alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pabrik Tekstil China Ngaku Dipaksa Masuk RI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d858c099a972e569477d91f/pabrik-tekstil-china-ngaku-dipaksa-masuk-ri

Pabrik Tekstil China Ngaku Dipaksa Masuk RI

Pabrik Tekstil China Ngaku Dipaksa Masuk RI

Jakarta - Satu pabrik tekstil dari China merelokasi pabrik ke Indonesia. Kabar ini memang menggembirakan, tapi bila ditelaah lebih lanjut, ada persoalan yang kurang menggembirakan soal relokasi pabrik asal China tersebut.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan pabrik tersebut skalanya sangat besar. Nilai investasinya mencapai US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun. Namun, investornya komplain soal harga tanah yang mahal di Indonesia dan mereka relokasi karena terpaksa.

"Relokasinya sudah berlangsung sebulan lalu di Kendal, Jawa Tengah. Mereka sudah beli lahan. Termasuk pemain besar di pemintalan, pencelupan, dan garmen," kata Ade kepada CNBC Indonesia, Jumat (20/9/2019).

Ade mengatakan perusahaan China tersebut harus relokasi ke Indonesia karena faktor pertimbangan mitra bisnisnya di Indonesia. Selama ini perusahaan China tersebut memasok kain ke perusahaan garmen kepada dua pemain besar di Indonesia.

"Mereka ada kontrak dengan garmen dari sini, dengan dua raksasa di sini, dipaksa oleh buyer-nya yang di sini. Kalau nggak dipaksa, ya nggak mau masuk dia," katanya.

Menurutnya, masuknya satu pabrik asal China memang kabar baik, di tengah sentimen negatif dari laporan Bank Dunia, bahwa pada 2018-2019 dari 33 perusahaan China yang relokasi, tak satu pun pilih Indonesia. Sebanyak 23 pabrik China lebih memilih memindahkan alat produksi mereka ke Vietnam, dan sisanya ke negara lain.

"Relokasi dari China yang ke Kendal ini harusnya termasuk laporan dari Bank Dunia, cuma Bank Dunia nggak update," katanya.

Ade Sudrajat sudah menyampaikan ke Presiden Jokowi ihwal relokasi satu pabrik tekstil China tersebut. Ia juga melaporkan ke Jokowi bahwa investor China komplain soal harga tanah yang terlalu mahal di Indonesia.


Sumur: https://m.detik.com/finance/industri...paksa-masuk-ri


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
pengusaha itu simple, mereka akan memberikan apa yg kustomer mau selama mereka masih bisa dapat untung. Kalau rugi, ngak akan dikerjakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 3 lainnya memberi reputasi
Semua hal kalau dengan dipaksa itu gak baik emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan uratkumbang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ya kalau ane katakan memang terpaksa

mengapa ane katakan begitu

karena pangsa pasar china terbesar dalam skala produk menengah kebawah adalah indonesia
jika pengusaha tekstil china yang mbuat produk menengah kebawah berani lawan pemerintah otomatis pemerintah akan ngambil langkah meningkatkan pajak import untuk tekstil

jika hal itu terjadi maka tidak akan ada baju 10.000 3 yang biasa dibeli nasbung dan mungkin harganya jadi 50.000 1

dan kalau harga udh sampe segitu otomatis produk tekstil china yang menengah kebawah gk akan ada yang beli dan otomatis gulung tikar


jadi menurut ane ini fair fair solution
disisi pengusaha china tetep dapet untung dengan bahan boleh pake dari china

disisi lain pemerintah dapet pajak dari perusahaan china itu + lapangan kerja untuk rakyat bertambah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 7 lainnya memberi reputasi
Knp kaga bangun dikalimantan atau sumatera apalagi bangun dipapua.
Murah tanahnya.
profile-picture
uratkumbang memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Balasan post WM777
Quote:


Mungkin langganan nya ada di pulau jawa om,jd murah ongkirnya..

