alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f260be83c72197f1dadac/pembantaian-liga-bodo-bersih-bersih-komunis-ala-korea-selatan

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang Pembantaian Liga Bodo di Korea Selatan.

emoticon-I Love Indonesia

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Gambar: deviantart.com

Perang Korea belum terjadi, tapi Presiden Korsel Syngman Rhee sudah memiliki sekitar 300.000 nama yang diduga kuat sebagai simpatisan komunis. Memang tidak semua komunis, ada juga lawan politik yang harus dibungkam dan kebetulan mereka terdaftar sebagai anggota Liga Bodo atau Liga Rehabilitasi dan Pedoman Nasional (Hangeul: 보도연맹 학살사건, Gukmin Bodo Ryeonmaeng), sebuah organisasi warisan Kolonial Jepang yang identik dengan aliran kiri.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Kartu identitas anggota Liga Bodo.
Gambar: wikipedia.com

Pemerintah Korsel hendak mengedukasi ulang para rakyat Korsel yang telah terpapar paham komunis. Dengan dalih melindungi mereka dari eksekusi, pada Juni 1949, Pemerintah Korsel malah menuduh para aktivis kemerdekaan sebagai komunis dan terlibat Liga Bodo.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Suasana eksekusi para tahanan politik atau terduga komunis di Daejeon.
Gambar: wikipedia.com

Sesungguhnya ini hanya akal-akalan Pemerintah Korsel yang khawatir menjamurnya kolaborator Korut, sekaligus membatasi pergerakan komunis di selatan, serta menghabisi lawan politik yang patut dihilangkan. Pada tahun 1950, Pemerintah Korsel gerak cepat memenjarakan 20.000 orang terduga komunis.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Tentara Korea Utara merangsek masuk ke wilayah Korea Selatan.
Gambar: cbsnews.com

Pada tanggal 25 Juni 1950, tentara Korut merangsek dari utara yang menjadi sebab khusus meletusnya Perang Korea. Di bawah kepemimpinan Kim Il Sung, tentara Korut terus melaju tanpa henti.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Presiden Syngman Rhee.
Gambar: theperspective.com

Presiden Syngman Rhee yang akan mundur ke selatan, memerintahkan eksekusi terhadap anggota Liga Bodo pada tanggal 27 Juni 1950. Keesokan harinya, tanggal 28 Juni 1950, terjadi pembantaian pertama di Hoengseong, Gangwon-do. Eksekusi dilakukan tanpa pengadilan dan hukuman.

Kim Tae Sun yang saat itu menjabat sebagai Kepala Polisi Metropolitan Seoul mengakui telah mengeksekusi 12 orang terduga komunis. Kurang dari sepekan, Seoul jatuh ke tangan Korut.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pertempuran Seoul.
Gambar: wikipedia.com

Namun, pada akhir September 1950, Seoul berhasil direbut kembali berkat bantuan Sekutu. Eksekusi menggila dan diperkirakan sekitar 30.000 warga Seoul dan sekitarnya, tewas dibantai dengan tuduhan komunis atau kolaborator Korut.

Di Busan sekitar 3.400 warga Korsel juga dieksekusi. Sementara itu, di desa-desa pesisir sekitar 200 mayat korban eksekusi massal dibuang ke laut. Pensiunan Laksamana Korsel Nam Sang-hui mengatakan, “Tidak ada waktu untuk persidangan mereka.”

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: wikipedia.com

Seiring datangnya bantuan PBB yang dimotori Sekutu, pelan-pelan wilayah Korsel dibebaskan dari tentara Korut. Sekelompok polisi dan milisi pembebasan melanjutkan bersih-bersih komunis.

Pada bulan Oktober 1950, terjadi pembantaian sipil di Gua Goyang Geumjeong. Tercatat 153 orang dieksekusi oleh polisi di distrik Gyeonggi-do. Masih di distrik yang sama, polisi dan milisi pembebasan di Namyangju juga mengeksekusi 460 orang, termasuk 23 anak di bawah usia 10 tahun.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: wikipedia.com

Bersih-bersih komunis ini akhirnya mengusik Sekutu. Pada bulan Desember 1950, pasukan Inggris sempat menyelamatkan warga sipil yang sudah berbaris dan siap ditembak di pinggiran Seoul. Namun, hal ini tidak menyurutkan Pemerintah Korsel untuk melenyapkan komunis. Semua hal yang berkaitan dengan komunis harus dibunuh. Tidak peduli jika ada keluarga yang salah satu anggotanya terlibat komunis, sekeluarga harus dieksekusi.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: commons.wikimedia.org

Pada tanggal 4 Januari 1951, terjadi lagi pembantaian di Ganghwa, Incheon. Sekitar 1.300 orang dieksekusi massal. Para korban adalah kolaborator Korut saat pendudukan sementara. Pembantaian di Ganghwa terkesan sadis karena sebelumnya sempat terjadi pembantaian 140 orang non-komunis sebagai tindak balasan bersih-bersih ala komunis Korsel sepanjang tahun 1950.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: reddit.com

Perkiraan korban tewas Pembantaian Liga Bodo bervariasi. Ahli sejarah memperkirakan total korban berkisar antara 60.000-200.000 orang. Selama empat dekade Pemerintah Korsel berusaha merahasiakan hal ini. Korban selamat dan saksi mata dibungkam dengan ancaman penyiksaan dan pembunuhan.

