alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8316416df2314c220f9ceb/dewas-kpk-paling-sakti-begini-perbandingannya-dengan-pengawas-lainnya

Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya

Dewas KPK Paling Sakti, Begini Perbandingannya dengan Pengawas Lainnya

Jakarta - Bila dibandingkan dengan dewan pengawas di lembaga penegak hukum lainnya, Dewan Pengawas (Dewas) KPK punya kewenangan yang paling sakti. Kewenangan Dewas KPK masuk sampai penyadapan dalam penyelidikan KPK.

Dilansir dari berbagai peraturan dan perundang-undangan terkait, Kamis (19/9/2019), berikut ini perbandingan kewenangan pengawas di tiga lembaga penegak hukum, yakni Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang mengawasi Polri, Komisi Kejaksaan RI (Komjak) yang mengawasi Kejaksaan, dan terakhir ada Dewan Pengawas KPK.



1. Kompolnas

Fungsi, tugas, dan wewenang Kompolnas tercantum di Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011. Berikut ini rinciannya sebagaimana tercantum pada Bab III Perpres tersebut.

a. Fungsi
-Pengawasan kinerja Polri
-Memantau dan menilai kinerja dan integritas Polri

b. Tugas
-Membantu Presiden menetapkan arah kebijakan Polri
-Memberikan pertimbangan ke Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri

c. Wewenang
-Mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran ke Presiden yang berkaitan dengan anggaran, SDM, dan pengembangan sarana-prasarana Polri
-memberikan saran dan pertimbangan ke Presiden untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri
-menerima saran dan keluhan masyarakat soal kinerja kepolisian dan menyampaikannya ke Presiden


2. Komjak

Tugas dan wewenang Komjak diatur dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2011 tentang Komisi Kejaksaan RI. Berikut ini rinciannya sesuai dengan Bab II Perpres tersebut.

a. Tugas
-melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya
-melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku Jaksa dan pegawai Kejaksaan baik di dalam maupun di luar tugas kedinasan
-melakukan pemantauan dan penilaian atas koordinasi organisasi, tata kerja, kelengkapan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia di lingkungan kejaksaan

b. Wewenang
-menerima dan menindaklanjuti laporan atau pengaduan masyarakat tentang kinerja dan perilaku jaksa dan atau pegawai kejaksaan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya
-meneruskan laporan atau pengaduan masyarakat kepada Jaksa Agung untuk ditindaklanjuti oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-meminta tindak lanjut pemeriksaan dari Jaksa Agung terkait laporan masyarakat tentang kinerja dan perilaku Jaksa dan/atau pegawai Kejaksaan
-melakukan pemeriksaan ulang atau pemeriksaan tambahan atas pemeriksaan yang telah dilakukan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-mengambil alih pemeriksaan yang telah dilakukan oleh aparat pengawas internal Kejaksaan
-mengusulkan pembentukan Majelis Kode Perilaku Jaksa

3. Dewas KPK

Peraturan mengenai Dewan Pengawas KPK tercantum dalam UU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK alias revisi UU KPK yang telah disahkan menjadi UU lewat rapat paripurna DPR pada Selasa (17/9) kemarin. Berikut ini aturan pengawas KPK yang beranggotakan lima orang itu.

Tugas
-mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK
-memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan. Sebagaimana diatur dalam UU ini juga, penyadapan masuk dalam ranah penyelidikan serta penggeledahan dan penyitaan masuk dalam ranah penyidikan.
-menyusun dan menetapkan kode etik pimpinan dan pegawai KPK
-menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai adanya dugaan pelanggaran oleh pimpinan dan pegawai KPK
-menyelenggarakan sidang untuk memeriksa adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan dan pegawai KPK
-melakukan evaluasi kinerja pimpinan dan pegawai KPK setahun sekali


Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-47...innya?single=1


Sakti Mandraguna..

