alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d774b5510d295525139e9dd/edelweiss-bunga-abadi-yang-tak-abadi

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Bagi agan yang mau menonton penjelasannya dalam bentuk video bisa mampir ke link berikut ini
100 % NO HOAX

http://bit.ly/2m3qvct


Edelweiss (Leontopodium alpinum) adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana (pegunungan) yang berada di daerah-daerah pegunungan di Eropa seperti di Pegunungan Pirenia, Pegunungan Alpen, dan Pegunungan Carpathia. Asal Edelweiss ini sendiri adalah dari stepa-stepa (padang rumput luas) Mongolia. Setelah akhir dari zaman es terakhir beribu-ribu tahun yang lalu, Edelweiss baru dapat tumbuh di Alpen.



EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Bunga Edelweiss di pegunungan Eropa; jika diperhatikan, kelopak bunga ini seperti ditutupi kapas pixdaus.com

Nama Edelweiss adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa Jerman, yaitu edel yang berarti "mulia/agung" dan weiss yang berarti "putih." Tumbuhan ini dapat ditemukan pada umumnya di tempat-tempat dengan ketinggian 1700-2700 meter, namun tentunya dengan jenis tanah tertentu.

Bagaimana dengan Edelweiss yang ada di Indonesia?
Edelweiss yang ditemukan di Indonesia sangat berbeda dari Edelweiss di pegunungan di Eropa. Edelweiss jenis ini mempunyai nama latin Anaphalis Javanica, atau lebih populer dengan nama Edelweiss Jawa. Bunga - bunga Edelweiss, yang biasanya muncul di antara bulan April dan Agustus, sangat disukai oleh serangga; lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, dan lebah terlihat mengunjunginya. Jika tumbuhan ini cabang-cabangnya dibiarkan tumbuh cukup kokoh, Edelweis dapat menjadi tempat bersarang bagi burung tiung batu licik Myophonus glaucinus.

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Anaphalis Javanica panoramio.com

Jika kita lihat dari bentuknya saja sudah berbeda. Di Indonesia, kita bisa melihat Bunga Edelweiss di tempat-tempat seperti Plawangan Sembalun, Lembah Mandalawangi, Alun-alun Suryakencana, Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Kalimati, dan Tegal Alun.

Dijadikan Simbol
Bunga Edelweiss pegunungan Eropa, yang juga disebut The Queen Flower, telah lama dijadikan simbol nasional negara Swiss dan bunga Nasional negara Austria. Tidak hanya simbol, bunga ini juga dijadikan logo.

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Uang koin 2 sen Austria yang bergambar Bunga Edelweiss www.coinweek.com

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Logo Croatian Mountain Rescue Service

Selain itu, bunga Edelweiss juga adalah bunga favorit Adolf Hitler dan dijadikan simbol Wehrmacht (angkatan bersenjata Nazi-Jerman sejak tahun 1935 sampai 1945) dan  Waffen-SS Gebirgsjäger.

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Kartu pos propaganda Jerman yang memperlihatkan petugas jaga Gebirgsjäger bersama tawanan Inggrisnya setelah Pertempuran Kreta berakhir. Perhatikan topinya yang terdapat gambar Bunga Edelweiss alifrafikkhan.blogspot.co.id

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Seorang anggota Gebirgsjäger dari 1. Gebirgsdivision. Perhatikan kancing di topinya yang bergambar Bunga Edelweiss!

Ada juga Edelweiss Air, sebuah maskapai asal Swiss.

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Gambar bunga Edelweiss di bagian depan dan belakang pesawat Edelweiss Air www.ch-aviation.com

Dan masih banyak lagi..

Sementara di Indonesia, bunga Edelweiss Jawa pernah dijadikan gambar pada perangko oleh Pos Indonesia pada tahun 2003.


EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
phinemo.com


Fakta dan Mitos Bunga Edelweiss
Ada banyak fakta bunga edelweis yang kurang diketahui oleh para pendaki. Para pendaki pada umumnya hanya tahu bahwa bunga edelweis adalah bunga abadi, serta lambang mitos akan keabadian cinta. Inilah fakta-fakta tersebut:

#1 Edelweiss Jawa sudah dinyatakan tumbuhan yang langka. Salah satu faktor penyebabnya adalah bagian-bagian Edelweiss sering dipetik dan dibawa turun dari gunung untuk alasan-alasan estetis dan spiritual, atau sekadar kenang-kenangan oleh para pendaki. Pada bulan Februari hingga Oktober 1988, terdapat 636 batang yang tercatat telah diambil dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang merupakan salah satu tempat perlindungan terakhir tumbuhan ini. Dalam batas tertentu dan sepanjang hanya potongan-potongan kecil yang dipetik, tekanan ini dapat ditoleransi. Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tumbuhan ini dinyatakan punah.


EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Jangan lakukan ini! ruangpendaki.blogspot.co.id

#2 Di banyak negara, Bunga Edelweiss dijuluki sebagai Lion’s FootBeautiful StarGlacier StarAlpine Everlasting FlowerGlacier Queen serta bunga abadi di Indonesia. Masih belum jelas mengapa bunga ini disebut bunga abadi.

Beberapa sumber menjelaskan bunga ini disebut abadi karena di dalam bunga Edelweis terkandung hormon etilen, yakni hormon yang berfungsi sebagai penekanan hormon sehingga bunganya tidak bisa gugur dan yang hebatnya lagi bunga ini dapat mekar sampai 10 tahun lamanya bila menyimpanan nya ditempat yang kering dan dengan suhu ruangan. Sementara itu, sumber lainnya menjelaskan bunga ini abadi karena meskipun dipetik bunga ini tidak akan berubah bentuk dan warnanya, selama disimpan di tempat yang kering dengan suhu ruangan tertentu.

Entah apakah itu Edelweiss Eropa ataukah Jawa yang menyandang gelar keabadian. Sebab, faktanya, Leontopodium alpinum (Edelweiss Eropa) sendiri adalah bunga yang berumur pendek (menurut buku Seeds: The Ultimate Guide to Growing Successfully from Seed oleh Jekka McVicar), dan kelopaknya hanya bertahan 1 hingga 3 hari sebelum terurai menjadi serbuk halus. Bahkan, Edelweiss Jawa pun, seperti yang telah disebutkan tadi, biasanya muncul di antara bulan April dan Agustus, bukan sepanjang tahun.


EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Kelopaknya hanya bertahan 1 hingga 3 hari sebelum terurai menjadi serbuk halus phinemo.com

#3 Menurut sejarah, bunga edelweis pertama kali ditemukan oleh naturalis asal Jerman bernama Georg Carl Reinwardt pada tahun 1819 silam di lereng Gunung Gede. Kemudian diteliti lebih lanjut oleh botanis asal Jerman lainnya bernama Carl Heinrich Schutz.

EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Padang Edelweiss di Alun Alun Suryakencana, Gunung Gede alidesta.wordpress.com

#4 Ada lagu tentang bunga Edelweiss, yang pernah dinyanyikan pada film The Sound of Music pada tahun 1965.

#5 Dahulu masih banyak pos pendakian yang merazia tas carrier pendaki, gunanya untuk menemukan bunga edelweis di dalam carrier, untuk kemudian dikembalikan kembali ke lokasi semula oleh pendaki yang ketahuan tersebut. Sekarang sepertinya sudah mulai jarang pos pendakian yang memberlakukan kembali hal tersebut.

#6 Pada wisata daerah tinggi, seperti di Dieng, bunga Edelweiss yang diperjual belikan adalah hasil budidaya petani Edelweiss. Warna yang beraneka ragam selain warna putih kecoklatan adalah hasil pewarnaan buatan. Bunga hasil budidaya akan telihat lebih gemuk dan subur daripada Eelweiss di alam bebas. Bunga Edelweiss yang dijual pada tempat wisata tersebut, ketika kita simpan pada suhu ruangan akan mengembang ketika musim hujan dan akan sedikit menyusut ketika musim kemarau.


EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Edelweiss yang dijual di Bromo dengan warna yang bermacam-macam ranselkoperika.blogspot.com

Sementara itu, bunga Edelweiss dikaitkan dengan mitos tertentu. Di Eropa, Edelweiss dilambangkan sebagai bukti cinta yang mendalam. Pria yang dapat mendaki pegunungan yang terjal dan memetik setangkai bunga Edelweiss untuk sang wanita berarti telah membuktikan cinta dan pengabdiannya. Sementara di Indonesia, jika seorang pria/wanita yang memberikan bunga Edelweiss pada kekasihnya, maka hubungan mereka akan abadi, sebab di Indonesia bunga ini dijuluki bunga keabadian.

