alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d96e04ec820841473302cf5/inilah-makanan-khas-lamongan-salah-satunya-lebih-terkenal-di-kota-lain

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

Lamongan. Apa sih yang pertama kali terlintas di benak Agan dan Sista ketika mendengar nama kabupaten di Jawa Timur itu? Pecel Lamongan? Persela? Ataukah Wisata Bahari Lamongan, wahana wisata yang mirip dengan Dufan di Ancol?

Sebagai seorang yang terlahir di kabupaten itu, tak ada salahnya jika ane menuliskan tentang makanan khasnya. Berikut ini makanan khas daerah lamongan yang endess banget:

1. Otak-otak bandeng
Agan dan Sista pastinya sudah tak asing lagi dengan makanan yang bernama otak-otak bukan? Makanan yang berbahan dasar menggunakan ikan ini di daerah lain dibuat dalam bentuk potongan-potongan kecil memanjang, digoreng dan dimakan dengan saus khusus. Namun, Gan, Sist, otak-otak bandeng khas Lamongan tidak demikian adanya. Otak-otak berbentuk ikan bandeng, tapi daging ikannya telah dipisahkan dari duri dan diberi bumbu-bumbu. Cara memasaknya cukup digoreng. Selain dijadikan kudapan, otak-otak bandeng ini bisa juga difungsikan sebagai lauk. Rasanya yang gurih, asin dan pedas. Awas, makanan ini bisa membuat kita gagal diet.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

2. Jongkong
Di daerah lain juga ada kudapan yang bernama jongkong. Namun, GanSist, ane pernah kecele, ternyata jongkong yang ane beli berwarna putih dari ketan, berisi unti (gula merah dan kelapa parut muda) dan dibungkus daun pisang. Jongkong khas Lamongan memiliki warna hitam. Pewarnaannya berasal dari abu pembakaran merang. Cara membuat pewarna hitam dengan membakar merang/ jerami. Abunya kita beri air. Biarkan sampai abu mengendap. Airnya yang berwarna hitam itulah yang kita pakai sebagai pewarna jongkong. Karenanya jongkong memiliki cita rasa yang khas. Kudapan ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

3. Nasi Boranan
Nasi yang penjualnya memakai tempat bernama boran, sejenis bakul besar berbahan dasar bambu. Nasi boranan memiliki aroma yang khas karena disajikan di pincuk daun jati.
Lauk yang disajikan cukup beragam, diantaranya tempe goreng, ayam goreng, telur, kuthuk (ikan gabus), bandeng, otak-otak, ikan sili dan lain-lain.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

4. Pecel Stasiun Babat
Sebenarnya, pecel dijual di mana-mana. Tapi pecel di stasiun Babat ini sangat melegenda. Penjualnya kebanyakan ibu-ibu yang sudah sepuh. Cita rasanya yang maknyus membuat pecel ini dikenang walaupun putra daerahnya telah melanglang buana. Ini salah satu makanan yang diburu ketika musim mudik.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

5. Pecel Lamongan
Siapa yang tak mengenal makanan ini? Warungnya tersebar di berbagai daerah. Biasanya warung Pecel lele Lamongan berupa warung tenda dengan spanduk warung bergambar ikan lele, ayam dan bebek. Makanan yang disajikan antara lain lele, ayam, bebek, tahu dan tempe goreng . Pecel Lamongan disajikan dengan sambalnya yang khas dan lalapan. Kepopulerannya membuat banyak orang membuka usaha yang dilabeli pecel Lamongan walaupun penjualnya bukan asli Lamongan

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

6. Wingko Babat
Kudapan ini berbahan dasar tepung ketan, kelapa parut muda dan gula pasir. Rasanya yang gurih dan legit membuat panganan ini disukai banyak orang. Kue ini merupakan kue tradisonal yang biasa dibuat oleh orang-orang di Kecamatan Babat sejak orang tua ane belum lahir. Dulu panganan ini dibuat dengan diameter besar dan merupakan salah satu kue hantaran pada upacara pernikahan. Namun, sejalan dengan berlalunya waktu, nama panganan yang namanya diembel-embeli dengan nama daerah asalnya menjadi jajanan oleh-oleh yang terkenal di Semarang. Pasti Agan Sista tak pernah melewatkan gerai jajanan oleh-oleh di sepanjang jalan Pandanaran jika berkunjung ke Semarang. Di gerai-gerai itu terdapat salah satu primadona.oleh-oleh adalah wingko babat.

Inilah Makanan Khas Lamongan, Salah Satunya Lebih Terkenal di Kota Lain

Kuy, berwisata kuliner di Lamongan!
Gimana, Gan Sist, apa kuliner termaknyus di daerah kalian?

Sumber foto: google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cattleyaonly
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Apa kuliner terendes di daerah GanSist?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrianaryna dan 6 lainnya memberi reputasi
Yuk, cintai kuliner asli Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 5 lainnya memberi reputasi
Aku suka otak-otaknya. Endes surendes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Huwaaa budookk pengen🤤🤤🤤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
1 dan 5 ane demen bangetttt emoticon-Wowcantik

no 3 sih blm pernah coba emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Kota leluhur ane lamongan tapi di babat tepatnya..
pernah nyobain pecel stasiun udah terkenal tu kalo di babat
wingko babat asli babat sebenernya bukan semarang
nasi boranan makannya di pinggir jalan kebanyakan jadi banyak asap2 dari kendaraan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Endess semua itu gan hihii. boleh banget dicobain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Ane taunya makanan lamongan ya dari warung tenda pinggir jalan gitu gan, jualannya bangsa seafood apa ayam goreng gitu
emoticon-Ngakak
Apa disana juga banyak gan yg kaya gitu,
Paling enak sambelnya sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
saya doyan semua... emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 3 lainnya memberi reputasi
Soto ayam Lamongan sama tahu campur Lamongan Mana?Prasaan di daerah lain macem Surabaya n Malang Dan sekitarnya tuh banyak Soto ayam Lamongan n tahu campur Lamongan,emang di Lamongan sendiri ga Ada?
Yang otak2 itu di Sidoarjo n sekitarnya yah banyak gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane tahunya malah soto kalau lamongan, pecel gak terlalu terkenal, masih kalah sama madiun, nasi boronan sepertinya menarik, apalagi yang jualan mbak yang itu, tentu jadi lebih lahap makannya kalau disuapin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane cuma kenal soto lamongan. Bahkan sudah lama terkenal di Kalimantan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Beuhh sego boran pancen joss
Opomaneh empuk+iwak sili
Mbayangnoe ae aku wis ngiler coyy emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh giacartone
Enak semua ini gaaan. Tapi jangan banyak2 ya kalo makan, secukupnya yaa. Terutama yg goreng2 ya. Kalo badan ngerasa gak enak abis makan, konsul aja ke Halodoc ya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
lah ane kira wingko babat tuh punya semarang, ternyata dr lamongan ya emoticon-Ngakak paling seneng sama sambel khas lamongan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
sotonya mana nih, ditempat ane yg ada soto lamongan, gak ada pecel lamongan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Nah iya wingko babat itu ane taunya dari semarang, eh ternyata dari Lamongan ya hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Kue jongkong nya unik, pakai air rendaman abu. Penasaran rasanya emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan cattleyaonly memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di