alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8289926df23119a5437990/ppatk-waspadai-donasi-kemanusiaan-untuk-dana-terorisme

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme

Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) mengendus ada indikasi donasi yang digalang lembaga kemanusiaan justru diselewengkan untuk pendanaan terorisme. Penggalangan dana juga dilakukan melalui media sosial.

Koordinator Riset Penilaian Risiko Nasional untuk Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme PPATK Patrick Irawan mengatakan celah penyalahgunaan dana kemanusiaan terbilang besar lantaran sang donatur tidak pernah menanyakan transparansi penggunaan dana.

Ia mengatakan, sebagian besar pendonor menyumbang dana atas alasan simpati kemanusiaan sehingga dilakukan atas azas keikhlasan.

"Donasi ini bisa dilakukan lewat penggalangan dana langsung atau melalui media sosial, di sini kami melihat ada implikasi pendanaan untuk kegiatan terorisme," kata Patrick di Jakarta, Selasa (17/9).

Patrick mengatakan dana kemanusiaan yang disalahgunakan untuk terorisme biasanya digunakan untuk pembelian senjata dan bahan peledak, mobilitas anggota teror, pelatihan perang, santunan keluarga pelaku teror, hingga pengelolaan jaringan terorisme.

PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme

Ia juga mengatakan bahwa kota besar seperti Jakarta adalah lokasi potensial penggalangan dana tersebut mengingat populasinya yang besar.

Patrick berharap selain warga selaku donatur yang waspada, perbankan juga mestinya melakukan monitor terhadap pembukaan rekening yang mengatasnamakan penggalangan dana.

Sementara itu, Penyidik Detasemen Khusus 88 Polri Inspektur Polisi Satu Daniel mengatakan instansinya juga telah menemukan indikasi penggalangan dana terorisme melalui donasi di salah satu yayasan berbasis keagamaan. Yayasan tersebut disebutnya kerap mengiklankan donasinya di media sosial dan mencantumkan cara pengiriman uang ke tiga bank dalam negeri.

Hanya saja, ia enggan menyebut nama yayasan yang dimaksud lantaran masih dalam proses penyidikan.

"Tapi memang kami menemukan ada penggalangan dana untuk organisasi teror berkedok yayasan yang dibuat dengan tujuan sosial kemanusiaan," katanya.

Densus 88 mengaku masih menyisir yayasan lain yang diduga melakukan hal serupa. Namun, penyidikan itu terhalang beberapa hal. Misalnya soal belum ada regulasi yang khusus mengakomodasi penegakan hukum bagi lembaga non-profit. Selain itu penegak hukum harus hati-hati lantaran organisasi sosial sangat dekat dengan masyarakat.

Daniel mengatakan dalam catatan Densus 88 penggalangan dana dari lembaga nirlaba ini berpotensi tinggi terjadi di Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.
(glh/sur)
sumber

☆☆☆☆☆☆

Ini yang kadang membuat gemas. Diumumkan, tapi disembunyikan.
Kalau mau disembunyikan, seharusnya tak perlu diumumkan. Ini akan memberi peluang bagi organisasi-organisasi nirlaba dengan kedok dana kemanusiaan itu untuk cuci tanganmembersihkan diri.

Rata-rata mereka yang bermain belakang menutupi kebusukan mereka dengan segala hal yang terlihat wajar. Memberi hewan qurban, memberi infak, sadaqah, bantuan bencana, dan lain-lain. Tapi dibawah meja, mereka juga memberi bantuan kepada pihak yang diindikasikan sebagai kelompok teroris dengan alasan keummatan dan sesama pemeluk agama.

Dan dana kemanusiaan itu bisa saja diberikan di dalam negeri, akan tetapi yang terbanyak porsinya justru di luar negeri, dimana konflik terjadi antara pemerintahan yang sah dengan kelompok pemberontak. Padahal jika sekelompok orang atau ada pihak yang memberikan dana atau bantuan kepada kelompok pemberontak di luar negeri, itu sudah masuk dalam pasal makar. Dan pihak pemerintah yang kontra dengan pemberontak bisa saja menyeret mereka yang membantu para pemberontak ini dengan hukuman yang berlaku di negara tersebut.

Kasus bantuan buat FSA atau pemberontak Suriah, kasus bantuan buat Rohingya, bantuan buat Uighur, sebenarnya wajib disorot, sebab indikasi bantuan untuk pemberontak itu kasat mata.

Dimata sebagian orang, terlebih mereka-mereka yang berkecimpung dalam aksi kemanusiaan, kaum pemberontak Suriah, Rohingya, atau Uighu, adalah para pejuang. Membela agama Allah, katanya. Padahal mereka jelas bukan urusan bangsa Indonesia.

