alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berbagai Kecelakaan Tol di Bulan September, Apa Penyebabnya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f3fb309b5ca2504481e7a/berbagai-kecelakaan-tol-di-bulan-september-apa-penyebabnya

Berbagai Kecelakaan Tol di Bulan September, Apa Penyebabnya?

Berbagai Kecelakaan Tol di Bulan September, Apa Penyebabnya?

Bulan September 2019 akan menjadi bulan yang penuh kelabu dan meninggalkan berbagai kesedihan bagi banyak orang. Khususnya bagi para korban kecelakaan di beberapa titik jalan tol di Indonesia.

Dalam tulisan ini, ane akan rangkum berbagai insiden kecelakaan yang terjadi di jalan tol di Indonesia. Rangkuman ini ane buat sebagai bentuk keresahan ane agar kita sebagai pengguna jalan raya, khususnya tol, bisa semakin berhati-hati dan secara rutin memeriksa kualitas kendaraannya.

1. Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang

Awal bulan September 2019 kita dikejutkan dengan tragedi kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di KM 92 Tol Cipularang arah Jakarta pada Senin, 2 September 2019.

Total sebanyak 21 kendaraan mengalami insiden tabrakan beruntun tersebut dan menyebabkan setidaknya 8 korban tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Penyebab dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipularang ini diakibatkan rem blong yang dialami sebuah truk yang sedang melaju kencang.


2. Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang (Lagi)

Hanya selang sepekan dari kecelakaan sebelumnya, Tol Cipularang kembali mengalami insiden tabrakan beruntun. Tepatnya pada Selasa, 10 September 2019, 5 kendaraan mengalami tabrakan beruntun di ruas Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta.

Insiden nahas ini dipicu oleh kontainer yang mengalami rem blong. Kontainer tersebut menabrak kontainer lain dan melibatkan tiga kendaraan kecil golongan I. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


3. Kecelakaan di Tol Ciledug Karena Sopir Truk Ngantuk

Masih di minggu pertama bulan September, kecelakaan kembali terjadi di Tol Ciledug Km 13,200 arah Meruya. Kecelakaan ini disebabkan oleh ngantuknya sopir truk berinisial AGS saat sedang mengemudikan kendaraannya.

Setelah insiden ini, AGS tidak mengalami luka yang berat. Dia juga sudah dinyatakan dalam kondisi yang sehat tapi masih shocked.

Namun akibat kelalaiannya, 1 polisi yang sedang menjalankan tugas tewas ditempat dan 3 orang lainnya luka-luka.


4. Kecelakaan Tunggal di Tol Cawang

Kecelakaan di ruas jalan tol kembali terjadi di Tol Cawang pada Kamis, 12 September 2019. Kecelakaan tunggal ini dialami oleh sebuah angkutan umum jenis Elf yang baru keluar dari pintu Tol Cawang kawasan Kodam Jaya. Kendaraan tersebut mengalami pecah ban sehingga menjadi oleng dan menabrak beton pembatas jalan atau MCB (moveable concrete barrier).

Kejadian ini menewaskan 1 orang penumpang perempuan yang disebabkan tertindih kendaraan yang terbalik. Selain itu 1 orang lainnya mengalami luka berat dan harus dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional,Cawang.


5. Kecelakaan di Tol Jagorawi Karena Pecah Ban

Minggu 15 September 2019, kecelakaan di ruas jalan tol kembali terjadi. Kejadian tragis ini terjadi di M36+600 Tol Jagorawi, kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kecelakaan tersebut dialami oleh sebuah mobil berjenis Suzuki APV bernomor polisi F-1196-DH. Kendaraan tersebut mengalami kecelakaan tunggal yang disebabkan pecah ban belakang, sehingga meyebabkan kendaraan menjadi oleng dan terguling.

Akibat insiden ini, sebanyak 3 korban jiwa langsung dilarikan ke RSUD Ciawi. Sementara korban luka-luka dibawa ke RS EMC Sentul dan RS Bina Husada Cibinong.

***

Dari berbagai peristiwa tersebut, semoga kita menjadi semakin berhati-hati dan secara rutin mengecek kondisi kendaraan sebelum digunakan di jalan raya.
emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 7 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Olala emoticon-EEK!
iah lg byk kecelakaan nih emoticon-Takut (S):
turut berduka... emoticon-Berduka (S)
semoga para pengendara lebih berhati hati lagi.


emoticon-Takut
Jadi pelajaran berharga buat semua pengemudi...

HATI2 DALAM BERKENDARA... SELALU WASPADA!!!
emoticon-Garuda di Dadaku
Diubah oleh adolfsbasthian
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
wuih...
banyak juga ya gan dalam 1 bulan
profile-picture
nasa111 memberi reputasi
3 dari 5 adalah penyebabnya truk emoticon-cystg
profile-picture
mesashetra memberi reputasi
Ada lagi gan truk nabrak polisi yang lagi nilang di jalan tol Ciledug

Semoga kedepannya nggak ada lg kecelakaan gini
emoticon-Takutemoticon-Takut iya ya gan mungkin kita harus hati2 dan semoga kita bisa jadikan pelajaran bagi yang masih diberikan kesempatan hidup emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
kerja mulu, capek, akhirnya pas nyetir ngantuk / ga fokus. kecelakaan deh....
Innalillahi emoticon-Turut Berduka
orang indonesia kan cenderung ngeremehin keadaan, truk gak dicek, kecepatan tinggi melebihi batas maksimal, badan capek maksa nyetir,
alesannya satu aja, mereka udah pengalaman jadi hal2 yang besar malah dianggap sepele sampe kecelakaan terjadi
profile-picture
harsas memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo yg pecah ban ini gimana gan? ada yg bilang kondisi tol yg berupa jalan beton cor tidak diaspal bikin ban cepet panas dan mudah meledak. jadi katanya musti pake nitrogen jangan angin biasa.
ngeri juga ya
rata2 orang Indonesia mengesampingkan nilai safety saat berkendara alhasil baru2 saat ini kena batunya ...dinas terkait harus lebih serius menangani kelayakan kendaraan roda 4 atau lebih
ada apa dengan tol cipularang ??
Ane sendiri ngerasain kalo bulan september ini bulan yg ga baik buat ane pribadi...
Ada aja masalah yg terjadi di bulan september..

Jadi pengen nyanyi "wake me up when september ends" emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
salvation101 memberi reputasi
hati hati dijalan...walau dah hati2 aja kadang maut masih mengintai loh...tapi intinya tetap waspada, siapkan fisik pribadi dan fisik kendaraan anda
kemarin juga serem yah gan, kata temen ane, sampe orangnya itu mental lumayan jauh emoticon-Takut (S)
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di