alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79a14265b24d6a643d92d9/jasa-bj-habibie-untuk-dunia-aviasi-indonesia

Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia

Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia

Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia


Jakarta - Presiden ke-3, BJ Habibie akan dimakamkan hari ini. Jasanya dalam dunia perjalanan udara membekas sangat dalam.

Dunia penerbangan Indonesia hari ini telah menjadi tulang punggung mobilitas masyarakat Indonesia untuk traveling antar pulau, baik untuk kegiatan liburan atau urusan pekerjaan. Di balik itu, ada kiprah Habibie yang mendorong aviasi Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai Presiden ke-3 RI, BJ Habibie dikenal dengan jasa dalam dunia aviasi Indonesia. Dia menempuh pendidikan dan memulai karirnya di Jerman, hingga akhirnya kembali ke Tanah Air. Habibie juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi pada tahun 1978-1997.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Kamis (12/9/2019) awal karir Habibie pada dirgantara Indonesia dimulai pada tahun 1974. Saat itu, ia dipanggil oleh Presiden Soeharto untuk mengembangkan industri penerbangan dalam negeri. BJ Habibie menyetujui dengan syarat dibiayai dari penjualan sumber daya alam.

Dengan awalan tersebut, dimulailah Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) yang menjadi akar dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Institusi inilah yang menjadi produsen pesawat Indonesia. Idenya diungkap saat Pair Air Show 1989. Lalu pada tahun 1995, pesawat N-250 pertama kali mengudara dan juga menjadi sebuah kado ulang tahun RI ke-50.

Pesawat ini merupakan jenis armada penumpang sipil regional komuter turboprop (baling-baling) dengan kapasitas 50 hingga 70 penumpang. Produksi prototipe pertama yakni N 250 PA-1 dengan versi Gatotkaca diluncurkan Agustus 1995, dan N-250 PA-2 diberi nama versi Krincing Wesi yang diluncurkan Agustus 1996.

Sayang seribu sayang, saat krisis moneter melanda Tanah Air sekitar tahun 1998, IPTN terpaksa ditutup, meski kini sudah bangkit dengan nama PTDI. Hal itu terjadi karena saat itu International Monetary Fund (IMF) menolak untuk memberi bantuan kepada pengembangan pesawat.

Namun proyek ini juga harus ikut terhenti karena krisis moneter seiring ditutupnya IPTN. Padahal, pada tahun 1995 N-250 sudah melakukan ujicoba saat terbang perdana di Bandara Husein Sastranegara Bandung. Kini, 2 pesawat N-250 terparkir dan menjadi besi tua pada apron milik PTDI di Bandung.

Di usia senjanya, BJ Habibie terus berkiprah untuk dunia aviasi Indonesia. Tahun 2013, BJ Habibie menginisiasi pembuatan pesawat turboprop R80 yang dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) dengan PT DI. Proyek ini dikabarkan akan selesai tahun 2021 dan membutuhkan dana kurang lebih Rpp 21,6 triliun.

Tahun 2018, putra BJ Habibie, Ilham Habibie mengatakan bahwa R80 sedang berada dalam proses desain. Pembuatan prototipe akan dimulai tahun 2019 dan pembuatan purwarupa memakan waktu hingga 4 tahun.

Masyarakat Indonesia pun menyambut baik pembuatan R80 ini. Melalui penggalangan dana online, rakyat Indonesia 'patungan' untuk merealisasikan R80 dan terkumpul mencapai Rp 6,44 miliar. Rencananya, akan terbang pertama kali tahun 2023 dan diserahkan kepada konsumen tahun 2025.

Nama BJ Habibie pun memiliki pengaruh besar dalam dunia aviasi Indonesia. Meski raga telah pergi, jasanya masih mengalir hingga kini. Saat Anda menjelajah Indonesia naik pesawat, di sana ada peran BJ Habibie yang mendorong konektivitas di Indonesia lewat jalur udara. (rdy/fay)


Sumber.

