alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BWI Sosialisasikan Pentingnya Wakaf Bagi Generasi Milenial
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9187402f568d182662c6bc/bwi-sosialisasikan-pentingnya-wakaf-bagi-generasi-milenial

BWI Sosialisasikan Pentingnya Wakaf Bagi Generasi Milenial

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kuliah umum dengan tema Paradigma Baru Wakaf dalam Dinamika Penguatan Masyarakat yang diikuti oleh ratusan sivitas akademika.

BWI Sosialisasikan Pentingnya Wakaf Bagi Generasi Milenial

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk konkret pentingnya wakaf bagi sivitas akademika Unusa. Dalam hal ini, Unusa menggandeng Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang tengah gencar meningkatkan literasi wakaf dengan mempromosikan edukasi mengenai kesadaran berwakaf di dunia pendidikan. Khususnya kaum milenial yang ada di perguruan tinggi.

“Saat ini kami memberikan pemahaman tentang wakaf dan kami akan masuk ke dalam lembaga-lembaga pendidikan baik itu perguruan tinggi maupun sekolah menengah. Ini menjadi prioritas utama BWI,” tegas Ketua BWI Pusat, Prof Mohammad Nuh saat memberikan kuliah umum di hadapan ribuan sivitas akademika Unusa di Auditorium Lantai 9 Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya, Sabtu (28/9).

Sejak Mei 2018, BWI Pusat sudah aktif membuka literasi para mahasiswa tentang pentingnya berwakaf melalui "Wakaf Goes to Campus" dengan memasuki kampus-kampus yang tersebar di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga mengajak generasi milenial untuk memajukan wakaf dan menjadikannya sebagai gaya hidup.

Mohammad Nuh menambahkan wakaf adalah instrumen strategis untuk meningkatkan kesejahteraan, kualitas dakwah, dan menjaga kemartabatan. la mencontohkan kebun kurma yang diwakafkan Sayyidina Umar dan hasilnya digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat miskin dan yang membutuhkan.

Ia juga mencontohkan wakaf sumur oleh Sayyidina Utsman yang memberikan manfaat sumber air minum bagi penduduk Madinah. Mohammad Nuh juga mencontohkan wakaf Habib Bugak Aceh berupa tanah dan rumah singgah bagi jamaah haji Aceh.

Aset itu sekarang dikelola secara produktif dan menjadi beberapa hotel yang keuntungannrya disalurkan kepada jamaah haji asal Aceh. “Kita tahunya kan sedekah, infaq dan shodaqoh. Karena itu kita ingin para milenial, khususnya mahasiswa di Unusa lebih mengenal wakaf, menjadi pelaku wakaf dan ikut mengkampanyekan wakaf,” ungkap Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS) ini.

Mendikbud Periode 2009-2014 menjelaskan bahwa di Eropa dan Amerika, wakaf dikembangkan untuk membangun dan membiayai perguruan tinggi, seperti Harvard University dan Stanford University. Namun, mereka menyebutnya endowment. Dengan wakaf itulah Harvard dan Stanford berkembang menjadi perguruan tinggi yang diakui.

Alasan itulah kemudian Muhammad Nuh mengajak generasi milenial untuk turut memajukan wakaf dan menjadikannya sebagai gaya hidup. penyelenggara Wakaf Goes to Campus menyasar generasi milenial mahasiswa karena mereka adalah generasi elit calon pemimpin bangsa.

“Pada 10-15 tahun lagi mereka akan menjadi tokoh-tokoh yang diharapkan sudah memahami wakaf dan berkontribusi untuk memajukan wakaf produktif, baik sebagai yang berwakaf maupun sebagai pengelola wakaf,” pungkas pria yang juga sebagai Ketua Dewan Pers ini. Byob

Sumber : http://surabayapagi.com/read/bwi-sos...erasi-milenial
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Wakaf (bahasa Arab: وقف‎, [ˈwɑqf]; plural bahasa Arab: أوقاف‎, awqāf; bahasa Turki: vakıf, bahasa Urdu: وقف) adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang melakukan wakaf) untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah.

What is an Endowment?
Endowments represent money or other financial assets that are donated to universities or colleges and are meant to be invested to grow the principal and provide additional income for future investing and expenditures.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di