Dan lucunya, mereka pilih-pilih.
Hamas pastinya bukan pilihan mereka untuk dibantu, tetapi Fatah ada kemungkinan mendapat bantuan. Di Yaman? Jangan harap dilirik meskipun banyak bayi dan anak kecil yang sekarat akibat bombardir Arab Saudi.

Dan bicara soal teroris, jangan lupakan juga separatis. Sebab bisa jadi ada juga lembaga nirlaba yang menggalang dana dengan alasan kemanusiaan akan tetapi justru dana itu disalurkan kepada pemberontak di Indonesia.

Membuka penyelidikan dan mengumumkan ada kelompok yang terlibat penggalangan dana untuk teroris sementara tidak berani menyebut nama, sama saja dengan membuka operasi rahasia tapi memberi pengumuman sebelum operasi dijalankan. Kan koplak.

Aturan tidak cukup? Lho, PPATK itu lebih dari cukup untuk menelusuri kemana saja aliran dana itu bermuara. Bank bisa diminta kerjasamanya oleh PPATK. Lantas apa lagi?

Tinggal kemauan saja, mau cepat diungkap atau hal ini cuma dibiarkan menjadi bola liar?

Sudahlah. Jangan kebanyakan main drama.
Bosan!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Saking kere dan busuknya akhlak teroris, sampai-sampai dana kemanusiaan pun disalahgunakan. emoticon-DP


TS tidur sana! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post lupis.manis
Quote:


Ah elaaaa..
Baru juga bikin kopi, disuruh tidur.

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya udah cuci muka pakai kopi panas sana, biar ga ngantuk! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
MAKA DARI ITU BERSAMA PAK JOKOWI MARI HANCURKAN KPK!
BANGSAAAT KAU KPK TALIBAAAN!!emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akbar299 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Balasan post fuckinghandsome
Quote:


Asli.
Gw pengen banget nempeleng elu.

Bandung lu dimana bre?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snailconnection dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo gitu segera tertibkan lah..emoticon-army:
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Paksa pulang si peminum kencing onta.emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Contohnya ACT yg rajin pasang spanduk di lampu merah, pake gambar2 hoax konflik timur tengah emoticon-Embarrassment


PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana TerorismePPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana TerorismePPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana TerorismePPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh monyet2012
Lihat 1 balasan


Quote:


GW KASIH TAU ALAMAT GW KALO PERLU GW JEMPUT
ASAL LU KASIH BUKTI LENGKAP KORUPSI ANIES BASWEDAN

AYO KITA BUKA KASUS YANG KATA CEBONG MERUGIKAN NEGARA 23 TRILIUN DAN MASUKIN TUH GABENER KE PENJARA BIAR BISA SAMA NASIB NYA KAYAK GABENER SEBELUMNYA

BIAR TERBUKTI JUGA KPK TALIBAAAN

BANGSAAAT KAU KPK TALIBAAAN! emoticon-Marah
Quote:


Astajim emoticon-Kagets


PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana TerorismePPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelpesek dan 2 lainnya memberi reputasi


Quote:


GIF
profile-picture
lyndonbaines memberi reputasi
biasa dengan embel" kata surga, pasti laris manis






















emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snailconnection dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post phenex.unicorn
Quote:





Naggung lagi asik bree...



PPATK Waspadai Donasi Kemanusiaan untuk Dana Terorisme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snailconnection dan 6 lainnya memberi reputasi
Alepo di bom bikin spanduk donasi
Gaza di bom.bikin spanduk donasi

Kobani di bom diem
Yaman di bom diem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
Balasan post fuckinghandsome
Ya udah cuci muka pakai kopi panas sana, biar ga ngantuk! Nox Vidmate VLC emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
freedomjustice dan rizaradri memberi reputasi
Balasan post lupis.manis
Quote:


masa' sih . . ?
sirik aja kali itu . . .
nggak dapet bagian . . . atou dikasih . . .
makanya nuduh teroris dan segala macem macem.
ada ada aja kesirikan kafirun munafikun.
dasar rakus.
mending duidny buat beli bakmi apa rokok, udah dikasih duid malah buat telolis emoticon-Mad
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Apresiasi buat PPATK, semoga ngak disusupi paham radikalisme.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Inilah sebabnya kenapa ada baiknya kita hanya menyalurkan dana ke lembaga yang benar-benar kita membutuhkan. Daripada dana yang ingin disalurkan ke orang yang membutuhkan malah dikirim untuk pendanaan lainnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samradler dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di