alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Smart SIM Resmi Diluncurkan, Bisa Dipakai Buat Bayar Tol Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d88b079f0bdb211d76b8fed/smart-sim-resmi-diluncurkan-bisa-dipakai-buat-bayar-tol-gan

Smart SIM Resmi Diluncurkan, Bisa Dipakai Buat Bayar Tol Gan!

Akhirnya smart Surat Izin Mengemudi (smart SIM) resmi diluncurkan GanSis. Smart SIM ini diluncurkan pada 22 September 2019 di Korlantas Polri. Sebelum resmi diluncurkan, SIM baru ini terlebih dahulu telah diperkenalkan atau disosialisasikan kepada msayarakat.
  Smart SIM Resmi Diluncurkan, Bisa Dipakai Buat Bayar Tol Gan!

Dari sisi tampilan, SIM yang baru ini memiliki tampilan atau desain yang berbeda dengan yang sebelumnya. Di bagian atas SIM terdapat tulisan “INDONESIA” dengan latar berwarna merah. Untuk keterangan pemilik, di SIM baru ini tidak terdapat tulisan nama, alamat, tempat & tanggal lahir, tinggi, pekerjaan, nomor SIM, dan masa berlaku. Semua itu diganti dengan angka 1 – 6. Akibatnya, SIM jadi terlihat lebih simpel.

Selain itu, keterangan tinggi badan juga udah diilangin GanSis. Sekarang ada informasi baru yakni golongan darah yang punya. Terdapat dua foto juga GanSis, foto berwarna dan foto hitam putih yang terletak di kanan bawah.

Itu dari sisi tampilan GanSis, kalau dari fungsinya, selain untuk tanda diperbolehkan mengemudi, smart SIM juga punya fungsi lain. SIM baru ini bisa merekam data forensik pemilik dan merekam pelanggaran yang dilakukan pemilik. Rekam jejak kecelakaan pemilik juga terekam disini GanSis.

Fungsi lain yang cukup menarik adalah fungsi sebagai uang elektronik. Pemilik bisa menggunakannya untuk membayar parkir, bayar tol, dan bisa juga untuk belanja GanSis. Pemilik bisa naro duit disini maksimal Rp 2 juta. Selain itu SIM baru ini juga juga punya fitur augmented reality yang bisa digunakan untuk mengakses edukasi keselamatan berlalu lintas.

Bagi calon pengemudi yang belum punya SIM dapat langsung mengajukan permohonan untuk membuat smart SIM ini. Sementara bagi yang udah punya SIM, bisa mendapatkannya pada saat perpanjangan SIM. Jadi bagi Agan dan Sista yang SIM lamanya masih berlaku, boleh menggunakannya terlebih dahulu sampai habis masa berlaku.

Nah, kalau untuk biaya pembuatan, Agan dan Sista gak usah takut, soalnya tarif pembuatannya masih sama ama yang lama GanSis.



Diubah oleh KarjoKare
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pusing gw kebanyakan kartu

emoticon-Cool
profile-picture
yanda506 memberi reputasi
Ditunggu smart stnk 🤭
hmm nunggu abis
Gak penting ahhhhh nanti kalau ditilang dan disita dipake lagi saldonya
Mesti nunggu 2 tahun lg nih


Quote:

Berapa lama lagi
Akhirnya keterangan tinggi badannya diilangin. SIM ane dari jaman pertama bikin sampe sekarang tingginya 165 cm mulu, nggak naik-naik.
Quote:


Masih lama kayanya
Buku nikah aja sekarang ada kartunya... penh dompet gan emoticon-Ngakak
ane masih nunggu kartu prakerja gan emoticon-Cendol Gan
bagus juga sih ini inovasi terbarunya, semoga lebih baik lagi lah indonesia.
aduuuh ngeri kalo bayar bayar pake sim tuh.. takut ilang takut rusak wkwkwk
ini inovasi yang bagus sih gan menurut ane, jadi bisa lebih mempermudah, kerenlah semoga semakin berkembang maju indonesiaku.
Terus ngurus sim yang lama ke smart sim gimana ya gan ? mohon infonya terimakasih


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di