alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
B.J Habibie Tutup Usia, Berikut Daftar Jabatan Penting yang Pernah Ia Jabat
4.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d78e9e3f4d695357c3c13d6/bj-habibie-tutup-usia-berikut-daftar-jabatan-penting-yang-pernah-ia-jabat

B.J Habibie Tutup Usia, Berikut Daftar Jabatan Penting yang Pernah Ia Jabat

Quote:



Berita duka baru saja datang dari B.J Habibie. Beliau mengembuskan napas terakhir, Rabu, 11 September 2019 pada pukul 18.05 di RSPAS Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Tempat tersebut tak lain adalah tempat beliau menjalankan perawatan. Suami dari Almh. Hasri Ainun Besari ini tutup umur di usianya yang ke-83 karena penyakit yang dideritanya.

Semasa hidupnya, beliau dikenal sebagai sosok yang jenius dan berprestasi. Salah satunya adalah memperoleh gelar diploma dengan predikat camclaude pada tahun 1960 atau dengan kata lain mendapat nilai rata-rata sempurna. Beliau juga pernah diangkat menjadi direktur perusahaan penerbangan di Jerman.

Selain dibidang rakit-merakit pesawat, beliau juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh di dunia politik Indonesia. Bahkan, terhitung menduduki 3 kursi jabatan yang penting. Berikut daftarnya. Cekidot!

1. Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia (29 Maret 1978 – 11 Maret 1998)

Jabatan ini sendiri diterima oleh B.J Habibie tapat setelah dia kembali ke tanah air setelah bekerja di sebuah perusahaan Jerman, tepatnya pada tahun 1978. Menjabat sebagai Menristek, Habibie mencetus visi-visi yang bertumpu pada riset dan teknologi, denga target menjadikan Indonesia sebagai negara agraris yang tak hanya menjadi produsen, tetapi bisa mengolah SDH sendiri dengan pengetahuan IPTEK. Habibie menjabat di kursi ini kurang lebih selama satu tahun, sebelum akhirnya diangkat menjadi Wakil Presiden oleh Presiden Seoharto yang kala itu menjabat.

2. Wakil Presiden Indonesia ke-7 (11 Maret 1998 – 21 Mei 1998)

Beliau sempat bimbang menerima jabatan sebagai Wapres dalam Kabinet Pembangunan VII milik Seoharto. Saat mendapat tawaran itu, sang istri sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi. Namun, istrinya berkata bahwa Indonesia yang kala itu sedang dalam keadaan genting sangat membutuh beliau. Oleh sebab itu, beliau menerima tawaran dan menjabat sebagai Wakil Presiden, walau hanya bertahan selama dua bulan.

3. Presiden RI ke-3 (21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999)

Quote:


Pasca Seoharto dilengeserkan dari posisinya sebagai Presiden, B.J Habibie mengambil alih jabatan itu. Menjabat untuk waktu yang tak lama, tetapi beliau berhasil menanamkan hukum yang kukuh di tanah air. Salah satunya dengan pembentukan UU baru yang tentunya membawa dampak besar untuk negeri, contohnya UU Persaingan Sehat.

Wah, ternyata tokoh B.J Habibie banyak sekali berperan dalam dunia politik tanah air, ya. Walaupun kini beliau telah tutup usia, tetapi jasanya untuk negeri akan selalu dikenang. Sebelum menutup thread ini, marilah sama-sama kita mendoakan beliau agar diterima di sisi-Nya.

Sumber: Opini Pribadi
Sumur 1
Sumur 2
Sumber Gambar Google Images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh noenlim
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Sedih gan emoticon-Turut Berduka
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Quote:


Tentunya, apalagi beliau termasuk tokoh politik yang sangat berjasa bagi negeri emoticon-Turut Berduka
Lihat 1 balasan
sedih ane bre
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un.
Pak Habibie contoh orang cerdas yang lahir dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Jadi menristek selama 20 tahun emoticon-Matabelo, emang bukan orang sembarangan. Indonesia sangat kehilangan emoticon-Turut Berduka
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Quote:


Mari kita ikut mendoakan semoga beliau diterima di tempat terindah di sisi-Nya
Quote:


Betul sekali, Gan. Beliau adalah tokoh yang sangat memginspirasi. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
indramamoth memberi reputasi
Quote:


Ane pribadi sedih banget gan, dulu masih kecil sering imajinasi bikin gambar pesawat, gara-gara cerita soal Pak Habibie emoticon-Frown. Sedih rasanya
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Balasan post noenlim
Betul gan
Sangat banyak pemikiran revolusioner dari pak Habibie
Sayang beberapa tidak terwujud karena minimnya dukungan sang penguasa orde baru waktu itu
emoticon-Mewek
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Quote:


ane juga merasakan hal yang sama
Quote:


sangat disayangkan memang
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
Salah satu cendikiawan muslim waras dzmn ni
N Hampir Bersih dari pengaruh politik saat menjabat
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Diubah oleh ruuuruuu
Innalillahi wa'inna'ilaihi rojiun 😭😭😭
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Bagi anak SD di tahun 80-an kayak ane, saat pelajaran PMP kita wajib hapal seluruh nama2 menteri. Nah, nama almarhum sebagai menristek paling gampang diingat. Kalo nama menteri yang lain kadang masih sering lupa. Tapi kalo beliau gak pernah sekalipun lupa. Mungkin faktor beliau termasuk menteri yang lama menjabat. Kalo ane gak salah ingat 2-3 periode. Berarti 10-15 tahun.
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Innalillahi wa innailahi rojiun😭😭
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Quote:


Hal yang ini patut dicontoh oleh para pemimpin, nih
Hebat ya menjabat menristek selama 20 th, jenius, romantis, setia.
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Quote:


Beliau memang sudah mala melintang di dunia politik Indonesia, bahkan ane yang sd angkatan 2007-an saja bisa ingat waktu dulu
Quote:


tambah lagi gan, berprestasi dan menginspirasi.
Yg paling menakjubkan dari seorang
Prof BJ Habibie adalah,
tidak terlihat nafsu utk terus berkuasa apalagi sampai menghalalkan segala cara...
Itu adalah manusia yg telah mencapai kesadaran diri yg menakjubkan...
Sungguh 1,5 tahun yg sangat berharga
emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

إِنا لِلهِ وَإِنا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
profile-picture
noenlim memberi reputasi
Quote:


pembawaan calm, terlihat ikhlas menjalankan tugas
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di