alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79975c0577a91ef435c88d/kisah-bj-habibie-pulihkan-rupiah-dari-rp-15000-jadi-rp-6500-us

Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$

Jakarta - Presiden RI ke-3 BJ Habibie tutup usia. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pada usia 83 tahun.

Kabar soal meninggalnya BJ Habibie disampaikan oleh Kepala RSPAD Dr Terawan, Rabu (11/9/2019). "Benar, pukul 18.05 WIB," ujarnya.

Sosok yang satu ini punya peran penting dalam kehidupan bernegara di Indonesia.

Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$


Ia merupakan seorang insinyur yang berhasil membuat pesawat terbang yang diakui dunia. Selain itu, keahlian teknologinya itu membuatnya dekat dengan pemerintah dan akhirnya ia menjabat sebagai Presiden ketiga Republik Indonesia pada 21 Mei 1998.

Habibie diangkat menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada 14 Maret 1998. Namun kerusuhan dan gejolak politik yang berpusat di Jakarta akhirnya menggulingkan Presiden Soeharto, yang telah berkuasa selama 32 tahun.

Setelah lengsernya Soeharto pada 21 Mei 1998, Habibie pun otomatis diangkat menjadi Presiden ketiga Republik Indonesia. Meski masa jabatannya terhitung singkat, Habibie berhasil menerapkan beberapa terobosan di Indonesia, seperti Undang-Undang Antimonopoli, Undang-Undang Partai Politik, dan Undang-Undang Otonomi Daerah.

Dari sektor ekonomi, Habibie berhasil mendongkrak nilai tukar rupiah terhadap dolar, yang awalnya berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per dolar AS menjadi Rp 6.500 pada akhir pemerintahannya.

Hal ini bisa terjadi lantaran Habibie konsisten pada kebijakan keuangan. Kala itu, Habibie yang mengikuti tren global, yang menerapkan sistem pasar terbuka untuk valuta asing. Habibie mematok nilai tukar rupiah pada Rp 8.000.

Konsistensi Habibie ini ternyata berhasil menekuk dolar AS hingga di level yang cukup rendah, yakni Rp 6.500. Hal itu terungkap dalam laporan pertanggungjawaban MPR pada akhir periode jabatannya.


Sumur: https://m.detik.com/finance/sosok/d-...jadi-rp-6500us


Satu satunya presiden RI yg bisa nurunin dollar sepertinya..

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aguswahyu86 dan 45 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KaskusKreator
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$

hoktod bangcyad emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
clyope dan 14 lainnya memberi reputasi
Dulu usd pernah 15rb? Wow naik turun ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Salah satu putra terbaik bangsa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bukan gak dukung ya.

Saat itu Rupiah dari 2000 ke 16000an lebih, jadi hitungannya Habibie hanya memulihkan sebagian.

Tapi kalau seperti keadaan SBY atau Jokowi sekarang diturunkan sedrastis itu dijamin akibat export hancur negara bisa kolaps

Bisa dikatakan itu akibat Habibie bisa netralin kondisi setelah kerusuhan 👍. Dan juga perlu diakui Presiden setelahnya sulit jaga kondisi Rupiah (dulu saat jaman Suharto dijaga banget kursnya hingga hampir gak ada CAD, makanya bisa di 2000 terus)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riccorizza dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
pak habibie emg mantap

kalo gerindra lebih mantap coy

Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikarzz dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Mantap pak habibie

emoticon-Shakehand2

Quote:


Nah ini

semuanya dibawa ke politik

heran juga gw

separah parahnya gw sebagai cebong, ya ga gini juga

padahal prabowo dan jokowi udah damai

kemarin gw malah debat soal esemka sama cebong

terus soal rini sama cebong

lah ya gimana, hal kek gini ya harusnya kalau udah jelas ngaco ya jangan didukung.

Kita kan mau indonesia semakin maju

Bukan debat terus terusan

sama kampret sih udah ga usah ditanya, ekonomi, wan abud, dll

Ini kalau belum pada perang bunuh bunuhan ga bakal kelar keknya

Bakal gini terus indonesia

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FlixBagz dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 4nt1.sup3r
Lihat 1 balasan
hanya presiden habibie yg membumi hanguskan pungli diseluruh indonesia dan para asn pun gigit jari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
westborneo73 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dengan cara menaikkan bunga bank 60%
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post ustad.syam
Quote:


pak habibie mantap. tapi sayangnya tuduhan soal gerindra salah alamat karena belum pernah memimpin negeri ini. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

bandingkan dengan zaman jkw selalu benar dong

Quote:


https://www.liputan6.com/bisnis/read/3672033/indef-rupiah-melemah-jadi-catatan-4-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$

https://finance.detik.com/infografis/d-4188975/dolar-as-vs-rupiah-di-era-jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FlixBagz dan 7 lainnya memberi reputasi
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh FajarAquazTime
Patut diapresiasi, semoga bisa jadi panutan pemerintah menjadi lebih baik lagi emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan extreme78 memberi reputasi
Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$

Selamat Jalan Sang Jenius
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mangstaff gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FlixBagz dan 3 lainnya memberi reputasi
Berita soal mendiang habibie masih jg d bawa2 k politik sm cebong-kampret....perusuh bangsa emang selain ormas radikal y cebong-kampret ini (pendukung radikal)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sayangnya di era nya timtim lepas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kayaknya lain masa lain kebijakan.
Dolar tinggi begini, kesempatan untuk genjot ekspor.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kolollolok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Teladan bangsa Indonesia
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kolollolok memberi reputasi
turut berduka cita...
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kolollolok memberi reputasi
We PROUD of You Mr. krack
Diubah oleh djoke
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di