alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d79975c0577a91ef435c88d/kisah-bj-habibie-pulihkan-rupiah-dari-rp-15000-jadi-rp-6500-us

Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$

Jakarta - Presiden RI ke-3 BJ Habibie tutup usia. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto pada usia 83 tahun.

Kabar soal meninggalnya BJ Habibie disampaikan oleh Kepala RSPAD Dr Terawan, Rabu (11/9/2019). "Benar, pukul 18.05 WIB," ujarnya.

Sosok yang satu ini punya peran penting dalam kehidupan bernegara di Indonesia.

Kisah BJ Habibie Pulihkan Rupiah dari Rp 15.000 Jadi Rp 6.500/US$


Ia merupakan seorang insinyur yang berhasil membuat pesawat terbang yang diakui dunia. Selain itu, keahlian teknologinya itu membuatnya dekat dengan pemerintah dan akhirnya ia menjabat sebagai Presiden ketiga Republik Indonesia pada 21 Mei 1998.

Habibie diangkat menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada 14 Maret 1998. Namun kerusuhan dan gejolak politik yang berpusat di Jakarta akhirnya menggulingkan Presiden Soeharto, yang telah berkuasa selama 32 tahun.

Setelah lengsernya Soeharto pada 21 Mei 1998, Habibie pun otomatis diangkat menjadi Presiden ketiga Republik Indonesia. Meski masa jabatannya terhitung singkat, Habibie berhasil menerapkan beberapa terobosan di Indonesia, seperti Undang-Undang Antimonopoli, Undang-Undang Partai Politik, dan Undang-Undang Otonomi Daerah.

Dari sektor ekonomi, Habibie berhasil mendongkrak nilai tukar rupiah terhadap dolar, yang awalnya berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per dolar AS menjadi Rp 6.500 pada akhir pemerintahannya.

Hal ini bisa terjadi lantaran Habibie konsisten pada kebijakan keuangan. Kala itu, Habibie yang mengikuti tren global, yang menerapkan sistem pasar terbuka untuk valuta asing. Habibie mematok nilai tukar rupiah pada Rp 8.000.

Konsistensi Habibie ini ternyata berhasil menekuk dolar AS hingga di level yang cukup rendah, yakni Rp 6.500. Hal itu terungkap dalam laporan pertanggungjawaban MPR pada akhir periode jabatannya.


Sumur: https://m.detik.com/finance/sosok/d-...jadi-rp-6500us


Satu satunya presiden RI yg bisa nurunin dollar sepertinya..

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aguswahyu86 dan 45 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KaskusKreator
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
nah di masa itu yg di alamin abis krisis 98 betapa gila nya dan pintar nya pak habibieemoticon-Traveller
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
coba deh dipraktekin sama pak wi skg emoticon-Big Grin
Quote:


Turun mksdny gmn ini?anjlok ato turun yg bgs?
Balasan post slider88
@slider88

Rupiah dulu jaman Habibie itu buatku seperti menormalkan tepatnya.

Kalau sekarang digituin ya Indonesia dijamin hancur.

Kamu gini aja istilahnya, jual barang saat US$ masih 14000. Lalu mereka bayarnya saat US$ 6500. Itu sdh rugi berapa, blm kalau kamu kirimnya ribuan sd jutaan ton. Yg Impor memang untung besar, tapi kalau gak seimbang ya hancur (kalau turun pelan2 masih bisa atau redenominasi kalau mau amannya)
Balasan post olapoenya
Quote:


Habibie hitungannya baru menormalkan itu, setelah anjlok habis

Kalau menjabat lagi rasanya akan tetap sama, Rupiah turun.

Presiden yg stlhny pak habibie knp g bs y?nanya jujur,bnran g paham


Quote:


Presiden yg stlhny pak habibie knp g bs y?nanya jujur,bnran g paham
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
semoga khusnul khotimah eyang
Wah baru bener bener tau ceritanya dari thread ini nih ane, maklum pas itu ane masih kecil jadi nggak paham. pas umur umur sekarang baru bener bener ngerti kalau emang jasa beliau untuk Indonesia tuh besar banget yaa.. nggak heran kalau pada kehilangan beliau banget
Hebat sekali
salah satu kontribusi beliau buat bangsa... nice thread gannn... positif dan informatif yaaa... ditunggu thread lainnya...
Balasan post rajatuyul
Betul tetapi gak bisa dibilang juga Habibie presiden yang baik karena dia kemungkinan besar andil gak bisa mencegah reformasi yang bikin tambah hancur indon
keren nih salah satu cerita dari pak habibie yang mungkin sulit dilakukan oleh para presiden indonesia sampai sekarang. kita tahu inflasi yang tinggi ditahun 98 akhirnya menyebabkan kerusuhan dan kekacauan. hingga pak harto akhirnya lengser. pak habibie datang menggantikannya, beliau naik jabatan dari wapres jadi presiden, langkah yang dia ambil memperbaiki stabilitas ekonomi indonesia. dan ini lah hasilnya nilai dollar turun keren. terima kasih pak habibie, jasamu akan kami kenang selalu. yang bahagia disana pak.
Balasan post imba.ruiner
Quote:


Belajar mamam nasi aking, ganemoticon-Belgia
profile-picture
imba.ruiner memberi reputasi
Buat ane beliau ini Presiden Indonesia yang terakhir.. setelah pak Habibi presiden cuma boneka partai
Lihat 1 balasan
Quote:


Boro2 kentang

Nasi tiwul
Pisang itu lah sarapan sebelum sekolah

Makanya swasembada beras dulu itu dah mulai keliatan bohongnya
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di