Namun, penerus Korsel berikutnya agak melunak dan mulai membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk mengusut hal ini. Penggalian kuburan massal banyak digali sepanjang 1990-an yang menimbulkan kesadaran publik bahwa pembantaian ini memang pernah terjadi.

Pembantaian Liga Bodo, Bersih-Bersih Komunis Ala Korea Selatan
Penggalian kuburan massal korban eksekusi Pembantaian Liga Bodo.
Gambar: english.hani.co.kr

Selain itu, informasi dari negara-negara Sekutu yang dulu terjun dalam Perang Korea semakin deras mengalir. Bahkan Arsip Nasional AS merilis beberapa foto prajurit AS yang sedang berada di lokasi pembantaian di wilayah Daejeon.

Di balik hingar bingar Korea Selatan yang sedang hype banget sama K-Pop dan K-Drama, ternyata mereka memiliki dosa kelam yang lumayan tragis.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 2 3 4

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 17 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Mungkin GanSis Berminat Melihat Thread Ane yang Lain Hehe? Silakan Klik Merah-Putih di Bawah Ini!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
ngeri brow
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan servesiwi memberi reputasi
Quote:

Yoi ane aja kaget pas baca tentang Perang Korea ternyata ada praktik ini

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terorist56 dan 2 lainnya memberi reputasi
Di fil tae guk gi ada tuh adegannya.
bahkan yg cuma dateng di acara pembagian makanan pasukan korut pun dituduh komunis dan dieksekusi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mamorukun
Quote:

Perang emang selalu menyisakan hal2 model begini ya Gan. Zaman WW II di Eropa juga begitu waktu Jerman menduduki Perancis/Belanda. Pas perang berakhir, mereka yang pernah bekerja buat Jerman bakal dibully (ditelanjangi/digundulin buat yang cewek) bahkan dibunuh

Kalau kolaborator okelah, tapi kalo sekadar tukang cuci baju prajurit NAZI masa dianggap kolaborator juga. Namanya masa perang pasti kan perlu buat makan makanya harus kerja

Sama kaya Pembantaian Liga Bodo ini. Tadi ane baca artikel hangeul sampe ane bela2in pake google translate buat lebih paham. Ada yang cuma beli beras sama pihak komunis dibunuh juga. Buset dah namanya waktu itu Korut duduki Seoul ya pasti beli beras sama pihak berkuasa lah wong tentara Korsel kabur ke selatan

emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan 7 lainnya memberi reputasi
Tak kira korsel gak punya sejarah ginian, eh ternyata mereka juga sama aja. Dan pastinya yang namanya rezim militer yang berkuasa di korsel sampai 70-an ya gini ini. Dan pelopor rezim militer korea adalah perusahaan yang jadi produsen smartphone dunia. Ya tahu sendirilah perusahaannya namanya apa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:

Ane aja tau pas lagi baca artikel Perang Korea. Masalahnya jumlahnya itu banyak loh buat total populasi Korea. Kita zaman bantai2 PKI banyak juga yang mati tapi secara populasi udah banyak jadi gak terlalu signifikan

Eh ane baru tahu, Samsung maksudnya?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post mengeja
Well begitulah, yang namanya korporasi ya kan pengennya punya market yang stabil. Makanya rezim totaliter kanan biasanya ada korporat besar dibelakang. Lagian juga perusahaan yang ini gak cuma smarphone aja line productionnya, senjata pun juga ada divisinya dia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:

Balik lagi perang emang bisnis paling menguntungkan ya. Perlu kecanggihan, senjata, dan obat, makanya negara2 yang paham konsen di tiga bidang ini: teknologi, alutsista, sama medis

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 8 lainnya memberi reputasi
awal perjuangan komunis yg mengerikan, dengan mengatasnamakan buruh. toh pada akhirnya pemimpin negara komunis menjadi "pengusaha" satu-satunya di negara itu, lainnya tetap menjadi buruh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:

Ini fakta ya. Gak ada revolusi komunis yang gak menumpahkan darah. Komunis emang kejam, tapi kalo liat sudut pandang lain bagi ane sama kejamnya juga

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zero.man dan 6 lainnya memberi reputasi
Daripada bawak2 Tuhan tapi ujung-ujungnya leher orang kena gorok juga?emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 4 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

ISIS ya bre

emoticon-Leh Uga

Quote:

Kok bikin ketawa?

emoticon-Bingung

Quote:

Gitu kenapa?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
dan dengan kata lain AS menjadi pasukan yg membantu dalam pembantaian
profile-picture
profile-picture
chisaa dan mengeja memberi reputasi
Yg menang selalu menulis sejarah..
Sampe orang yg cuma ikut2 an aja dibantai..

gak jauh beda sama di Indonesia..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skywalker45 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane lebih tertarik baca sejarah korut yg sebenarnyaemoticon-Matabelo
profile-picture
mengeja memberi reputasi
Quote:

Lah kan tu 2 Korea berantem gegara AS sama Soviet rebutan ideologi

emoticon-Leh Uga

Quote:

Bener

emoticon-Big Grin
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
seram breee emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
stygiant dan mengeja memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di