alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Di Masa Habibie Rupiah Menguat Drastis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79f9cbc0cad74ebc23a64f/di-masa-habibie-rupiah-menguat-drastis

Di Masa Habibie Rupiah Menguat Drastis

Keberhasilan penguatan ekonomi yang dilakukan Presiden Indonesia ke-3, BJ Habibie layak ditiru oleh pemerintah saat ini, sebab saat itu, BJ Habibie mampu menguatkan posisi rupiah terhadap dolar dan mampu mempertahankan harga BBM bersubsidi
Di Masa Habibie Rupiah Menguat Drastis
Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie. (foto : liputan6.com)

Kitakini.news – Pada masa Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie berhasil menguatkan posisi Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Saat krisis moneter 1998, BJ Habibie malah mampu menguatkan Rupiah dari Rp 16.800/USD Dolar, menjadi Rp 6.500/USD Dolar.

Sebagai seorang enginer, bukan berarti BJ Habibie tak memiliki ilmu ekonomi yang baik. Buktinya, BJ Habibie dengan mudah menguatkan posisi Rupiah yang sedang anjlok saat itu.

Ekonom UGM, Tony Prasetiantono mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan BJ Habibie mampu menguatkan posisi Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat saat itu.

Salah satunya adalah efektifnya paket rekstrukturasi perbankan untuk membangun kembali perbankan yang sehat pada 21 Agustus 1998 lalu. Paket rekstrukturasi perbankan itu meliputi sejumlah bank yang dimerger menjadi satu bank baru.

Contohnya Bank Mandiri yang dikenal sebagai gabungan dari beberapa, sehingga saat ini Bank Mandiri memiliki sisi pendanaan yang kuat.

Selain itu, untuk mengembalikan kepercayaan terhadap Bank Indonesia (BI), BJ Habibie juga memisahkan BI dari pemerintah. Akibatnya, BI menjadi lembaga independen dan tidak bisa ditekan oleh pemerintah.


Di Masa Habibie, Harga Premium Rp 1.000 dan Solar Rp 550 per Liter

Tidak hanya itu, BJ Habibie juga berani melawan intervensi ekonomi dari Inetrnational Monetary Fund (IMF). Saat itu, IMF memaksa Indonesia untuk menghapuskan program subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Tarif Dasar Listrik (TDL).

Namun dengan tegas, presiden berlatarbelakang enginer ini menolak intervensi ekonomi IMF itu. BJ Habibie tetap mempertahankan harga premium Rp 1.000 dan harga solar Rp 550 per liter.

Padahal, pasca Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto lengser, harga premium Rp 1.200 per liter, namun di masa jabatannya yang singkat, presiden yang bisa membuat pesawat ini mampu menurunkan harga premium menjadi Rp 1.000 per liter.

Alasannya mempertahankan harga BBM bersubsidi agar daya beli masyarakat tetap terjangkau di saat krisis moneter.

Berbagai faktor yang diterapkan itu, ternyata membuat investor asing kembali percaya kepada Indonesia, dengan mulai berinvestasi lagi di Indonesia. Imbasnya, nilai tukar Rupiah pun kembali kuat.



Sebagaimana dilansir dari kompas, Kamis (12/9/2019), tidak hanya nilai tukar Rupiah yang kuat, angka kemiskinan nasional pun bisa ditekan saat itu. Dari 24,2 persen di tahun 1998, menjadi 23,4 persen di tahun 1999.

Sumber:https://kitakini.news/33192/di-masa-...guat-drastis/
Baca Selengkapnya di:https://kitakini.news/



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
halah...emang aslinya saat itu rupiah emang berada di kisaran itu.
terpuruk krn kasus 98.
begitu kondisi politik normal lagi, ya pasti baliknya ke kisaran itu lah...

kampret sumbu pendek gitu aja sambil nyinyir mulu emoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan ffffffffffffffu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yoi cing gua ngisi bensin murah emoticon-Cool
berkat kepintaran anda kami anak bangsa terselamatkan
Bukan mengecilkan peran pak BJ, tapi siapun presiden saat itu, rupiah pasti menguat emoticon-Blue Guy Smile (S)


























































emoticon-Ngacir
Balasan post yesknow
Kalo antum engineer lulusan luar dan setelah itu jadi presiden baru boleh antum bisa ngomong seenak udel! Emang antum bisa apa? Dibanding mendiang pak habibie, pak habibie udah berbuat banyak dari kontribusi ilmu sampe negara.
Emang antum udah kontribusi apaan? Baru bisa kontribusi komen nyinyir di kaskus ga usah belagak sombong! emoticon-Lempar Bata
pinter ditaruh dimanapun ya pinter,klo ga,mau dipoles sebagus apapun,ya tetap ambyar
jamannya kita2 pakek minyak tanah emoticon-Big Grin
dimasa sekarang namanya "meroket"
profile-picture
profile-picture
kageninja dan indrapohan16 memberi reputasi


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di