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anggadaz dan 4 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Cocoklah klo internal KPK ada yg mengawasi...toh mereka juga bukan orang yg maha suci...biar nggak ditarik tarik demi kepentingan pribadi dengan tameng KPK mau di ini itu...tau sendirilah siapa orangnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
"memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan. Sebagaimana diatur dalam UU ini juga, penyadapan masuk dalam ranah penyelidikan serta penggeledahan dan penyitaan masuk dalam ranah penyidikan." ...

mantapp lah......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ksatria018 dan 2 lainnya memberi reputasi
Era baru KPK.
profile-picture
profile-picture
mmengong dan MafTrack memberi reputasi
yg mengawasi yg mengawasi ini siapa? emoticon-Embarrassment
Lihat 2 balasan
Balasan post leonosphire
Quote:


TUHAN Yang Maha Esa..??
Dewa Dewa di Nirwana..??

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 2 lainnya memberi reputasi
ya harus sakti lah.. lha yg di awasi sang maha sakti..
Quote:


Paling tidak nggak setolol kamu...mana komentarmu? ... kalo mungkin pendapat saya salah ya dikoreksi ... coba jelasin yg bener biar saya faham ... id tu nggak usah pake samaran ... pake nama asli nggak apa apa, belajar yg jantan saling koreksi ... nih id gue nama asli tinggal lue balik aja itu nama asli gue ... lue tinggal dimana kerja dimana maaf bukan sombong kalo mau itung itungan lue sudah berbuat apa ke lingkungan sekitar maaf masih banyakan gue ... sekali lagi maaf bukan sombong ... cepet sono jawab kasih penjelasan ato koreksi kalo salah ... gampang kok mas saling berbagi ilmu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhemy dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
akan kah ada percakapan begini suatu saat nanti
KPK: wan ane mau izin nyadap si A, boleh?
Dewan Pengawas: Ok K, bentar kita proses dulu izin nya yach ||| Oi A si K mau nyadap ente nih, bicara yang kalem-kalem aja ya sampai izin di cabut
A: siaaappp wan, i love you full dech emoticon-Ultah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
buruhrokok dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sudutdermaga
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Tujuan sih bagus ya kedengarannya..saling mengawasi...tapi ingat bung..di sini Indonesia...di mana hukum dan tujuan yang baik itu secara nyata, tanpa gagal , terus menerus diselewengkan dan dilangkahi oleh para bajingan, bedebah dan hewan lainnya....so mau si kpk atau si pengawas apa lah ini...tanpa gagal..pasti suatu saat...gabung kongsi sama bedebah dan bajingan lainnya...emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harissss dan 2 lainnya memberi reputasi
kesalahan otak jokowi + DPR

dewan pengawas bukan bagian dari proses penegakan hukum
tapi mampu mempengaruhi proses penegakan hukum

tapi gw juga ga yakin dengan mk jaman jokowi
lah ketua mk nya dulu sowan ke dpr kok , ketika negara di isi penjilat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rhapsodoss dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Lue sendiri ngatain gue tolol dll disuruh jelasin malah minta orang lain jelasin ... gini wae klo lue sudah nggak sibuk DM saya nanti saya beliin tiket pesawat pulang pergi + nginap hotel ... satu aja nanti tugasnya ... jelaskan ke saya sampai saya faham sebagai orang awam ... cuma butuh fotocopi ktp + kk buat booking tiket + hotel, tenang mas nggak bakal gue pake buat nipu kalo lue mau tau saya gampang kok tinggal DM ntar gue buka siapa saya ... ato gue aja yg nemuin? ... saya sebagai orang tolol butuh banyak belajar dari yg lebih pintar kok mas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Gedung itu akan jadi monumen tewasnya perangkat hukum yang setidaknya membuktikan adanya niat melawan tirani dan ketamakan

RIP Hukum
Fly Away Rekening Gendut file.
profile-picture
profile-picture
aripmuh dan buruhrokok memberi reputasi
kiamat pemberantasan korupsi
profile-picture
profile-picture
rhapsodoss dan sudutdermaga memberi reputasi
Pengawas yang boleh menyetop operasi tanpa kriteria jelas.
om ts bikin trit lagi. emoticon-Cool

apakah kpk makin tajem atau ntar tumpul emoticon-Cool
Balasan post sudutdermaga
Quote:


Penutupnya jangan lupa gan bagi-bagi cendol atau bata gitu kan ya?
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di