Apakah masih ada jenius di Negara ini yang bisa menyamai prestasi beliau tapi tidak haus kekuasaan gitu? Semoga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bibalinhgum dan 22 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Quote:


Udah minum obat gan ?
Balasan post lakamora
Quote:


Yup, tul! Pesawat indon cuma dilebih2kan aja, tp banyak yg ga ngerti.
Semua sayang eyangemoticon-Frown
bukan hnya indonesia, tapi duniaaa... nice thread gannn... positif dan informatif yaaa... ditunggu thread lainnya...
profile-picture
mimiesp1 memberi reputasi
ada link buat iuran pesawat R80
ayo gan teruskan cita2 pak habibie perjuangkan wahai anak muda indonesia
ada gan yg jenius dan tidak haus kekuasaan. yaitu habi Brizik. dia contoh pemimpin idaman. disaat orang2 sibuk memperebutkan kursi gubernur dan presiden, dia justru hijrah ke fadang gurun untuk menenangkan batin. dia tidak tergoda oleh kursi pemimpin. justru dgn hijrahnya ke fadang gurun berpotensi kursi kepemimpinan di salah satu ormas di ambil alih oleh orang lain. tp dia iklas. dan krn bukti keiklasannya itu dia mendapat balasan krn hingga saat ini kursi pemimpin di ormas itu blm ada yg berani merebut. hebat kan?
dan ini gan pemimpin hebat itu menurut ane. keren kan?
Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia
emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wagelaseh

profile-picture
Titikhitam198 memberi reputasi
bangga ane..
dan ane yakin, seluruh nusantara bahkan dunia yang mengenal pak Habibie, full respect.. emoticon-shakehand:
itulah.. orang baik emoticon-Smilie
selamat jalan mr Krack
Istri Habibie nggak pakai hijab, naudzubillah...
Jadi pemimpin rumah tangga aja gagal bagaimana mau memimpin negara? syukur alhamdulillah rejimnya hanya setahun.

Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Titikhitam198 dan 3 lainnya memberi reputasi
sudah hilang tokoh di indonesia seperti alm pak bj habibie emoticon-Turut Berduka
tokoh nasional terbaik versi gw. emoticon-Mewek
Jangankan dari sisi kepahlawanan, prestasi dan sumbangsih beliau ke NKRI...
dari sisi manusia normal saja beliau : Pintar dan Rendah Hati itu kombinasi yang amat jarang ditemui di jaman now ini.

Saya suka malu sendiri jadi manusia standar/normal saja susah...hihi
Salah satu putra terbaik bangsa telah gugur, semoga amal ibadah beliau diterima disisiNya, dan kita sebagai generasi penerus bangsa selalu termotivasi dengan penemuan dan ilmu yang telah beliau berikan ke kita semua
Quote:


Bener banget gan. Nggak ada heboh heboh apapun. Ntah kenapa kalo ane perhatiin, ilmuwan yang naik ke pemerintahan selalu punya ciri khas yang sama, kalem emoticon-Smilie kayak Angela Merkel di German.
Selamat jalan eyang
Pesawat2 yg digembar-gemborkan bikinan indon itu suku cadangnya dari luar semua. Indon cuma ngerakit. Itupun jadinya ga beres. Ingat dulu mau dituker ama beras ketan ke Thailand dan setelah beberapa saat Thailand menolak krn pesawat made in indon banyak masalah.
profile-picture
rarebali memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pesawat2 yg digembar-gemborkan bikinan indon itu suku cadangnya dari luar semua. Indon cuma ngerakit. Itupun jadinya ga beres. Ingat dulu mau dituker ama beras ketan ke Thailand dan setelah beberapa saat Thailand menolak krn pesawat made in indon banyak masalah.
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan herocin memberi reputasi
Quote:


Yup betul bro...diawal gantiin alm soeharto beliau sudah bilang kalo cuma selesaikan periode waktu yg tersisa + nyiapin pemilu demokratis...klo di UUD 45 ada kalimat " menghantarkan ke pintu gerbang bagi seluruh rakyat indonesia " ( Alm soekarno hatta sebagai bapak proklamator )...nah beliau meski tidak tertulis tapi bisa dibilang " menghantarkan seluruh rakyat indonesia kepintu demokrasi "...bisalah disebut sebagai bapak demokrasi...ya karena dari beliau yg berani membuat maupun merevisi aturan aturan yg selama itu dikekang...multipartai, kebebasan organisasi, kebebasan sampaikan pendapat, pembatasan lama waktu presiden menjabat dll...siapa berani coba canangkan kek gitu ditengah antek antek orba yg masih kuat
Quote:


betul memang tidak mungkin 100% komponen bisa diprodukai dalam negeri, tapi bisa diminimalisir sebagian besar komponen buatan luar negeri dengan buatan lokal dalam negeri hingga 75% atau lebih jika saja sebelumnya sudah dipikirkan mengenai manufakturnya dengan matang mulai dari hulu ke hilirnya sehingga terbentuk rantai industri dalam negeri yang mendukung industri penerbangan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di