alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Mengenang BJ Habibie dan Kuliner Favoritnya
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79cd5efacb956a6228c331/mengenang--bj-habibie-dan-kuliner-favoritnya

Mengenang Habibie dan Kuliner Favoritnya

Indonesia berduka karena meninggalnya Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie pada Rabu (11/9) kemarin. Banyak kenangan dan hal-hal  tentang sosok BJ Habibie di semasa hidupnya yang menarik untuk dibahas termasuk soal makanan kesukaannya Gan. Seperti deretan kuliner ini nih.


Barongko

Mengenang BJ Habibie dan Kuliner Favoritnya

Dilansir dalam Nova.id, salah satu makanan favorit BJ Habibie adalah Barongko. Buat agan yang belum tahu, Barongko itu adalah makanan khas Bugis yang terbuat dari campuran pisang yang dihaluskan bersama sejumlah bahan lain seperti telur, santan, gula pasir dan garam yang kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Konon katanya barongko sering disajikan sebagai makanan penutup raja-raja Bugis. Tapidi masa sekarang, barongko dapat dengan mudah ditemukan karena dijual bebas dan biasa disajikan di acara-acara perayaan seperti pernikahan atau syukuran.

Sate Maranggi

Mengenang BJ Habibie dan Kuliner Favoritnya

Nggak cuma Barongko, dilansir dalam kompas.com salah satu makanan kesukaan Bapak BJ Habibie lainnya adalah sate maranggi. Semasa hidupnya saat ulang tahun beliau suka menyantap kuliner khas Purwakarta ini di rumahnya. Sate maranggi sendiri terkenal karena perpaduan rasa gurih daging dengan rasa manis asam pedas dari bumbu satenya. Biasanya daging yang digunakan pada Sate Maranggi adalah daging sapi atau kambing Gan. Daging ini dipotong-potong dan dibalurkan dengan bumbu bakar khusus dari ulekan bawang merah, bawang putih, kunyit, gula merah, jahe dan ketumbar serta minyak sayur dan garam sebelum akhirnya dibakar di atas arang. Saat dihidangkan, sate disajikan dengan bumbu khasnya yang disebut bumbu acar sate maranggi.

Pallu butung

Mengenang BJ Habibie dan Kuliner Favoritnya



Saat masih muda,minuman khas dari Bugis ini juga jadi favorit Habibie Gan. Pallu butung sendiri bisa dibilang mirip dengan es pisang ijo karena terbuat dari bahan dasar pisang. Bedanya di Pallu butung, pisang tidak dibalut dengan tepung tapi disajikan dalam bentuk potongan pisang kukus yang  disiram dengan kuah sumsum dan sirup merah.

Putu Cangkir

Mengenang BJ Habibie dan Kuliner Favoritnya
Putu cangkir juga menjadi kudapan khas Makassar yang disukai BJ Habibie semasa hidupnya. Putu cangkir sendiri terbuat dari ketan putih dan hitam yang ditumbuk hingga halus. Tepung ini kemudian dicampur lagi dengan gula merah dan di bagian tengahnya diisi dengan kelapa parut.

Olahan ikan

Mengenang BJ Habibie dan Kuliner Favoritnya

Di beberapa artikel media juga disebutkan bahwa Habibie olahan ikan mulai dari ikan bakar, ikan goreng atau sup ikan menjadi salah satu makanan favorit Habibie sejak kecil bahkan hingga saat ia lama berada di Eropa Gan.

 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
inagita dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh monprodon
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
hmmmmmm....
kayaknya enak2 ini
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kok enakkkk.. infonya bikin laper juga ya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kok enak sih 😍😍😍
jadi pengen nyobain kuliner kesukaan eyang Habibie ini...
paling penasaran banget sama rasanya barongko
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan kakekane.cell memberi reputasi
Barongko itu kalau di daerahku di Jawa namanya karanggesing.

Hehe, agak aneh yak namanya, karanggesing itu yang dibungkus daun pisang.

Kalo yang versi ditaruh di loyang, namanya tetel.

Bahan, rasa, sama cuma penyajian yang beda
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Bikin laperr ... Saya pernah ngerasain barongko ... Enak rasanya ...ya mirrip kayak karanggesing di jawa ... Cuman bedanya barongko olahan pisangnya lebih halus ...kalau karanggesing cuman di iris2 aja
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Barongko itu apa sejenis dengan karang gesing ya? sama-sama pisang yang dikukus di daun pisangnya emoticon-Big Grin. Ternyata Pak Habibie ini juga suka menikmati sate emoticon-Matabelo, sate maranggi pula emoticon-Cendol (S). Info-info kayak gini menarik banget gan emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh Daniswara92
kudapannyaaa enak2 yaaaaa.... nice thread gannn... positif dan informatif yaaa... ditunggu thread lainnya...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan night.fury95 memberi reputasi
kalo lg ke jerman makanan favoritnya sama temen2 bulenya apa ya?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kok tetiba lapar ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Baru tahu kalo eyang habibie suka makan sate, kek ane dong suka sate. Tapi, makanan khas daerah juga jadi favorit beliau, terbukti nih profesor lulusan Jerman lidahnya gak bisa pindah ke lain hati dari makanan khas Indonesia

emoticon-Jempolemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan kakekane.cell memberi reputasi
Maemannya sehat dan bergizi...
Pantesan jenius...
emoticon-Matabelo emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan kakekane.cell memberi reputasi
enak2 ya makanan presiden kita
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
hmm enak eyang itu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Yoi gan emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Mantab, eyang suka sate, sama kek saya dong, apalagi sate kambing,
Walaupun lama di Jerman, tapi makanan favoritnya asli Indonesia semua, panutann
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan kakekane.cell memberi reputasi
semoga eyang khusnul khotimah emoticon-Mewek
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


yang ane suka putu


Quote:

ane juga baru tahu info ini.
nice thread TS emoticon-2 Jempol

Quote:

emoticon-Big Grin

Quote:

tapi di thread ini mungkin emang khusus makanan favorit yg dari Indo? mungkin beliau sebenarnya juga ada makanan favorit Jerman?
emoticon-cystg
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh kreator.9.ES
gak ada sumber nya gan,bs jadi asumsi ts
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
slamat jalan pak habibie
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
perbanyak makan ikan
biar pintar kek pak habibi...
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di