emoticon-Shakehand2
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Alhamdulillah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 2 lainnya memberi reputasi


mau buruk atau tidak
fakta buktikan produk buatan China jauh lebih disukai dari produk lokal di indonesia itu
sampai2 Dampak Masuknya Produk Cina, Produk Lokal Terancam Bangkrut
http://www.indosiar.com/fokus/dampak...rut_83807.html
Tekstil,Mainan dan Furniture Terbenam Produk China
http://bisnis.news.viva.co.id/news/r...nitur-terpuruk
Banjir Produk China Bisa Bunuh Industri Lokal
http://www.kemenperin.go.id/artikel/...Industri-Lokal

China Dominasi Barang-barang yang Diimpor Indonesia
http://www.kaskus.co.id/thread/57399...por-indonesia/[


dibidang perdagangan
amerika ( barat) belum mampu perang dagang lawan china ( asia)

China has become the world's biggest trading nation in goods, ending the post-war dominance of the US, according to official figures.
China overtakes US in world trade
https://www.theguardian.com/business...trading-nation

America has finally lost its crown to China as the world’s biggest goods trading nation.
China overtakes US to become world’s biggest goods trading nation
http://www.telegraph.co.uk/finance/e...ng-nation.html
China overtakes US as world’s largest goods trader
https://www.ft.com/content/7c2dbd70-...1-00144feabdc0

amerika (barat) belum mampu kuasai pasar dunia
China Yang Kuasai Pasar Perdagangan Dunia
sampai-sampai ada pernyataan keren
" Tuhan menciptakan langit dan bumi. Selebihnya adalah buatan China "
"God made heaven and earth, and the rest was made in China "
made in china bukan made in america
Pabrik Tekstil China Ngaku Dipaksa Masuk RI [[/Q
profile-picture
erwaleste memberi reputasi
Itulah enaknya negara komunis,
Bikin perusahaan. Tanah dapet gratis dari komunis
profile-picture
jeffrey.maulana memberi reputasi
Dipaksa oleh buyer. Lebih tepatnya terpaksa daripada kehilangan omzet. Mereka tentu ga sebodoh itu utk menuruti kemauan buyer. Pasti sdh ada perhitungan resikonya kl semisal buyer2 tsb tiba2 berpaling ke supplier lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Echizen.Ryoma
Jadi indonesia bisa maksa cina nih?

Jago juga

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
yunda.me dan i.am.legend. memberi reputasi
Balasan post WM777
Karena gak ada akses jalan ke pelabuhan buat kirim barang2 itu, ataupun masukin bahan baku ke pabrik.

Listrik juga byar pet kalau bukan di jawa.
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
ini baru macan asia
+62 bisa maksa china masuk RI emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yunda.me dan 2 lainnya memberi reputasi
yap...bukan china yang ngemis ke Indonesia, tapi Indonesia yang ngemis ke china emoticon-Malu (S)
profile-picture
slider88 memberi reputasi
di jawa melulu knp ga di papua
Quote:

Kualitas rendah, safety gk memenuhi syarat, dibikin kacung2 dgn gaji dibawah umr, gimana gak murah??? emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
bonekakiku dan soljin7 memberi reputasi
ntar lama2 pake robot buruh ngelunjak hobi demo gaji gigit jari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post pdt.henderson
Tergantung yang maksa siapa.
Kalo yang maksa relokasi dari pemerentah, ya memang gak baik.
Tapi kalo yang maksa relokasi dari pelanggan ya baik-baik saja. Seperti kata kinggidorah (tumben agak waras .. baru disuntik? emoticon-Bingung (S)), kalo gak untung ya gak bakalan dituruti permintaannya pelanggan ...
profile-picture
profile-picture
fajaranggapra9 dan i.am.legend. memberi reputasi
Balasan post WM777
Listrik di luar jawa ga bisa dipake buat pabrik emoticon-Mewek
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Balasan post peyotpetot
@peyotpetot
Berarti kaga salah kalau kaga mau masuk investasi.
Energi aja kaga ada.
Akses jalan dan pelabuhan kurang memadai
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di