Nah, mitos-mitos inilah yang malah mengancam keberadaan bunga Edelweiss. Kenapa?

Karena sudah terbukti bahwa banyak dari mereka yang memetik bunga Edelweiss (baik itu Edelweiss Jawa atau Eropa) adalah orang-orang yang ingin menghadiahkan bunga ini pada kekasihnya. Padahal mitos hanyalah mitos, maka janganlah jadikan mitos yang tidak benar menjadi alasan untuk memetik bunga Edelweiss dengan serakahnya, apalagi banyak dari tumbuhan ini ditemukan telah dirusak. Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sudah dinyatakan punah, dan jika ini berlanjut ke tempat-tempat lainnya di Indonesia dan dunia, maka kita dan generasi selanjutnya tidak akan bisa melihat kecantikan bunga ini lagi. Kebayang, kan?


EDELWEISS BUNGA ABADI YANG TAK ABADI
Tumbuhan Edelweiss masih bisa kita jumpai di gunung-gunung, entah beberapa tahun ke depan masih ada atau tidak phinemo.com

Maka dari itu, ayo buktikan cinta sejatimu dengan apa yang kamu miliki, bukan dengan bunga Edelweiss..

[/td]
[/tr]
[/table]


emoticon-Shakehand2

Mari tinggalkan Jejak
Boleh juga tinggalkan
emoticon-Cendol Gan
We wish you well
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diko.sgn dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh farez182
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Lebay sih, gak bagus2 amat bunganya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
alvioonion dan 3 lainnya memberi reputasi
yaelah ada ulah tangan2 jail oknum pendaki indo...hadewh
Lihat 1 balasan
gue gedek banget kalo ada anak anak sok edgy yang baru demen naek gunung suka nyabutin tuh kembang. aseli gedek
profile-picture
uusDK memberi reputasi
Lihat 2 balasan
yang bener yang mana nih

abadi apa ngak emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Tetep bagus dan cantik bunga desa bre
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
ryukazoldyck dan eggnostick memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post d.arms.dealer
Quote:


kudu di sikat miring itu gan wkwkwk
Balasan post diki..
Quote:


Masih jaman ya gan nyimpen edelweis di dompet gituin aja kali ya wkwkwkw
Balasan post 7vhia
hehehe
tak ada yang abadi bang
walaupun mekar hanya 10 tahun
Balasan post MiyaviMYV
emoticon-tempted
bener banget
Semakin banyak bucin maka semakin terancam keberadaan bunga edelweise ini 😠
profile-picture
uusDK memberi reputasi
mantabz emoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
ada lagunya ya edelweiss
profile-picture
farez182 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kok bisa sih, ditempat yang dilindungi kayak gitu tetep bisa dipetik malah sampai punah?
Lihat 1 balasan
mungkin karena di indonesia banyak pendaki yang bucin emoticon-Ngakak bunga abadi lah tanjakan cinta lah ada salam dari puncak lah emoticon-Ngakakemoticon-Wakaka
profile-picture
farez182 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tidak ada yg abadi di dunia ini.. yg abadi cintaku kepadamu emoticon-Big Grin
profile-picture
farez182 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Raflesia arnoldy emoticon-I Love Indonesia (S)
Aromanya emoticon-Leh Uga
profile-picture
farez182 memberi reputasi
Quote:

kayak aroma bau badan ente yak emoticon-Confused

emoticon-Ngacir2
profile-picture
farez182 memberi reputasi
Diubah oleh aripmuh
makanya aneh, katanya anak gunung, pecinta alam. malah membuat kerusakan.
emoticon-No Hope emoticon-No Hope emoticon-No Hope
profile-picture
farez182 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Anak gunung dadakan, yang kena hype nya 5cm..
Banyak bener tuh yang begitu, apalagi pas dulu awal2 diputer film nya, buseet gunung jadi tempat sampah, pada buang sampah sembarangan..
profile-picture
uusDK memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane belom pernah sama sekali liat apalagi nyentuh bunga edelweiss yang kayak di trit gan siiisss....

soalnya ane belom pernah naik gunung juga siiihhh...

apakah ada yang ngebudidayain bunga ini di daratan rendah???
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di