eed287c15/awas-ketagihan-gempolan-jajanan-unyu-dan-imut-dari-kota-pemalang

Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang

Jajanan Khas Pemalang

Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang

Sumber gambar : DokPri


Selamat Datang di Thread ane, Gansis

Semoga selalu bahagia dan sehat walafiat

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Dewasa ini, jajanan tradisional masih mempunyai tempat tersendiri di hati para peminatnya, meskipun banyak sekali bermunculan kuliner-kuliner yang kekinian. Di Pemalang sendiri, selain memiliki jajanan tradisonal yang pernah ane ulas di thread sebelumnya, ada jajanan tradisional yang bernama gempolan.

Gempolan merupakan jajanan khas Pemalang yang berasal dari Desa Sewaka, salah satu desa di Kota Pemalang yang terkenal sekali sebagai desa yang memproduksi gempolan. Bahan baku makanan ini adalah tepung beras.

Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang

Sumber gambar : DokPri


Spoiler for Proses Pembuatan Gempolan:


Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang

Sumber gambar : Dok.Pri


Dulu, hanya ada rasa original. Namun, seiring perkembangan zaman, kini gempolan sudah memiliki berbagai varian rasa seperti, pandan, strawberry, dan coklat yang terbuat dari pasta.

Gempolan disajikan dengan santan maupun gula Jawa yang dicairkan. Enak disantap saat masih hangat. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini bahan alami tanpa pengawet dan pemanis buatan.

Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang

Sumber gambar : DokPri


Salah satu keunikan jajanan ini yaitu dari masa ke masa, gempolan hanya dijual oleh para wanita, baik memakai sepeda maupun berjalan kaki. Kalau Gansis ingin menikmati makanan ini, bersiaplah bangun pagi. Sebab, para penjaja gempolan, umumnya mereka hanya berjualan di pagi hari. Kesiangan sedikit saja, maka Gansis tak akan menjumpai pedagang gempolan ini.

Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang

Sumber gambar : DokPri


Rasanya? Tak usah diragukan lagi. Dijamin enak, nikmat dan bikin lidah ketagihan memakannya. Tekstur gempolan begitu lembut di mulut. Makanan ini bisa bertahan hingga dua hari. Namun, tidak untuk santannya. Seperti yang diketahui, santan matang biasanya hanya bertahan sampai beberapa jam saja. Selepas itu santan akan berasa kecut.

Jika Gansis ingin tak langsung memakan jajanan ini, maka sebaiknya saat membeli, minta pisahkan saja santan dan gempolannya. Hal ini untuk menghindari gempolan remuk sebab terendam santan terlalu lama. Jika ingin menyimpan makanan ini untuk keesokan hari, sebaiknya masukan ke lemari pendingin. Sedangkan untuk santannya, lebih baik membuat baru lagi. Namun, jika tak ingin ribet, langsung santap saja gempolan selepas membelinya.

Untuk mendapatkan jajanan unyu dan imut ini, Gansis tak perlu mengeluarkan uang banyak. Harganya sangat ekonomis. Satu ikat gempolan ini murah meriah, hanya Rp 3.000,-

Awas Ketagihan! Gempolan, Jajanan Unyu dan Imut dari Kota Pemalang

Sumber gambar : DokPri


Sekian dulu dari ane.

Terima kasih sudah mampir di thread ini.

Jangan lupa cendol dan rate-nya, Gansis

emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss


Sumber Tulisan

Opini Pribadi

Referensi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ash.a7x dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh haz0204
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan Cahayahalimah memberi reputasi
Diubah oleh haz0204
Gansis tertarik pengin nyicipin gempolan? yuuk main ke Pemalang 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ash.a7x dan 2 lainnya memberi reputasi
itu dingin apa anget
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
Quote:


Kalau masih baru masak anget, Gan.
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan sagutumbuk memberi reputasi
belum pernah nyobaπŸ˜† di sini gak ada
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
Quote:


Enak lho, ayoo main ke Pemalang, ntar ane traktir gempolan πŸ˜†
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
Quote:


Jauh bener ya.
Mana cuma ditraktir gempolanπŸ˜†
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
Quote:


Maunya traktir apalagi? πŸ˜†
Yo wes ntar diajak keliling menikmati kuliner khas Pemalang, sama main ke tempat wisatanya πŸ˜†
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
oh asli Palembang ini kk? aku suka banget soalnya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
aku sukaaaaaaaaa
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
Quote:


Pemalang, Sist. Bukan Palembang πŸ˜…πŸ˜†
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan abellacitra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Aku juga suka, Mak. πŸ˜†
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Jaman ku se-porsi masih Rp. 25,00.
Bungkus nya blom plastik, masih pake daun pisang dipincuk.

Varian nya juga baru 2, original (warna putih, tawar) sama warna coklat (manis).








































ketauan deh, angkatan jadoel..
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
Balasan post haz0204
Oalah galham baca nya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
itu jajanannya unik banget, Mbak. baru liat aku
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
Apaan tuh kukira cilok warna warni πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
lahhh tanggung jawab jadi kepengin, aku senengnya tuh yang warna coklat, ada manisnya kayak aku
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
Hadeeehh... Jadi kangen ama ini makanan gan..emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan haz0204 memberi reputasi
baru tau ane ada jajanan kyk begini, kaga pernah tau banyak soal makanan pemalang ane.. pengen cobain jadinya euyy
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
ini sama kaya es gempol gitu kan yaa? cuma gaada pleretnya? anyway ane suka banget2222 sama es gempol pleret eheheheh.
Halaman 1 dari 11


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di