CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d87cb80c0cad7648b66259c/greenpeace-paru-paru-warga-lebih-kotor-daripada-sepatu-jokowi

Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi

Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
tirto.id - Presiden Joko Widodo belum lama ini melakukan peninjauan langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, Selasa (17/9/2019). Ia hadir mengenakan kemeja putih, tanpa masker, dan sepatunya yang kotor menjadi perbincangan di sosial media karena unggahan Pramono Anung.

Namun, kehadiran Jokowi dianggap tak akan banyak menurunkan dampak karhutla.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), memang terdapat penurunan titik panas yang terjadi belakangan ini. Pada data 21 September 2019 pukul 08.00 WIB, terdapat 2766 titik panas. Angka tersebut menurun dari minggu lalu, Sabtu (14/9/2019), dengan 4012 titik panas.

Namun, angka tersebut tak bisa dijadikan acuan telah menurunnya dampak karhutla. Sebab perhitungan titik panas itu dilakukan melalui pantauan satelit. Dalam kondisi kabut asap yang semakin pekat, titik api tak lagi terlihat dari satelit.

"Dari sisi hotspot menurun karena ada hujan, sehingga sebagian titik api jadi asap. Makanya asap malah tambah banyak mengakibatkan kualitas udara juga turun [semakin buruk]," ujar Pelaksana tugas (plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo kepada reporter Tirto, Sabtu (21/9/2019).

Peningkatan kabut asap, jelas Agus, disebabkan menjalarnya titik kebakaran yang masih terjadi, khususnya di lahan gambut. Api pun masih menyebar dari lapisan bawah gambut.

"Susah dipadamkan," tegasnya.

Kualitas udara memang berada pada tingkat "berbahaya" dalam beberapa hari belakangan. Salah satunya Palangkaraya. Berdasarkan data Air Visual, Kamis (19/9/2019) siang, Air Quality Index (AQI) polusi Palangkaraya berada di angka 1057. Kemudian, Jumat (20/9/2019) siang, berada pada angka 451. Dalam standar Air Visual, 301-500 ke atas berarti kondisi udara berbahaya.

Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi
Juru Kampanye Greenpeace Arie Rampos menegaskan, seharusnya Jokowi tak hanya berkunjung langsung memantau karhutla. Akan tetapi berani memberikan sanksi tegas kepada perusahaan pembakar hutan.

"Ya kalau Jokowi ke sana hanya foto-foto ya, itu kemudian menyakiti korban-korban asap yang selamanya sudah terpapar," ujar Arie.

Arie pun menyindir soal riuhnya komentar terkait sepatu kotor Jokowi. Menurutnya, paru-paru masyarakat jauh lebih kotor karena menghirup udara beracun dampak karhutla.

"Yang harus dipikirkan adalah bagaimana paru-paru masyarakat yang hidup di sana menjadi kotor karena dia [Jokowi] tidak menangani kasus kebakaran hutan tersebut dengan tindakan yang serius," tegasnya.

Menurut Arie, sejak kasus karhutla tahun 2015, tak ada saksi tegas, misalnya pencabutan izin dari pemerintah. Sehingga peristiwa serupa terus terulang secara rutin.

"Makanya pemerintah, seharusnya juga sejak dari 2015, sudah mempublikasikan perusahaan-perusahaan mana yang melakukan pembakaran dan publik juga. Jadi tahu siapa perusahaannya, termasuk, bagaimana progres penanganan dari kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Baca juga artikel terkait KASUS KARHUTLA atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus 
(tirto.id - fdy/dqy)

sumur

entah setelah menang, gerakmu menjadi sangat lambat, apa yang mempengaruhimu wahai presiden pilihan mayoritas.

Kau masih punya 1 periode lagi, kau masih punya banyak janji, jangan kecewakan pemilihmu, walau wilayah itu adalah wilayah nasbungtaik, karena seyogyanya, semua adalah rakyatmu kini.
Aku bukanlah orang yang mencintai sesuatu secara buta, bila salah tetap salah, bila benar tetaplah benar.

Walau kemenanganmu adalah kemenangan atas keberlangsungan Pancasila dan menginjak2 pea 212 , namun engkau tetap punya tanggung jawab untuk menyelesaikan persoalan dinegeri ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dsturridge15 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tuanbule
Halaman 1 dari 2
Kebakaran lahan gambut adalah masalah klasik yg selalu terulang tiap taun...
Harusnya sudah bisa diketemukan cara effective penanggulangan dan pencegahannya..
Sayangnya, saat musim hujan tiba, kebakaran hilang, hilang pula pembahasannya..sampai kemarau yad...
profile-picture
narutuy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Datang salah
Gk datang salah
Hidupnya udah biasa gk tau bersyukur kali ya
Pengen nyumpahin tapi ane masih punya hati lah
profile-picture
profile-picture
eyeon dan jkwselalub3n4r memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Woi sepatu mahal taukkk. Paru2 bisa klaim bpjs emoticon-Big Grin
masyarakat ingin nama-nama perusahaan yang merusak hutan dipublikasikan
Minyak sawit sebentar lagi tumbuh dan semakin mendesak minyak biji bunga matahari dari eropa...lebih nyesek dari paru paru warga
Juru kampanye itu mending nyapres aja lae
grinpis paok, ngomong tidak pake bukti emoticon-Big Grin
Ah masak sih
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
ane sih gak gitu simpatik maupun empati thd kebakaran hutan..
biarin aje..
masy nya aja asik2 aje udah puluhan tahun gitu...
mrk sendiri aja gak musingin, kok gw suruh mikirin emoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Hamsulee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jawir feodal goblok
negara goblok
jok jok mampir ke pbb jok, jgn lo kasi ke jk
takut amat wir
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan gw.kenshin1601 memberi reputasi
Diubah oleh music9000
yg jelas paru-paru rusa di istana bogor lebih bersih dari paru-paru masyarakat yg terkena dampak kabut asap.
Greenpeace lebih menjijikan darpada septic tank rumah ane.
Yg bikin berita siapa yg salah jokowi juga
halah pler greenpeace

kenapa ga ikut bantu ngawasi hutan ? nyinyir wae

kita nyumbang juga ga jelas peruntukkannya, ga pernah ada liputan apa yang dilakukan greenpeace di indonesia
Lihat 1 balasan
Balasan post xrm
Quote:


Tiap tahun gitu,
padahal ada janji kampanye 🍼
Apa cebong dah jadi keledai? 🐧
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyeon dan 3 lainnya memberi reputasi
jadi menurut ts apakah langkah ts menyoblos pa de dan nyoblos antek2nya masih pilihan yang tepat? sekedar tanya
profile-picture
giankutil memberi reputasi
peran masyarakat sm pemerintah setempat apa si?
Lihat 1 balasan
Balasan post yesknow
Quote:

Komen itu termasuk mikir juga
Mikir utk tidak kepikiran 😁

Greenpeace: Paru-Paru Warga Lebih Kotor daripada Sepatu Jokowi

nastak dilarang nyinyir
profile-picture
gw.kenshin1601 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di