alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / MotoGP /
Konflik Makin Memanas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Nyaris Berhenti, Warga Mengecam!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d96bc2e88b3cb4201542e3f/konflik-makin-memanas-pembangunan-sirkuit-mandalika-nyaris-berhenti-warga-mengecam

Konflik Makin Memanas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Nyaris Berhenti, Warga Mengecam!

Baru saja kemarin kita bahas soal perkembangan sirkuit Mandalika yang akan digunakan sebagai tuan rumah MotoGP tahun 2021 mendatang. Memang dalam proses pembangunannya, sirkuit yang berbasis di wilayah Lombok ini sempat terdengar isu yang kurang mengenakkan, yakni soal sengketa tanah.

Bahkan sempat dikabarkan juga jika proses pembangunan sirkuit ini nyaris berhenti karena warga sekitar menghadang alat yang akan turun dalam pembangunan sirkuit.
Dalam isu sengketa tanah ini konon menurut penuturan warga, pihak pengeleloa Indonesia Turism Development Corporation atau disingkat ITDC belum membayar tanah yang dulunya merupakan jalan desa.

Konflik Makin Memanas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Nyaris Berhenti, Warga Mengecam!


Masalah tersebut makin berlarut-larut sampai sekarang proses pembayaran tanah yang dilakukan oleh pihak pengelelola belum kunjung diterima oleh warga.
Update berita terkini, warga Dusun ujung laut Desa Kuta Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat menolak kedatangan proyek yang akan dibangun di desanya. Mereka menghadang para pekerja dengan cara memagari lahan yang hendak dilakukan pembangunan.

”Ini masalah eks lahan jalan desa, masyarakat menuntut pemerintah dan ITDC membayar tanah mereka. Ini dulu (tanah) dipinjam pakai. Masyarakat sudah larang kontraktor untuk bongkar, namun tidak diindahkan, sehingga kemarin kita putuskan untuk menghadang (alat berat)..” tutur Alus Darmiah salah satu warga desain disana, seperti kutipan Koranntb.

Konflik Makin Memanas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Nyaris Berhenti, Warga Mengecam!Konflik Makin Memanas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Nyaris Berhenti, Warga Mengecam!


Pokok permasalahan sebenarnya sangat simpel, warga hanya ingin bermusyawarah kemudian membicarakan soal ganti rugi sebelum proses pembangunan diakukan lebih lanjut. Namun sayang justru pihak ITDC tidak datang saat dilakukan musyawarah dan terus tetap melanjutkan pembangunan.

” Kita sepakati untuk bertemu pihak ITDC kemarin malam di kantor desa, namun pihak ITDC tidak hadir. Jadi masyarakat meluap emosi dan sekitar jam 8.30 Wita pagi tadi masyarakat memagari lahan dengan bambu dan kayu. Masyarakat mendukung 100 persen hajat pemerintah Mega proyek nasional sirkuit MotoGP, tapi penuhi dulu hak masyarakat”…tukasnya lagi.

Konflik Makin Memanas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Nyaris Berhenti, Warga Mengecam!


Warga bahkan mengancam melakukan pemblokiran jalan ketika saat peresmian dilakukan jika ITDC tidak memiliki itikad baik dalam menyelesaikan persoalan sengketa tanah ini.

” Jangan salahkan masyarakat ketika meluapkan eforia mereka saat kedatangan presiden dengan memblokir jalan ini..” tutupnya.

Hmm sepertinya kasus ini makin meradang ya, semoga saja persoalan bakal terselesaikan dan proses menuju Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021 akan segera terealisasi.

Referensi : iwanbanaran.com(1/10/2019).

Konflik Makin Memanas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Nyaris Berhenti, Warga Mengecam!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 9 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
semoga lebih baik lagi
profile-picture
profile-picture
ichsanbf dan simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pabloo
Quote:


amin, dan semoga masalah cepet selesai lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 2 lainnya memberi reputasi
Kaco kaco nih.. Padahal motoGP adalah salah satu event internasional yang cukup populer buat orang Indonesia.

Kenapa? Karna buanyak banget konsumen motor di tanah air. Honda, Yamaha, Suzuki semua ngandelin pasar Indo buat jualan yang pada akhirnya bisa mendanai event balapan GP.

Kalo sampe batal lagi, Mandalika batal gagall.. Udah deh hancur lebur, potensi income pariwisata lenyap, Dorna juga ogah menginjak tanah air lagi. Wassalam sampe 10 taun kedepan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paidjoe92 dan 10 lainnya memberi reputasi
bodo lah jdi sirkuit atau kaga, yang jelas realistis aja formula-e digelar emoticon-Big Grin ga usah muluk muluk formula e ga rame, yng jelas bisa ngegelar balap internasional juga udah beruntung emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yg hancur lg ya kita gan, dengan ekspektasi tinggi bakal bisa nonton motogp di tanah air, eh tiba2 batal..nysek sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayuarmstrong dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iye dah semoga keduanya jalan sesuai rencana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayuarmstrong dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Semoga bisa segera selesai gan. Pengen juga negara ini ikut andil dalam ajang kejuaraan bergengsi internasional macam MotoGP, walo gak ada wakil pembalap dari Indo, setidaknya Indo punya ikut andil sediakan sirkuit. Efeknya pasti mendorong pariwisata & industri otomotif.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ichsanbf dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah lah batalin aja mending uang nya buat subsudi untuk rakyat indo manja ini emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wadaw proyek triliunan iki emoticon-Leh Uga
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Quote:


Anda boleh saja bicara 1 sisi sajha.

Bayangkan kalo tanah sampean cuma di hargai di bawah harga standar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
semoga cepet ada jalan keluarnya. karna ini kan proyek besar untuk mendongkrak pariwisata di indonesia
hentikan aja kagak cocok tanemin aja lamtoro gung. biarkan mrk apa adanya. biarin mrk jualan tanah. sapa tau pada jadi konglomlarat
Percuma kalo di adain motoGP di Indonesia, bisa memenuhi keinginan nonton MotoGP dsbnya kalo itu semua mengorbankan tanah rakyat yang tidak kunjung di ganti rugi sama yang bersangkutan. Merugikan rakyat daerah sana, tapi menguntungkan penyelenggara. ane sih pengennya ada solusi baiknya aja jangan merugikan sebelah pihak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mangkanya di beresin dulu konfliknya, baru mulai bangun. apa pada nggak ngaca dari yg sudah2 ya.
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan simsol... memberi reputasi
Waduh jgn sampe batal dong emoticon-Mewek
hayu jangan ditunda ini sirkuit bisa datengin turis turis cakep nantinya emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
citrus.maxima dan simsol... memberi reputasi
Coba diterangin sm mereka.....mereka dapat apa setelah sirkuit terealisasi.....apakah apa perubahan mis.penghasilan, jd tukang serpis mesin, tambal ban motoGP dll. Klo tdk ya mending ttp jadi kebun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profesional dong, bayar dlu tanah warga sekitar emoticon-armyemoticon-armyemoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di