alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tanaman Liar Yang Hanya Dianggap Makanan Ular Ini Ternyata Banyak Mengandung Nutrisi
4.5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d76499a6df2314f863ab74e/tanaman-liar-yang-hanya-dianggap-makanan-ular-ini-ternyata-banyak-mengandung-nutrisi

Tanaman Liar Yang Hanya Dianggap Makanan Ular Ini Ternyata Banyak Mengandung Nutrisi

Quote:
foto: google.

Assalamualaikum selamat malam agan-sista. Thread Irum hadir lagi menemani istirahat kalian. Semoga selalu sehat ya gansist, karena kesehatan itu sangat mahal makanya harus selalu dijaga dengan baik.

Oya, di kesempatan kali ini ane bawa kabar tentang manfaat biji pokak, takokak atau terung pipit. Tanaman ini tumbuh liar sehingga tidak begitu diperhatikan oleh banyak orang. Tumbuhan ini termasuk dalam suku terung-terungan, buahnya yang kecil sering kali diabaikan karena disangka tidak bermanfaat.

Bahkan, saat ane masih kecil suka mencari buah yang pohonnya sering tumbuh di tanggul-tanggul pinggir sungai ini. Kata orang buah ini makanan untuk ular makanya mereka gak ada yang memanfaatkan.

Ane dan teman-teman masa itu sering menggunakan buah ini untuk amunisi saat bermain tulup--sejenis senjata dari sepotong bambu kecil berlubang atas-bawah dengan cara meniup.

Seseruan bermain perang-perangan setiap sore tiba, karena memang setahu kami, buah ini tidak memiliki manfaat sama sekali.

Padahal, nih Gan buah dan biji dari buah pokak ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan juga bisa diolah menjadi campuran aneka menu yang membuat perut menjadi lapar.

Namun, di sini ane tidak ingin menuliskan resep masakan yang bisa dikreasikan dengan si buah mungil ini, seperti sambal dan oseng, karena yang pingin ane bahas adalah manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.
Karena manfaat yang diberikan buah pokak ini ternyata tidak kecil gansist.

Spoiler for contoh olahan pokak:
foto: dokpri

Quote:


 Meski memiliki rasa yang kurang enak, namun terong pokak ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, diantaranya adalah :

1. Mencegah penyakit diabetes.
Kandungan nutrisi dalam terong pokak ampuh membantu menjaga kadar gula darah sehingga menurunkan risiko penyakit diabetes.

2. Menjaga berat badan ideal.
Dalam terong pokak terdapat kandungan serat yang membantu mengenyangkan lebih lama serta melancarkan proses pencernaan.

3. Mencegah penyakit jantung.
Kandungan nutrisi dalam terong pokak ampuh membantu melancarkan peredaran darah sehingga mengurangi beban kerja jantung.  Dengan begitu, jantung akan lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan otak.
Kandungan gizi dalam terong pokak bermanfaat meningkatkan kemampuan otak serta mencegah dari penyakit yang mengancam otak.

5. Mencegah penyakit anemia
Penyakit anemia bisa membuat seseorang mengalami beberapa gejala yang tidak mengenakkan, dari mulai : lelah, letih, lesu, pusing, dan masih banyak yang lainnya. Kebiasaan mengonsumsi terong pokak bermanfaat meningkatkan sel darah merah sehingga Anda akan terhindar dari penyakit anemia.

6. Membantu mencegah penuaan dini

Rutin mengonsumsi terong pokak bermanfaat menangkal paparan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

7. Mengusir bakteri dalam tubuh

Bakteri menjadi salah satu penyebab penyakit dan berbagai masalah dalam tubuh. Nah, kandungan nutrisi dalam terong pokak bermanfaat mencegah dan mengusir bakteri yang ada dalam tubuh.

Nah, gimana gansist, apa masih menganggap pokak ini sebagai tanaman liar yang tak bermanfaat dan masih ragu untuk mengkonsumsinya?

Semoga thread ane kali ini bermanfaat untuk kalian semua. Dan ane ucapin terima kasih banyak untuk kalian yang selalu setia mampir di thread Irum. Semoga kalian selalu sehat gansist.

Sebelum pergi, seperti biasa jangan lupa tinggalin cendol dan komentar untuk ane gansist yang baik hatinya.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Sundul



baca referensinya di mari gan


Yuk mampir di thread ane yang lain gansist 😊😊

Indexs link :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Gansist dah pernah nyobain menu buah ini belum?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Belum, mirip linca ya sis penampakannya
profile-picture
irummm memberi reputasi
bukan linca?
profile-picture
irummm memberi reputasi
wah bgtu kah, sepp aja deh emoticon-Jempol
profile-picture
irummm memberi reputasi
Quote:


Mungkin juga sist karna di setiap daerah punya nama yang beda
Quote:


Mungkin sist, bisa aja namanya beda di sana
Quote:


emoticon-Shakehand2
Quote:


Ane ngga terlalu pahan pohonnya tapi sepertinya sama, enak buat lalapan juga.
Quote:


Kl buat lalapan kurang tahu ya sis, pasti pait banget dan keras
di kampung ane ini namanya rimbang. bahkan ada lagunya
ini byk di kampung ane
mirip Leunca di daerah sunda emoticon-2 Jempol

mun urang can pernah ningali oray DAHAR leunca emoticon-Malu

aya oge mang oni nu resep TUANG sareng leunca emoticon-Hammer
Diubah oleh Gentingtong
kayaknya ortu ane dulu waktu ane kecil suka makan itu deh
buat lalapan gitu.
mirip leunca kan ya? tp bukan leunca.. cuma mirip.
cepokak itu kan buat mata terang
Emang ular makan tumbuhan ya gan wkwk
Enak tuh ane pernah nyobain waktu di sukabumi, dimasak sama tauco gt.
Nice info gan
Lah luar biasa banget manfaatnya. Gak nyangka ya taneman yang dianggep sepele ternyata manfaatnya banyak banget emoticon-Embarrassment mungkin lain waktu bisa dicoba gan wkwkw
Diubah oleh indramamoth
takokak bagus untuk mata
Buat lalap atau di bikin sambal mantap ini...
Itu Cengkokak kalo ditempat ane, sekilas mirip leunca sih, cuma yg ini ukurannya agak lebih besar dari leunca.
makasih banget gan sudah mau berbagi ilmu di marih, ane jadi nambah wawasan baru nih, mungkin para pembaca disini juga sama kaya ane. semoga thread bagus yang lainnya nyusul yaa. ane bantu rate,komen ama cendol nihh
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di